5 Pola Pemukiman Penduduk dan Contohnya Lengkap

Posted on
5 Pola Pemukiman Penduduk dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pola Pemukiman Penduduk dan Contohnya

Pemukiman penduduk sering disamakan dengan perumahan penduduk, namun sebenarnya keduanya berbeda. Dalam Undang-Undang No. 4 tahun 1992 tentang Perumahan dan Pemukiman menyebutkan pengertian pemukiman dan perumahan.

Perumahan adalah sekelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan.

Pola Pemukiman Penduduk dan Contohnya

Sedangkan pemukiman adalah bagian dan lingkungan hidup di luar kawasan lindung, baik dalam lingkup ruang pemukiman maupun perkantoran yang berfungsi sebagai lmgkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan.

Pola pemukiman penduduk secara garis besar dapat berupa pola pemukiman yang memanjang, pola pemukiman terpusat, pola pemukiman linear, dan pola pemukiman mengelilingi fasilitas.

Pola pemukiman yang memanjang

Pemukiman yang memanjang adalah pemukiman penduduk yang berupa deretan rumah memanjang, umumnya mengikuti keadaan alam atau lingkungan fisik di sekitamya yang bentuknya memanjang. Misalnya, pola pemukiman yang memanjang mengikuti garis pantai, pemukiman sejajar jalan, dan pemukiman sejajar sungai.

Daerah pantai yang lahannya landai membentuk pola pemukiman memanjang. Runiah dibangun berderet mengikuti garis pantai. Rumah akan bertambah dengan cara bersambung dan rumah yang lama dengan arah menyusuri pantai.

Kegiatan ekonomi penduduk daerah pemukiman garis pantai adalah nelayan, sedikit perkebunan dan perdagangan, dan bertani sebagai pekeijaan sampingan.

Pola pemukiman sejajar jalan merupakan deretan rumah yang memanjang dan berbeda di kin dan kanan jalan mengikuti arah jalan. Umumnya lahan pertanian dikerjakan tidak luas dan berada di belakang rumahnya. Kegiatan ekonomi penduduk daerah permukiman sejajar jalan adalah pertanian dan perdagangan serta jasa.

Baca Juga :   Sejarah Perumusan Pancasila Terlengkap

Pola pemukiman memanjang di tepi sungai merupakan deretan rumah yang memanjang yang mengikuti arah alur sungai. Umumnya lahan pertanian yang dikeijakan tidak luas dan berada di belakang pemukiman penduduk.

Kegiatan ekonomi penduduk daerah pemukiman memanjang di tepi sungai adalah pertanian, perkebunan, peternakan dan sedikit perdagangan dan jasa.

Pola pemukiman terpusat

Pola pemukiman terpusat umumnya teijadi pada penduduk yang seketurunan, atau senasib karena bencana alam. Pola pemukiman mi banyak dijumpai di daerah pegunungan yang dahulu hanya ditempati seseorang kemudian berkembang dengan membangun rumah sesuai kebutuhan yang terus berkembang. Kegiatan ekonomi penduduk daerah pemukiman terpusat adalah pertanian ladang, perkebunan, dan peternakan.

Pola pemukiman linear

Pola pemukiman linear pada awalnya berasal dan pola pemukiman sejajar jalan raya kemudian berkembang secara alamiah atau tanp perencanaan sebelumnya. lahan yang digunakan untuk membangun rumah pada tahap perkembangan menjadi pola pemukiman linear adalah lahan pertanian di luar lahan pemukiman.

Pemu-kiman yang muncul berderet di belakang rumah yang lama yang berada sejajar jalan raya. Kegiatan ekonomi penduduk daerah pemukiman linear adalah pertanian, perkebunan, peternakan,  perdagangan, dan jasa.

Pola pemukiman mengelilingi fasilitas

Pola pemukiman penduduk yang mengelilingi fasilitas adalah pola pemukiman yang terbentuk karena adanya fasilitas kehidupan yang menyebabkan berkembangnya perumahan, seperti sumber air, danau, waduk, pasar, Pertokoan, sekolah, kampus, gedung olah raga, gedung pemerintahan, dan fasilitas kehidupan lainnya.

Arah perkembangan pemukiman adalah mengeillingi fasilitas dan meluas ke luar ke segala arah (jurusan). Perkembangan yang lebih baik dan cepat akan terjadi jika satu fasilitas kehidupan dengan fasilitas lainnya dihubungkan dengan jalan raya yang baik, yang pada akhirnya akan mengikuti pola pemukiman sejajar jalan raya.

Kegiatan ekonomi penduduk daerah pemukiman mengelilingi fasilitas adalah jasa (pegawai, penjual, pedagang, buruh, dan karyawan) sedikit pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Baca Juga :