Rumus Volume Bola Dan Contoh Soal Beserta Cara Penyelesaiannya Terlengkap

Posted on
Rumus Volume Bola Dan Contoh Soal Beserta Cara Penyelesaiannya Terlengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Rumus Volume Bola Dan Contoh Soal Beserta Cara Penyelesaiannya Terlengkap

Volume bola – bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang bentuknya dari titik titik berjarak sama pada sebuah titik yang dikenal dengan titik pusat bola serta bola banyak mempunyai satu sisi. Dalam kesempatan kali ini akan kami bahas tentang bola beserta volume bola.

Dimensi sebuah bola ini dinyatakan dalam besaran jari – jari maupun diameter. Jari – jari ini maupun radius bola ialah jarak antara permukaan bola dengan titik pusat bola. Diameter bola ialah jarak garis lurus diantara permukaan bola yang permukaannya sebrang titik pusat lewat titik pusat bola maupun dengan kata lain berdiameter bola sama dengan 2 kali jari jari bola.

Karakteristik Bangun Ruang Bola

Adapun ciri ciri dari bangun ruang bola yakni :

  1. Hanya mempunyai satu bidang sisi saja
  2. Tidak mempunyai sudut maupun rusuk pula
  3. Bola hanya memiliki satu sisi yang lengkung tertutup
  4. Bola tidak mempunyai bidang yang datar

Unsur Unsur Dalam Bola

Mengenai unsur dalam bola dibagi menjadi 3, yakni :

  1. Jari – jari

Jari jari dapat kita simbol kan dengan huruf (r) yakni artinya jarak yang dimulai dari titik pusat bola menuju ke titik lainnya pada bagian luar bola.

  1. Diameter

Pengertian dari diameter yakni jarak diantara 2 (dua) titik yang pusat bolanya ini paling luar bola telah melalui pada titik pusat bola kemudia panjangnya dari diameter sendiri yakni 2 kali lebih panjang terjadap jari – jari nya.

  1. Sisi

Pengertian dari sisi yakni sekumpulan dari titik titik yang jaraknya ini sama dengan titik pusat.

Luas Permukaan Bola

Permukaan bola atau dikenal dengan kulit bola maupun selimut bola ialah bidang yang terbentuk permukaan bola. Luas permukaan bola ini dikenal dengan luas kulit bola maupun luas selimut bola.

Cara Menghitung Luas Permukaan Bola

Adapun rumunya untuk menghitung luas permukaan bola yakni :

Luas permukaan bola = 4π2

Contoh soal beserta cara menyelesaikannya :

Sebuah bola karet yang dipompa sampai berdiameter luarnya sebesar 28 cm. Maka hitunglah luas permukaan dari bola karet tersebut!

Cara penyelesaian :

Diketahui :

d = 28 cm

r = 28 : 2 = 14 cm.

Ditanya :

Luas permukaan dari bola karet?

Jawab :

Luas permukaan = 4.π.r2

Baca Juga :   Pengertian Garis Lurus dan Garis Lengkung Beserta Contohnya Lengkap

Luas permukaan = (4) (22/7) (196)

Luas permukaan = 2.464 cm2

Volume bola

Rumus dari volume bola sangat mirip pada volume kerucut sebab luas dari volume kerucut yakni sama dengan setengahnya volume bola.

          Volume kerucut = ½ volume bola

          Volume bola      = 2 x volume kerucut

          Volume bola      = 2 x π r2t

                                                3

          Volume bola      = 2 x π r2 2t

                                                3

 

          Volume bola      = 4/3 π3

Contoh soal bagaimana caranya menghitung dari volume bola serta cara menyelesaikannya!

  1. Di ketahui jari – jari dalam sebuah bola untuk sepak adalah 8 cm, nah bila π = 22/7 maka berapakah volume dari bola itu ?

Cara penyelesaian :

Diketahui :

r = 7 cm

π = 22/7

ditanya : volume bola ?

jawab :

V = 4/3 π x r3

= 4/3 x 22/7 x 83

= 4/3 x 22/7 x 512

= 2138.2 cm3

  1. Sebuah bola yang berdiameter 28 cm. Lantas berapakah volume dari bola itu?

Cara penyelesaian :

Diketahui :

d = 28 cm

r = ½ . d

r = ½ . 28

r = 14 cm

ditanya : volume bola ?

jawab :

v = 4/3 π x r3

v = 4/3 x 22/7 x 143

v = 4/3 x 22/7 x 2744

v = 11.459,5 cm3

Rumus bola ini mungkin kalian sudah mengenal secara pasti di bangku sekolah dasar. Saat ini salah satu jenis olaraga yang paling digemari semua penduduk dunia ialah permainan yang berkaitan dengan si kulit bundar ini. Permainan tersebut meliputi sepak bola, bola tenis, bola basket, bola voli dan masih banyak lagi permainan yang memakai bola.

Pernahkah kalian mencoba untuk menghitung kira kira dari volume bola masing – masing bola tersebut? Volume maupun isi dari bola ini dapat kalian hitung memakai rumus volume bola yang sesuai dengan perhitungan matematika. Bila semakin besar bolanya maka logikanya ia akan memiliki volume yang lebih besar juga.

Sama halnya dengan lingkaran, dalam bola ada yang dinamakan jari – jari. Dengan kalian hanya tau penjang dari jari jari bola tersebut kalian sudah dapat mencari volume serta luas bolanya. Apabila kalian mencoba memahami realitanya lingkaran ini, maka dapat dibuat hanya dengan memutar gari yang jaraknya tertentu ( jari – jari ) pada titik pusat bersama acuan bidang datar. Sementara dalam bola bila kalian mengacu dengan kesegala arah. Nah, bagaimana? Sudah jelaskan kalian mengenai volume bola ini. Untuk caranya sudah mimin paparkan dalam tulisan ini dengan jelas beserta contoh soal dan penyelesaiannya.

Jadi, bila kalian perhatikan dengan seksama ternyata rumus dari luas bola ialah turunan pada rumus volume bola. Banyak sekali benda benda bentuknya bola yang terdapat dimuka bumi ini. Bumi beserta planet planet bila kita perhatikan dengan skilas dari kejauhan pun bentuknya bola. Dalam matematika bola ialah bagian dari jenis bangun ruang. Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat.

Baca juga: