Segmentasi Pasar : Pengertian, Tujuan, Syarat, dan Dasarnya Terlengkap

Posted on
Segmentasi Pasar : Pengertian, Tujuan, Syarat, dan Dasarnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Tujuan, Syarat dan Dasar Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar – pada umumnya ialah pembagian kelompok pembeli/ konsumen yang mempunyai kebutuhan, perilaku dan karakteristik yang berbeda-beda (heterogen) dalam pasar khusus sehingga nantinya sebagai satuan pasar yang homogeny serta dijadikan sasaran pasar menggunakan strategi marketing mix tersendiri.

Segmentasi pasar ialah strategi sebuah perusahaan guna mengenal minat serta kebutuhan konsumen pada suatu market kemudian menciptaan sebuah produk yang baru dan sesuai dari minat serta kebutuhan konsumen. Maksunya ialah, PASAR yang tadinya Cuma satu dan luas berubah menjadi sejumlah pasar yang sifatnya homogeny sesudah terjadi segmentasi. Tujuan dari segmentasi pasar ini ialah untuk membuat sebuah proses pemasaran yang lebih mengarah jadi sumber daya perusahaan bisa dipakai dengan efektif dan efisien.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Supaya kalian dapat lebih mengerti tentang segmentasi pasar, berikutsimak pendapat dari sejumlah para ahli berikut ini :

1. Pride dan ferrel

Berdasarkan pendapat dari pride dan ferrel, segementasi pasar ialah suatu sistem yang membagi pasar ke segmen-segmen customer potensial dengan memperlihatkan adanya kesamaan dari tingkah laku konsumen.

2. Philip Kotler & gary amstrong

Menurut pendapatnya pengertian segmentasi pasar ialah pembagian dari sebuah pasar sehingga menjadi sejumlah kelompok pembeli berbeda beda.
Tujuan dari pengelompokan pasar ini ialah untukmembagi pasar berbeda tersebut menjadi sekelompok pasar homogeny dimana setiap kelompok tersebut dapat ditargetkan guna memasarka sebuah profuk sesuai keperluan, keinginan dan karakteristik pembeli yang terdapat di pasar.

3. Swasta dan handoko

Berdasarkan pendapat darinya bahwa segmentasi pasar ialah kegiatan membagi bagi pasar yang mempunyai sifat heterogen menuju dalam satuan pasar yang sifatnya homogeny.

Tujuan Segmentasi Pasar

Berikut lengkapnya tujuan dari segmentasi pasar, antara lain :

  1. Memudahkan dalam membedakan pasar
    Salah satu dari kesulitan perusahaan dalam proses pemasaran ini ialah kondisi pasar yang bersifat heterogen yang mana selera dan minat konsumen beraneka ragam dan terus mengalami perkembangan.
    Dengan pengelompokan konsumen dengan sifat homogeny hal ini akan memudahkan perusahaan dalam memahami kebutuhan dan juga minat konsumen, sehingga pasar menjadi lebih mudah membedakan dengan pasar lainnya.
  2. Pelayanan konsumen lebih baik
    Poin penting yang sangat diperhatikan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya ialah kualitas, harga, pelayanan serta ketepatan waktu. Dengan pelayanan baik menjadi hal krusial yang sangat penting bagi konsumen. Dilkukan segmen ini memudahkan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
  3. Strategi pemasaran lebih mengarah
    Strategi pemasaran dalam pasar homogeny ini akan menjadi lebih mudah dari padar pasar yang heterogen. Hal ini terjadi sebab strategi pemasaran yang homogeny ini menjadi lebih mengarah, termasuk pula dalam emnyusun bauran pemasaran yang mencakup berikut produk/ barang, hargam distribusi dan juga promosi.
    Dengan terdapat pengelompokan pasar, sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam mengarahkan dana serta usahanya menuju yang potensial serta menguntungkan.
  4. Mengenal competitor menggunakan segmen yang sama
    Sesudah kalian memahami pembeli yang ada di suatu segmen pasar, pastinya perusahaan pun akan bisa mengetahui siapa saja yang menjadi competitor pada segmen yang sama serta kegiatan pasa saja yang sudah dilakukan competitor tersebut.
    Dengan itulah, maka perusahaan bisa mempelajari serta meniru strategi pemasaran dari competitor ini sehingga bisa merebut perhatian para konsumen.
  5. Evaluasi target
    Sesudah kalian memahami pasar serta karakteristiknya, maka hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi aktivitas pemasaran yang sudah pernah dilakukan saat sebelumnya.
    Dari sinilah maka perusahaan dapat mengetahui apakah strategi dari pemasaran ini sudah sesuai dengan ciri pasar sehingga bisa dijadikan sebagai acuan dalam membuat sebuah perencanaan bisanis berikutnya.
    Segmentasi pasar dijalankan bukan tidak ada alasan. Ada sejumlah manfaat yang ingin dicapai atau diperoleh pada perusahaan, antara lain :
    • Perusahaan mempunyai dan menerapkan sebuah ide pemasaran dengan lebih mengarah
    • Perusahaan akan terbantu di dalam hal pengaturan prodyk sehingga menjadi lebih baik
    • Perusahaan mengetahui serta dapat membandingkan peluang pasar baru
    • Perusahaan bisa menyusun dan juga memakai budget yang sudah ada dengan efektif dan efisien
    • Perusahaan dapat terbantu dalam hal menciptakan sebuah daya Tarik bidang pemasaran
    • Perusahaan bisa berada di situasi yang bahkan lebih menguntungkan
Baca Juga :   4 Indikator Pertumbuhan Ekonomi Negara : Pengertian dan Ciri - Cirinya Lengkap

Syarat Pengelompokan Pasar

Berikut ini ialah sejumlah syarat segmentasi pasar efektif, diantaranya :

  1. Bisa diukur (measurable)
    Yakni pengelompokan pasar perludiukur, baik besarnya, luasnya dan daya beli pelanggan di segmen pasar itu.
  2. Bisa dijangkau (accessible)
    Yakni segmentasi pasa pun perlu dijalankan, artinya strategi pemasaran yang sudah dibuat bisa dijalankan serta bisa melayani segmen pasar secara baik.
  3. Cukup besar (substantial)
    Yakni pengelompokan pasar perlu cukup besar jadi bisa menguntungkan saat dilayani oleh perusahaan.
  4. Bisa dibedakan (differentiable)
    Yakni segmen pasar yang pengelompokannya perlu bisa dibedakan secara jelas.
  5. Bisa dilaksanakan (actionable)
    Yakni segmen pasar ini perlu bisa dilayani maupun dijangkau pada sumber daya yang dipunaya perusahaan.

Dasar Segmentasi Pasar

Adapun sejumlah dasar segmentasi pasar yaitu :

  1. Demografis, yakni dasar pengelompokan pasar menurut demografis yang mencakup jenis kelamin, pendidikan, usia dll.
  2. Geografis, yakni dasar pengelompokan menurut aspek geografis, mencakup lokasi/ daerah, wilayah dll.
  3. Psikologis, yakni dasar pengelompokan psar menurut karakteristik pribadi, mencakup, kelas sosial dll.

Demikianlah pembahasan mengenai segmentasi pasar. Tujuan dari adanya segmentasi pasar ini, membuat sebuah proses pemasaran yang lebih mengarah jadi sumber daya perusahaan bisa dipakai dengan efektif dan efisien. Semoga bermanfaat.

Baca juga: