Riset Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis, dan Proses Riset Pemasaran Terlengkap

Posted on
Riset Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis, dan Proses Riset Pemasaran Terlengkap
Rate this post

Riset Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Jenis Jenis, dan Proses Riset Pemasaran Terlengkap

Riset pemasaran – merupakan suatu kegiatan penelitian yang bergerak dibidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis meliputi : rumusan masalah, tujuan perumusan riset pemasaran, teknik pengumpulan data, dan pengolahan data sampai dengan intrepestasi hasil riset pemasaran yang telah diperoleh. Tujuannya yaitu memberikan masukan bagi para manajemen. Sehingga mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki, bagaimana strategi dari pemasarannya untuk merebut peluang.

Seringkali orang salah dalam mengartikan riset pemasaran (marketing research) dengan riset pasar (market research). Riset pasar fokus secara spesifik dalam pasar, sedangkan riset pemasaran memiliki arti lebih luas. Jadi tidak terpaku pada aspek pasar atau produknya, tetapi meliputi hal – hal diluar itu. Lebih singkatnya bahwa riset pasar merupakan bagian dari sebuah riset pemasaran.

Pengertian Riset Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Philip Kotler

Menurut ahli ini riset pemasaran sebagai suatu perencanaan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang secara sistematis dari data atau sebuah temuan yang relevan dengan kondisi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan.

2. Robby suyatyo

Mendefinisikan riset pemasaran yaitu suatu identifikasi yang secara objektif, sistematis, dan dilanjutkan dengan pengumpulan data, analisis kemudian rangkaian informasi dengan tujuan memperbaiki pengambilan keputusan dalam masalah dan menemukan sebuah peluang proses pemasaran.

3. Organisasi American Marketing Association (AMA)

Menyatakan bahwa riset pemasaran berfungsi sebagai penghubung konsumen, pelanggan, dan masyarakat umum dengan pemasar melalui sebuah informasi. Dan informasi ini digunakan untuk mengidentifikasi serta menentukan peluang juga masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi tindakan pemasaran; memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan tentang pemahaman tentang pemasaran sebagai sebuah proses serta pemahaman atas cara yang bisa membuat aktivitas pemasaran lebih efektif.

Fungsi Utama Riset Pemasaran Bagi Perusahaan

a. Evaluating

Biasanya fungsi ini digunakan untuk mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilaksanakan sebelumnya. Fungsi evaluating pada riset pemasaran juga termasuk saat perusahaan ingin melakukan review terhadap brand positioning dari pada dengan produk pesaing.

b. Understanding

Fungsi riset pemasaran selanjutnya ialah understanding. Fungsi pada riset pemasaran ini mengutamakan pada tujuan dalam memahami konsumen sebagai salah satu wawasan atau masukan yang penting oleh perusahaan. Dengan dapat memahami konsumen, perusahaan bisa mengetahui apa yang akan menjadi kebutuhan dan keluhannya konsumen. Pada saat menjalankan funsi ini, riset pemasaran melakukan suatu gambaran potret kebiasaan dan perilaku seorang konsumen dan harapan serta keluhan mereka pada produk.

Baca Juga :   Download Contoh Surat Keterangan Domisili yang Benar

c. Predicting

Fungsi ketiga ialah predicting. Fungsi terakhir ini merupakan fungsi yang sesungguhnya paling sulit untuk dilakukan. Banyak ketidak pastian pada dunia ini, sehingga prediksi yang dilaksanakan pada riset pemasaran sangatlah berbahaya dan beresiko karena sifatnya yang sangat relatif. Pada suatu saat sebuah brand ingin membidik pasar yang baru, maka dalam riset pemasaran ini selalu dijadikan bahan acuan utama. Begitu pula saat perusahaan ingin menyusun sebuah strategi pemasaran baru, riset pemasaran bisa menjadi penilaian utama.

Jenis-Jenis Riset Pemasaran

Terdapat tiga jenis riset pemasaran, antara lain :

a. Problem Solving Research

Problem solving research ialah riset pemasaran yang dilakukan untuk mengidentifikasi serta memecahkan suatu permasalahan yang sering terjadi dalam pemasaran. Dalam proses identifikasi dan evaluasi ini dimaksudkan dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan solusi serta mencegah terulangnya dari kesalahan di masa depan.

b. Controlling Research

Controlling research ialah riset pemasaran yang dilakukan untuk pengawasan atau pengendalian sebuah proses bisnis serta pemasaran yang sedang terjadi. Diharapkan dari jenis riset pemasaran ini akan mampu menghasilkan zero deffect dalam perusahaan.

c. Planning Research

Planning research ialah riset pemasaran yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah informasi sebagai panduan dalam merencanakan kegiatan pemasaran. Jenis riset ini untuk mengukur strategi secara tepat sehingga tidak merugikan perusahaan.

Proses Dari Riset Pemasaran

Dalam melakukan riset pemasaran harus berhati-hati, karena berdampak pada melesetnya perencanaan pemasaran. Riset pemasaran ialah riset dengan menggunakan metode yang sistematik serta objektif. Yaitu tahap dengan kesatuan logis sehingga dari hasili riset pemasaran bisa diterima dan dipahami oleh semua pihak.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam riset pemasaran :

a. Menetapkan Masalah Riset

  • Memperoleh pandangan dari klien mengenai masalah yang telah terjadi
  • Mempertimbangkan jenis informasi dan sumber yang telah dibutuhkan oleh klien
  • Menggabungkan masukan informasi dari beberpa pihak klien dengan periset

b. Penentuan Desain Riset

Desain riset akan memberikan sebuah gambaran perencanaan yang dilakukan dalam riset serta mengacu pada masalah yang ditetapkan sebelumnya.
Pada proses ini terdapat 3 jenis desain riset, yaitu:

  • Eksploratori
  • Deskriptif
  • Kausal

c. Metode Pengumpulan Data (Primer dan Sekunder)

Data primer ialah data asli yang dikumpulkan secara langsung bagi periset untuk menjawab sebuah masalah risetnya secara khusus.

Cara pengumpulan data ini adalah dengan :

  • Wawancara
  • Focus group discussion
  • Teknik proyeksi
  • Survei
  • Observasi
  • Eksperimen

Data sekunder adalah pengumpulan data riset dari orang lain dengan mencatat, mengakses, atau meminta data tersebut (kadang sudah berbentuk informasi) ke pihak lain yang telah mengumpulkan di lapangan.

d. Penentuan Desain Pertanyaan(wawancara), Skala dan Alat Analisis
e. Menentukan Metode dengan Pengambilan Sampel dari Populasi yang telah Diteliti
f. Penulisan serta Penyampaian Proposal Riset.
g. Teknik Pengumpulan Data
h. Pengeditan tulisan, Pengkodean, lalu Penginputan Data
i. Analisis dan cara Penginterpretasian Hasil Riset
j. Terakhir Penulisan Penyampaian Laporan

Inilah pembahasan mengenai riset pemasaran. Semoga bermanfaat.

Baca juga: