Saluran Distribusi : Pengertian, Konsep dan Macamnya Lengkap

Posted on
Saluran Distribusi : Pengertian, Konsep dan Macamnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Konsep dan Macam Saluran Distribusi

Saluran Distribusi – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Saluran Distribusi. Yang meliputi pengertian saluran distribusi, konsep saluran distribusi, macam saluran distribusi, fungsi saluran distribusi, serta jenis,keunggulan,dan kekurangan saluran distribusi. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini.

1. Pengertian Saluran Distribusi

Berikut ini adalah pengertian saluran distribusi menurut para ahli, yaitu :

  • Pengertian saluran distribusi menurut Kotler – beberapa perusahaan atau usaha perseorangan yang mempunyai hak kepemilikan atas produk untuk membantu memindahkan hak kepemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen.
  • Pengertian saluran distribusi menurut Nitisemito – sekelompok lembaga distributor yang memiliki kegiatan untuk menyalurkan atau menyampaikan barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
  • Menurut Warren J Keegan – merupakan saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri

Dari pendapat para ahli dapat disimpulkan bahwa Saluran distribusi atau distribution channel merupakan serangkaian jalur atau rute yang akan digunakan untuk menyalurkan produk atau barang dari produsen kepada konsumen, dalam hal bentuk sebuah pelayanan pemindahan barang atau perpindahan hak kepemilikan untuk mendapatkan keuntungan.

Saluran Distribusi juga dapat melalui beberapa organisasi maupun oranglain. Dalam Saluran distribusi jasa ada 3 pihak yang terlibat, antara lain:

  • Produsen
  • Perantara (pedagang dan agen)
  • Konsumen akhir atau pemakai industri

2. Konsep Saluran Distribusi

  • Saluran merupakan sekelompok lembaga yang ada di antara berbagai lembaga yang mengadakan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
  • Karena beberapa anggota kelompok terdiri dari beberapa pedagang dan beberapa agen, maka terdapat sebagian yang ikut memperoleh nama dan sebagian yang lain tidak.
  • Tujuan dari saluran distribusi adalah untuk mencapai pasar-pasar tertentu. Dalam hal ini pasar adalah tujuan akhir dari suatu kegiatan saluran melaksanakan 2 kegiatan penting untuk mencapai suatu tujuan.

3. Macam Saluran Distribusi

Saluran Distribusi Barang Konsumsi

Dalam penyaluran barang konsumsi yang ditujukan untuk pasar konsumen terdapat 5 macam saluran. Adapun macam-macam saluran distribusi barang konsumsi adalah:

  1.  Produsen- Konsumen ; Bentuk saluran distrbusi yang paling pendek dan paling sederhana adalah saluran distribusi dari produsen ke konsumen, tanpa menggunakan perantara.
  2. Produsen – pengecer – konsumen ; saluran ini disebut juga saluran distrbusi langsung. Disini, pengecer besar langsung melakukan pembelian pada produsen.
  3. Produsen – pedagang besar – pengecer – konsumen ; ini sering atau banyak digunakan oleh produsen dan dinamakan sebagai saluran distribusi tradisional.
  4. Produsen – agen – pengecer – konsumen ; produsen memilih agen sebagai penyalurnya. Produsen menjalankan kegiatan perdagangan besar dalam saluran distribusi yang ada.
  5. Produsen – agen –pedagang besar – pengecer – konsumen : produsen sering menggunakan agen sebagai perantara untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar yang kemudian menjualnya kepada toko – toko kecil.
Baca Juga :   Pengertian Manajer dan Tugas Manajer beserta Tingkatannya “Lengkap”

Saluran Distribusi Barang Industri

Ada 4 macam saluran yang digunakan untuk mencapai pemakai industri, yaitu:

  1. Produsen–pemakai industri ; dari produsen ke pemakai industry ini merupakan saluran yang paling pendek, dan disebut sebagai saluran distribusi langsung.
  2. Produsen–distributor industri–pemakai industry ; Produsen barang perlengkapan operasi dan accessory equipment yang bisa menggunakan distributor industry agar mencapai pasarnya.
  3. Produsen–agen–pemakai industri ; saluran distribusi seperti ini banyak dipakai oleh produsen yang tidak memiliki departemen pemasaran.
  4. Produsen – agen- distributor industri – pemakai industry ; ini bisa digunakan oleh perusahaan dengan beberapa pertimbangan antara lain yaitu tentang unit penjualan yang terlalu kecil untuk dijual secara langsung, selain itu juga adanya faktor penyimpanan pada saluran yang perlu dipertimbangkan pula.

Saluran Distribusi Jasa

Konsep saluran distribusi jasa juga tidak hanya terbatas pada saluran distribusi barang berwujud saja. Produsen penyedia jasa juga menghadapi masalah serupa yaitu bagaimana hasil mereka dapat diperoleh sampai ketangan konsumen. Dalam cara tradisional kebanyakan jasa dijual langsung oleh produsen kepada konsumen atau pemakai industrial. Tenaga perantara tidak akan digunakan, jika jasa-jasa tidak dapat dipisahkan dari penjual, atau jika jasa diciptakan dan dipasarkan seketika itu juga.

4. Fungsi Saluran Distribusi

Fungsi saluran distribusi merupakan aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan anggota saluran distribusi dalam memindahkan barang dari produsen ke konsumen dan menciptakan kegunaan produk tersebut bagi konsumen.

9 Fungsi Saluran Distribusi

Berikut adalah beberapa fungsi utama yang dilaksanakan oleh anggota saluran distribusi antara lain sebagai berikut:

  1. Informasi
    Beberapa informasi penting yang dikumpulkan oleh saluran distribusi:
    a. Pelanggan
    b. Pesaing
    c. Pemasok
  2. Promosi
    Berikut ini bentuk- bentuk promosi yang dapat digunakan oleh saluran distribusi:
    a. Sampel
    b. Kupon
    c. Paket harga (transaksi potongan-rupiah);
    – Paket pengurangan harga (reduce-price pack)
    – Paket ikatan (banded pack)
    d. Hadiah (kontes, undian, permainan)
  3. Negoisasi
  4. Pemesanan
  5. Pembiayaan
  6. Pengambilan Resiko
  7. Fisik
  8. Pembayaran
  9. Kepemilikan

5. Jenis Saluran Distribusi

Perusahaan memakai dua jenis saluran distribusi, yaitu :

  1. Saluran Langsung
    Saluran pemasaran langsung adalah saluran pemasaran yang dimiliki dan dikelola oleh perusahaan, yang memiliki dan mengoperasikan semua institusi perantara dan fasilitas lainnya yang dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan.
  2. Saluran Tidak Langsung
    Saluran tidak langsung adalah suatu sistem distribusi yang tidak dimiliki oleh para pemasar, tetapi oleh pihak lain, biasanya oleh pihak lokal.

Itulah pembahasan tentang saluran distribusi dan penjelasan lengkapnya. Dengan mengetahui itu semua anda dapat tahu jelas bagaimana alurnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: