Rumus Luas Permukaan Prisma dan Volume prisma Beserta contoh soalnya Lengkap

Rumus Luas Permukaan Prisma dan Volume prisma Beserta contoh soalnya Lengkap
Rate this post

Rumus Luas Permukaan dan Volume prisma Serta Cara Menghitungnya

Luas Permukaan Prisma – untuk menghitung luas permukaan prisma, tentunya tidak akan sama dengan rumus pada luas permukaan balok ataupun kubus. Karena untuk menghitung luas permukaan balok maupun kubus sudah disiapkan rumus yang mudah sekali untuk dihafal. Sementara untuk menghitung besarnya luas permukaan prisma kamu harus menentukan dulu jenis prisma yang akan kamu hitung luasnya. Karena macam macam prisma ada banyak, jadi rumus luas permukaanya juga ada banyak, dan menyesuaikan dengan bentuk alas prismanya.

Tetapi untuk menentukan bagaimana rumus luas permukaan prisma kamu juga harus mencari tahu dulu bagaimana jarring jarring prisma tersebut. Dengan mengetahui dulu bentuk jarring jarring prisma, maka kamu bisa menentukan bagaimana rumus luas permukaanya.

Jika kamu ingin memahami secara jelas tentang prisma, pengertiannya, macam macamnya, sifat sifatnya atau jarring jarring prisma, kamu bisa menyelesaikan beberapa soal yang berhubungan dengan prisma.

Untuk lebih memahami tentang prisma, pengertian prisma, jenis-jenis prisma, unsur-unsur prisma, sifat-sifat prisma serta jaring-jaring prisma, sebaiknya anda mencoba menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan prisma.

Namun untuk pembahasan kali ini, akan dibahas terkait rumus dan contoh soal luas permukaan prisma.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Untuk mengerjakan soal tentang luas permukaan prisma, kamu harus tahu dulu rumus luas permukaan prisma tersebut. Caranya dengan mengetahui jarring jaringnya dan melihat alasnya berbentuk bangun apa. Kemudian kamu jumlahkan seluruh luas bangun datar yang ada pada jaring-jaring prisma tersebut.

Jika anda ingin tahu lebih jelas lagi, bisa perhatikan gambar prisma dibawah ini dengan jarring jaringnya.

Rumus Luas Permukaan Prisma

Jika dilihat dari gambar tersebut, tampak jika bangun ruang prisma tegak segitiga ABC.DEF mempunyai sepasang segitiga identik & ada tiga persegipanjang untuk sisi tegaknya. Dengan demikian, rumus luas permukaan prisma tegak segitiga tersebut ialah;

L. permukaan prisma = ΔABC + L. ΔDEF + L. EDAB + L. DFCA + L. FEBC

= 2 x L. ΔABC + L. EDBA + L. DFAC + L. FEBC

= (2 x L. alas) + (L. bidang-bidang tegaknya)

Sehingga, luas permukaan prisma bisa dinyatakan dengan rumus dibawah ini.

L. permukaan prisma = 2 x( alas + L. bidang-bidang tegaknya)

Rumus Volume Prisma

Selanjutnya ialah rumus volume prisma yang bisa kamu ketahui dengan memahami bagaimana asal usul dari rumus volume prisma tersebut. Berikut ini gambar yang menantukan bagaimana asal usul volume prisma tersebut.

Baca Juga :   Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas Segitiga, Segi Empat dan Segi Lima Beserta Contohnya

Rumus Volume Prisma

Jika dilihat gambarnya, itu adalah sebuah balok ABCD.EFGH kemudian dibagi menjadi dua bagian secara melintang. Dan ternyata, hasil dari belahan balok tersebut bisa membentuk prisma segitiga. Itu bisa dilihat di Gambar (b). Selanjutnya perhatikan bangun ruang prisma segitiga BCD.FGH di Gambar (c). Setelah melihat ketiga gambar diatas, maka bisa disimpulkan jika volume prisma segitiga ialah setengah kali dari volume balok.

V. prisma BCD.FGH adalah = ½ × balok ABCD.EFGH

= ½ × (panjang × lebar × tinggi)

= ( ½ × panjang × lebar) × tinggi

= L. alas × t.

Jadi, rumus volume prisma bisa dinyatakan dengan menggunakan rumus berikut ini.

V. prisma = alas × tinggi

Perhatikanlah contoh soal beserta pembahasan berikut ini.

Sebuah bangun prisma mempunyai volume 238 dengan luas alasnya 34 . Maka tentukan tinggi dari bangun prisma itu!

Jawaban:

contoh soal prisma

Itulah pembahasan tentang luas permukaan prisma. Untuk mengetahui lebih dalam tentang luas permukaan prisma, kamu bisa mengerjakan semua contoh soal tentang prisma.

Baca Juga : 

Rumus Luas Permukaan Prisma dan Volume prisma Beserta contoh soalnya Lengkap | saranailmu | 4.5