Rawa Paling Indah Di Indonesia

Posted on
Rawa Paling Indah Di Indonesia
Rate this post

Rawa Paling Indah Di Indonesia

Gambar rawa – rawa merupakan lahan genangan air yang secara ilmiah terjadi terus-menerus/ musiman penyebab drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan juga biologis. Atau dapat diartikan sebagai bagian permukaan bumi yang tergenang air serta ditumbuhi tumbuh-tumbuhan dan letaknya lebih rendah dari daerah di sekelilingnya. Tumbuhan yang tumbuh di daerah rawa biasanya kayu ulin, rerumputan, enceng gondok dsb. Wilayah rawa terluas di Indonesia terdapat di provinsi Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Irian Jaya.
Berikut ini ialah destinasi wisata rawa beserta gambar rawa di Indonesia yang tidak banyak diketahui orang, tetapi menyuguhkan keindahan alam cantik. Namun karena ada beberapa letaknya di hutan, kamu harus menempuh perjalanan dengan jalur yang lumayan ekstrem. Biar tidak makin penasaran, sebaiknya kamu simak beberapa informasi berikut ini :

1. Rawa Pening

Mendengar namanya, kamu mungkin sudah langsung mengartikan pening sebagai suatu ungkapan sakit kepala/ pusing. Padahal arti sebenarnya tidak seperti itu, Pening ialah istilah lain atau penyebutan. Berbeda dari bening artinya adalah jernih. Kejernihan tersebut mungkin nampak, tapi itu dulu. Saat ini air di Rawa Pening sudah tidak lagi menjadi daya tarik utama. Tetapi tenang saja, kamu masih tetap dapat menikmati keindahan yang mempesona bila datang ke lokasi wisata alam yang letaknya di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kamu dapat memandang hamparan perairan yang alami berupa danau luas areanya mencapai 2.670 hektare.

Untuk sampai disana, kamu harus menempuh perjalanan ke Kecamatan Ambarawa. Selain itu juga dapat dicapai dari wilayah Bawen, Tuntang, serta Banyubiru. Keindahan rawa dengan berbagai macam tumbuhan airnya itu begitu cantik dengan latar belakang dari Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan juga Gunung Ungaran yang eksotis. Kamu juga dapat memancing di Rawa Pening, hanya saja terdapat populasi tumbuhan eceng gondok yang semakin hari, kian mengkhawatirkan sebab bisa mengganggu keindahan. Hingga saat ini pihak berwenang setempat masih sedang melakukan upaya membersihkan rawa pening dari eceng gondok. Tumbuhan tersebut dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan berupa anyaman.

2. Rawa Binong

Memandang hamparan danau terluas yang dulunya merupakan kawasan rawa-rawa ialah sebuah keseruan tersendiri. Apalagi saat ini sangat sulit menemukan destinasi wisata alam yang dekat kota besar. Biar kamu juga dapat merasakannya, datang ke kawasan Rawa Binong yang letaknya di Kota Cikarang. Yaitu tepat berada di Kampung Rawa Binong, di Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat. Beberapa waktu lalu, kawasan ini memperoleh dukungan dari “Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi” sebagai penetapan sebagai lokasi wisata. Tentu saja terdapat rencana perbaikan dalam mewujudkan hal tersebut.

Baca Juga :   Pengertian Dokumentasi (Fungsi, Tujuan, Kegiatan dan Jenis-Jenisnya) Terlengkap

Misalnya, perbaikan turab dan irigasi Rawa Binong dengan panjang 110 meter. Saat ini sudah terdapat sejumlah fasilitas untuk bersantai di sekitar Situ Rawa Binong. Kamu juga dapat memancing dan saat datang momen tertentu masyarakat setempat akan mengadakan festival dan perlombaan. Masyarakat setempat tetap berharap suatu saat akan ada bantuan lain dari pemerintah supaya Rawa Binong makin indah serta nyaman didatangi oleh pengunjung untuk berwisata. Bahkan ekonomi warga dapat terbantu juga seiring ramainya oleh pengunjung.

3. Rawa Bayu

Rawa Bayu (Rowo Desa Bayu) ialah sebuah tempat pemandangan surgawi yang masih alami. Bagaimana tidak, lokasinya masih terdapat dalam kawasan Hutan Petak 8, bagian dari Kesatuan Hutan Rogojampi, di Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Dinginnya Rawa selaras dengan udara sejuk di lokasi, sebab letaknya Rawa Bayu terdapat di ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Sesudah melewati jalur yang ditumbuhi pepohonan dan suara burung bersautan, kamu akan tiba di sebuah tempat wisata dan disuguhkan berupa danau berair jernih.

Hingga saat ini kealamiannya masih terjaga, belum terdapat upaya untuk mengembangkan wisata alam ini jadi destinasi terkenal dengan fasilitas yang mumpuni. Untuk masuk sana kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, sebab tidak ada penjaga yang menarik tiket. Suasana di sekitar rawa terasa mistis, pohon-pohon tua berdiri dengan kokohnya. Di sekitar Rawa pun terdapat bangunan candi yang bernama “Candi Puncak Agung Macan Putih”. Untuk membuktikan keindahannya, secara langsung kamu dapat menempuh perjalanan sejauh 35 km dari pusatnya Kota Banyuwangi.

4. Rawa Biru

Rawa Biru terletak di Banyuwangi juga, hanya saja areanya tersebut lebih luas dan terbuka. Tidak banyak yang tahu mengenai lokasi wisata Rawa Biru. Meski begitu, keindahan alamnya patut diunggulkan. Hamparan danau dengan tumbuhan rawa terlihat anggun dan serasi dengan perbukitan yang ada di sekitarnya. Letaknya pun dekat dengan dua pantai yakni Pantai Grajagan dan Pantai Lampon. Bukannya suasana hening yang terasa di Rawa Bayu, tapi kamu justru akan mendengar suara ombaknya dari kejauhan yang memecah kesunyian.

Letaknya dekat dengan pantai membuat udara di sini beraromakan laut, bahkan semilir anginnya pun berbau laut. Sebelum tiba di lokasi wisata, tepatnya di Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi ini kamu dapat menikmati rimbunnya hutan yang dikelola oleh Perhutani. Terdapat beberapa jenis tumbuhan sehingga membuat jalur menuju Rawa Biru menjadi terasa sejuk. Mulai dari hutan Mangrove, Mahoni, sampai padang rumput.

Itulah beberapa gambar rawa yang terdapat di Indonesia dengan suguhan pemandangan alam yang begitu mempesona. Selain itu ada pula beberapa rawa di daerah lain yang tidak kalah keren. Menjadikannya sebagai suatu tempat merenung dan bersyukur merupakan sebuah keputusan yang tepat. Lalu rawa manakah yang paling ingin kamu kunjungi teman?

Baca juga: