Perusahaan Manufaktur : Pengertian, Karakteristik, Fungsi dan Contohnya lengkap

Perusahaan Manufaktur : Pengertian, Karakteristik, Fungsi dan Contohnya lengkap
Rate this post

Pengertian Perusahaan Manufaktur Dan Contohnya Terlengkap

Pengertian Perusahaan Manufaktur Menurut Para Ahli – Arti dari Perusahaan Manufaktur sendiri adalah sebuah perusahaan yang kegiatannya mengolah dari bahan mentah yang kemudian menjadi barang jadi kemudian di jula ke konsumen. Pada perusahaan jenis ini wajib memiliki Standar Operational yang semua karyawannya harus mematuhi. Di tanah air sudah banyak sekali perusahaan Manufaktur yang berdiri dalam mengolah bahan mentah oada sebuah industry. Tentunya Perusahaan Manufaktur ini sangat berbeda dengan perusahaan jenis lainnya seperti perusahaan jasa atau perusahaan yang kegiatannya mengelola produk sudah jadi.

Karaktersitisk Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur wajib untuk memenuhi karakteristik yang di punyai oleh perusahaan tersebut. Beberapa Karakteristik yang di maksud dalam hal ini di antaranya adalah mengelola dari bahan mentah (bahan baku) hingga di olah menjadi bahan/produk sudah jadi. Sehingga perusahaan juga lah yang menyediakan bahan mentah tersebut dalam membuat sebuah produk yang di jual ke konsumen. Tidak hanya itu saja konsumen tidak dapat ikut andil dalam keseluruhan proses produksi dan perusahaan manufaktur tersebut memang harus menghasilkan produk yang telah jadi/memiliki bentuk wujud. Ini pula lah yang menjadi pembeda antara  perusahaan manufaktur dengan perusahaan jasa, karena seperti yang kita tahu perusahaan jasa tidak menghasilkan produk yang berwujud.

Fungsi Perusahaan Manufaktur

Setelah anda membaca penjelasan di atas mengenai pengertian dan juga karakteristik dari perusahaan manufaktur, maka agar anda bisa lebih paham lagi apa yang dimaksud dengan perusahaan manufaktur anda pun harus tahu mengenai fungsi dari perusahaan manufaktur. Untuk fungsinya sendiri bisa di bilang banyak sekali seperti misalnya memproduksi barang jadi dan kemudian di jual ke konsumen. Jadi, tanpa adanya perusahaan manufaktur maka tidak ada barang yang dibutuhkan. Fungsi lain dari perusahaan manufaktur adalah sebagai pemasaran. Perusahaan manufaktur bukan hanya memproduksi tetap  namun sebagai pemasaran produk yang di buatnya tersebut. Sehingga dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan.

Fungsi lain dari perusahaan manufaktur adalah sebagai administrasi dan fungsi keuangan. Sebenarnya ada banyak sekali contoh dari perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia seperti perusahaan tekstil yang memproduksi kain, kemudian perusahaan garmen, alat rumah tangga, perusahaan otomotif, elektronik, kerajinan dan agar pembaca dapat lebih paham akan di bahas secara terperinci mengenai beberapa contoh perusahaan manufaktur dibawah ini. Perusahaan manufaktur akan dapat menghasilkan keuntungan dari produk yang sudah di buatnya tersebut. Karena perusahaan jenis ini memproduksi dari bahan mentah menjadi barang jadi, maka di perlukan proses yang lebih panjang jika di bandingkan dengan produk yang sudah jadi.

Baca Juga :   Unsur-Unsur Peta Terlengkap

Contoh Perusahaan atau Industri Manufaktur

  • Tekstil
    adalah sebuah perusahaan bidang industry yang paling banyak beroperasi di Indonesia. Proses pembuatan menjadi barang jadi adalah mengolah kapas menjadi benang dan kemudian benang menjadi kain, sehingga hasil produk kain tersebut dapat di olah kembali menjadi pakaian dan lainnya.
  • Garmen
    Kemudian yang ke-2 adalah perusahaan garmen, jika perusahaan tekstil memproses kapas menjadi kain maka untuk perusahaan garmen memproses kain menjadi produk lainnya misalnya kain menjadi baju atau celana dan sebagainya.
  • Keperluan rumah tangga
    perusahaan jenis ini lebih focus menghasilkan produk untuk keperluan rumah tangga dan pastinya akan sangat banyak sekali jenisnya, beberapa alat rumah tangga tersebut di antara seperti panci, sendok, garpu, piring, sabun dan lainnya. Beberapa industry lainnya yang memproduksi alat keperluan rumah tangga adalah membel dimana hasil produksinya seperti Lemari, Meja, Kursi dan lainnya.
  • Otomotif
    Perusahaan otomotif bisa di bilang perusahaan yang menggunakan teknologi tingkat tinggi dimana hasil produksinya berupa sepeda motor, mobil, pesawat dan lain-lain.
  • Elektronik
    Tidak berbeda jauh dengan perusahaan otomotif, dimana Industri elektronik juga menggunakan teknologi tingkat tinggi. Beberapa hasil industri elektronik di antaranya televisi, kulkas, komputer, handphone dan lain-lain.
  • Kerajinan
    produk dari hasil kerajinan terbuat dari berbagai macam bahan baku, sesuai dengan produk yang di hasilkannya nanti. Beberapa hasil kerajinan di antaranya seperti kain tenun, keramik, lukisan, pahatan kayu, hasil kerajinan dari rotan dan masih banyak lainnya.

Nama perusahaan Manufaktur di Indonesia

Untuk nama perusahaan manufaktur yang beroperasi di Indonesia di antara seperti Astra Internasional Tbk sebagai Industri otomotif, Kimia Farma Tbk sebagai Industri Farmasi, Unilever Indonesia Tbk perusahaan kosmetik dan perlengkapan rumah tangga, Holcim Indonesia Tbk sebagai perusahaan industry semen dan masih banyak lainnya.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik, Fungsi dan Contohnya Lengkap sehingga dengan membaca ulasan tersebut kita dapat lebih paham mengenai apa yang di maksud dengan perusahaan manufaktur. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Perusahaan Manufaktur : Pengertian, Karakteristik, Fungsi dan Contohnya lengkap | saranailmu | 4.5