Sebaran Gunung Di Indonesia dengan Segala Keunikannya

Posted on
Rate this post

Sebaran Gunung Di Indonesia dengan Segala Keunikannya

Gunung di Indonesia – Indonesia merupakan Negara yang mempunyai banyak gunung dan pegunungan. Karena wilayah Indonesia yang masuk pda jalur pertemuan antar lempeng dunia yaitu benua asia di wilayah barat dan lempeng benua Australia di wilayah timur. Sehingga menghasilkan bermacam gunung berapi. Dan Indonesia ini dilintasi dengan dua jalur pegunungan muda yaitu sirkum pasifik dan mediterania. Jadi tak heran jika di Indonesia mempunyai beragam gunung. Berikut daftar gunung yang ada di Indonesia yang unik :

1. Gunung rinjani dengan segala keindahan segara anaknya

Gunung rinjani merupakan salah satu gunung yang banyak spot indahnya. Mulai dari savana yang luas, bukit penyesalan, segara anak hingga hutan lebat. Semua ini dapat dinikmati bila melewati jalur sanur. Gunung rinjani sebenarnya ada jalur pendakian lain, yaitu jalur sembalun dan jalur torean.

2. Merasakan sensasi dengan naik Gunung Binaiya mulai dari titik 0 mdpl

Kalau kebanyakan gunung dapat didaki dari ketinggian ribuan mdpl, maka tidak pada Gunung Binaiya. Dalam mendaki gunung ini, Kalian harus berjalan kaki mulai dari titik 0 mdpl. Di sepanjang Taman Nasional Manusela, Kalian akan banyak menemukan beragam jenis hutan, mulai dari vegetasi pada hutan lumut, vegetasi hujan dataran rendah serta vegetasi hujan pegunungan.

Ada dua jalur yang dapat ditempuh bagi pendakian resmi, yaitu Desa Piliana (sisi selatan) dan Desa Kanikeh (sisi utara). Tapi memang selama ini untuk jalur pendakian utara sudah jauh lebih populer.

3. Gunung Argopuro dengan sisa-sisa kerajaan jaman dahulu

Gunung Argopuro ini menjadi gunung yang mempunyai jalur pendakian terpanjang di pulau Jawa. Terdapat dua jalur pendakian yang selalu aktif digunakan untuk para pendaki, yakni Bremi dan Baderan. Salah satu panorama yang dapat dinikmati kalau mendaki melalui jalur Baderan ialah padang sabana Cikasur.

4. Gunung Raung yang konon mempunyaii jalur summit terekstrem

Pendaki yang menyukai tantangan pasti tak akan melewatkan pendakian Gunung Raung. Tapi yang jelas untuk dapat mendaki ke gunung ini Kalian harus menyiapkan alat pengaman sendiri yang lengkap untuk dapat sampai di Puncak Sejati.
Panorama kaldera yang sangat luas akan menjadi obat bagi semua usaha keras kalian setelah mendaki dengan jalur yang sangat ekstrem ini. Terdapat dua jalur pendakian yang dapat ditempuh pendaki, yaitu Kalibaru dan Sumber Waringin.

Baca Juga :   11 Tradisi Khas Lebaran Di Indonesia yang Tak ada di Negara Lain

5. Gunung Semeru tempat bersemayamnya para dewa

Yang mengesankan saat mendaki Gunung Semeru ialah keindahan Ranu Kumbolo dan trek pendakian menuju puncak yang lumayan ekstrem. Butuh tekad, keyakinan, dan semangat juga tenaga yang lebih untuk dapat berpijak di puncaknya. Karena memang pada jalur pendakian menuju puncak ini kawasan berpasir gembur dengan kemiringan kurang lebih 75 derajat.

6. Gunung Kerinci dengan melalui jalur pendakian “merangkak”-nya

Gunung di Jambi ini mempunyai ketinggian 3.805 mdpl. Untuk sampai di Puncak Indrapura, pendaki harus melalui jalur pendakian dengan cara memanjat pada akar pepohonan dan merangkak (pendaki biasa dengan menyebutnya dagu bertemu lutut).

Jalur pendakian pada Gunung Kerinci ada dua, yakni jalur Kersik Tuo dan jalur Solok. Tetapi biasanya pendaki lebih banyak menyukai menggunakan jalur Kersik Tuo.

7. Gunung Slamet yang terkenal keangkerannya

Pendaki yang belum pernah menginjakkan kaki ke Gunung Slamet pun pasti sudah tahu, bahwa di gunung ini terdapat satu pos yang sangat terkenal angker yaitu pos Samarantu. Tapi selama pendaki tidak macam-macam, sebenarnya tak jadi masalah

8. Gunung Merbabu mempesona saat savananya mulai menghijau

Saat paling tepat ketika mendaki Gunung Merbabu ialah sesudah musim hujan, di mana padang savananya akan mulai menghijau. Gunung ini memang terkenal sebagai gunung dengan padang savana yang terindah di kalangan para pendaki. Untuk mencapai dipadang savana ini pendaki harus mendaki Gunung Merbabu melalui jalur Selo. Jalur ini juga terkenal sebagai jalur terindah yang terdapat di Merbabu.

9. Gunung Sumbing selalu membuat “kapok” para pendaki

Mengapa demikian? karena gunung ini mempunyai jalur pendakian yang begitu terjal dan tanjakannya pun tak aka nada habisnya. Tapi saat sudah sampai di puncak rasanya puas. Salah satu pos sangat terkenal di Gunung Sumbing ialah pos pestan atau pasar setan yang konon menyimpan banyak sebuah cerita mistis. Untuk sampai pada puncak pendaki dapat menggunakan tiga jalur pendakian yakni jalur Garung, Cepit Parakan serta Bogowongso.

10. Gunung Ciremai tertinggi di Jawa Barat

Gunung ini mempunyai tiga jalur pendakian resmi antara lain Linggarjati, Pelutungan, dan Apuy. Jalur Linggarjati ini yang paling berat, namun sesudah sampai di puncaknya kalian akan bisa melihat kawah dari puncaknya.

11. Gunung Lembu dengan view di waduk Jatiluhur

Ketinggiannya hanya 792 mdpl, tapi sat dari atas Gunung Lembu ini Kalian bisa menikmati pemandangan waduk Jatiluhur yang begitu cantik.

12. Gunung Gede

Pada Lembah Surya Kencana, kalian bisa menikmati keindahan edelweiss sampai puas.

13. Gunung Pangrango

Gunung ini termasuk dalam salah satu kawasan dengan Gunung Gede. Lembah kasih Mandalawangi telah menjadi spot paling terkenal di Pangrango. Bahkan ada puisi yang menceritakan tentang keindahan dari Mandalawangi ini yang diciptakan oleh Soe Hok Gie.

14. Gunung Parang

Gunung Parang Purwakarta adalah batuan andesit yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan climbing (via ferrata). Bahkan, via ferrata yang terdapat di Gunung Parang ini adalah yang tertinggi kedua se-Asia.

Jadi, banyak sekali bukan gunung di Indonesia yang unik? Dari keempat belas daftar gunung di atas, mana yang ingin kalian kunjungi untuk memperingati hari kemerdekaan RI esok? Semoga artikel ini menjadi salah satu sumber yang kalian pilih.

Baca juga: