Produk : Pengertian, Jenis dan Ciri Beserta Contohnya Lengkap

Posted on
Produk : Pengertian, Jenis dan Ciri Beserta Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Jenis dan Ciri Beserta Contoh Produk

Pengertian produk – merupakan hasil proses produksi yang dijalankan produsen/ perusahaan yang akan dijual pada para konsumen yang memerlukan. Sebagian besar dari pendapat perusahaan asalnya dari produk yang terjual pada para konsumen, sehingga konsumen ini akan membeli produk itu dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini pengertian produk dan penjelasan lengkap lainnya.

Pengertian Produk Berdasarkan Para Ahli

Beberapa para ahli mendefinisikan produk sebagai berikut :

  1. Swastha dan irawan ( 1990: 165 )
    Pengertian produk menurutnya ialah sesuatu yang bersifat kompleks, baik bisa diraba ataupun tidak diraba, termasuk warna, bungkus, harga, pengecer dan pelayanan pengusa dengan diterima pembeli guna kepuasan kebutuhan dan keinginan.
  2. Fandy tjiptono ( 1999: 95 )
    Menurut pendapatnya produk ialah segala hal yang ditawarkan oleh produsen untuk diperhatikan, dicari, diminya, dibeli dan dipakai/ dikonsumsi pasar sebagai sebuah pemenuhan keinginan dan kebutuhan pasar yang bersangkutan.
  3. Stanton ( 1996: 222 )
    Menurut Stanton sendiri, produk merupakan sekumpulan atas atribut-atribut real/ tidak real termasuk didalamnya warna, harga, kemasan merk dan kualitas ditambah dengan reputasi dan jasa atas penjualan.
  4. William j. Stanton
    Berdasarkan pendapat dari William j. Stanton produk merupakan sekumpulan atribut fisik dengan nyata yang berkaitan bentuk yang dapat diidentifikasi (arti sempit). Dalam arti luas/ umu ialah sekumpulan dari atribut yang real dan tidak real yang didalamnya mencakup harga, kemasan, warna, pelayanan dan prestise pengecer pabrik yang mungkin telah diterima pembeli menjadi sesuatu yang bisa memuaskan keinginaannya.

Jenis Jenis Produk

Berikut ini jenis jenis dari produk yangdipakai, antara lain :

  1. Produk konsumsi
    Produk konsumsi ialah produk yang dipakai konsumen dengan tingkat akhir, sehingga konsumen membeli kemudian digunakan langsung untuk tidak dijual kembali. Umumnya, produk yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat diklasifikasikan jadi 3 bagian, antara lain :
    • Produk belanjaan
    • Produk kebutuhan sehari-hari
    • Produk khusus
  2. Produk industry
    Produk industry ialah produk yang dibeli oleh perusahaan atau produsen, sehingga nantinya akan terjualkan lagi maupun dipakai menjadi bahan guna di proses produksi jadi bisa menghasilkan barang lainnya. sehingga, intinya ialah produk/ barang indutri ini siap dipakai untuk proses produksi, antara lain :

Berdasarkan dari pendapat Kotler ( 2000: 45 ), produk ini diklasifikasikan jadi sejumlah kelompok antara lain :

Berdasarkan wujud

Berdasarkan dari wujudnya, produknya dibagi menjadi dua yakni barang dan jasa.

  • Barang ialah produk yang wujudnya fisik, jadi bisa terlihat, disentuh, diraba, disimpan, dipegang, dirasa, dipindahkan serta diperlakukan secara fisik lainnya.
  • Jasa ialah aktivitas, kepuasan, manfaat yang telah ditawarkan guna dijual. Misalnya produk berbentuk jasa antara lain salon, hotel dan masih banyak lagi lainnya.
Baca Juga :   Pengertian dan Rumus Frekuensi Harapan serta Contoh Soal Frekuensi Harapan Suatu Kejadian

Berdasarkan daya tahan

Berdasarkan daya tahannya, ada 2 kategori produk yakni sebagai berikut :

  • Barang tidak tahan lama
    Barang tidak tahan lama ini ialah barang berwujud yang kadang habis dikonsumsi dengan satu atau sejumlah kali penggunaan. Seperti: pasta gigi, sabun dan lainnya.
  • Barang tahan lama
    Barang tahan lama ialah barang yang wujudnya kadang bisa bertahan lama bersama dengan jumlah pemakaian. Seperti: lemari es dan lainnya.

Barang konsumen

Barang konsumen ialah barang yang dikonsumsi guna kepentingan konsumen akhir dan tidak untuk kepentingan bisnis, ada empat jenis barang dari konsumen ini yakni :

  • Convenience goods merupakan barang yang mempunyai frekuensi pembelian tinggi (sering membeli), dibutuhkan waktu cepat dan memerlukan usaha yang minim dengan perbandingan dan pembeliannya.
  • Shooping good ialah barang yang dengan proses pemilihan serta pembeliannya konsumen dibandingkan kualitas, harga, dan juga model antara beragam alternative yang sudah ada. Seperti: pakaian, alat rumah tangga dan lainnya.
  • Speciality goods ialah barang yang mempunyai karakteristik maupun identifikasi merk terunik yang mana sekelompok konsumen bisa sedia dalam melakukan usaha khusus guna membelinya. Secara umum, jenis barang tersebut terdiri dari barang-barang mewah, menggunakan merk serta modal spesifik misalnya seprti pakaian desain terkenal dan mobil jaguar.
  • Unsought goods ialah barang yang taj diketahui/ sudah diketahui konsumen, dan konsumen belum pasti tertarik membelinya. Seperti sensiklopedia, batu nisan, dan tanah perkuburan.

Barang industry

Barang industry ialah barang yang dikonsumsi konsumen atau konsumen bisnis. Ada 3 kelompok dari barang industry, yakni :

  • Material and part ialah barang dengan sepenuhnya masuk pada produk jadi.
  • Capital items ialah barang tahan lama dengan memberi kemudahan saat mengembangkan/ mengelola produk jadi.
  • Supllies and service ialah barang yang taka tahan lama serta jasa dengan memberi kemudahan saat mengembangkan maupun mengelola keseluruhan dari produk jadi.

Ciri Ciri Produk Disukai Konsumen

Adapun ciri dari produk yang disukai oleh konsumen diantaranya :

  • Awet atau tahan lama
    Dengan daya tahan lama ini/ tidak mudah rusak para konsumen menyukainya. Misalnya seperti telepon genggam.
  • Perawatan yang mudah
    Selain tahan lama, konsumen juga suka produk yang mudah untuk dirawat. Misalnya seperti pakaian, selain nyaman juga mudah dirawat yakni dibersihkan.
  • Murah
    Sebagian besar dari konsumen ini menyukai produk dengan harga relative murah dan selin itu mudah dijangkau masyarakat. Misalnya mempunyai telepon genggam dengan relative murah denagn kualitas bagus maka konsumen akan saling berburu.

Itulah artikel tentang pengertian produk, jenis-jenis, beserta cirinya terlengkap. Semoga dengan tulisan ini bisa menambah ilmu pengetahuan kalian tentang produk. Sehingga kalian bisa lebih selektif dalam memilih produk yang terjangkau namun berkualitas. Terima kasih!

Baca juga: