Pertumbuhan Penduduk : Pengertian, Faktor, Macam Beserta Rumusnya Lengkap

Posted on
Pertumbuhan Penduduk : Pengertian, Faktor, Macam Beserta Rumusnya Lengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian Pertumbuhan Penduduk, Faktor, Macam Beserta Rumusnya

Pertumbuhan penduduk – Negara Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang paling banyak, jumlah penduduk Indonesia pada setiap tahunnya akan terus menerus bertambah. Dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia, maka pemerintah harus lebih mengoptimalkan dalam memperbaiki kualitas dari penduduknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam perbaikan kualitas penduduk adalah pada aspek pendidikan.

Penduduk merupakan sekumpulan orang yang sedang bertempat tinggal ataupun berdomisili pada suatu negara dengan jangka waktu tertentu dan telah memenuhi syarat – syarat yang berlaku dinegara tersebut.
Apakah kalian mengetahui apa yang dimaksud dengan pertumbuhan penduduk? Bila kalian belum mengetahuinya, maka tepat sekali bahwa kalian mengunjungi pada artikel ini. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai definisi dari pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi, macam – macamnya dan rumusnya secara lengkap. Maka simaklah pembahasan berikut ini.

Definisi Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan penduduk ialah suatu kondisi dengan perubahan yang sewaktu-waktu dapat terjadi serta dapat dihitung sebagai perubahan dengan jumlah individu dalam suatu populasi menggunakan pengukuran per waktu unit.
Istilah dari pertumbuhan penduduk sering dikaitkan dengan manusia serta digunakan dalam sebutan demografi nilai pada pertambahan penduduk.

Faktor-faktor Yang dapat Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Dibawah ini merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi adanya pertumbuhan penduduk pada suatu daerah adalah antara lain :

1. Faktor Kelahiran (Fertilitas)

Yaitu terjadinya suatu kelahiran yang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah pernikahan pada usia muda dan tidak melakukan suatu program Keluarga Berencana atau disebut dengan (KB) yang telah dibuat dan diterapkan oleh pemerintah sehingga akan meningkatkan angka kelahiran (Fertilitas). Dengan adanya kelahiran dari seorang anak tersebut maka akan menambah pula jumlah penduduk pada daerah tersebut sehingga mengakibatkan terjadinya pertumbuhan penduduk.

2. Faktor Kematian (Mortalitas)

Yaitu terjadinya kematian yang dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor pendorong dan penghambat kematian. Faktor pendorong yang dapat mengakibatkan adanya kematian antara lain adalah kurangnya menjaga kesehatan, terjadinya tingkat kemiskinan yang berlebih, sarana dan prasarana pada daerah tertentu kurang, misalnya Rumah sakit, Puskesmas, Apotik, Klinik, dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan adanya wabah penyakit, kurangnya dari asupan gizi serta pola makan yang tidak teratur.

Faktor penghambat dari kematian (Mortalitas) antara lain ialah menjaga kesehatan, olahraga yang teratur, pola makan yang teratur, makan makanan yang bergizi, tingkat kemiskinan yang rendah, serta sarana kesehatan yang baik dan lengkap. Kematian dari individu akan mengurangi adanya jumlah penduduk pada daerah tersebut.

Baca Juga :   Rumus Lengkap Pertumbuhan Penduduk (Alami, Migrasi, Total)

3. Faktor Penduduk karna datang (Imigrasi)

Imigrasi diartikan sebagai suatu perpindahan penduduk dari suatu wilayah lain menuju wilayah kita sendiri. Imigrasi ini bisa menyebabkan suatu peningkatan dari jumlah penduduk dalam daerah tertentu. Ini disebabkan oleh manusia yang selalu merasa kurang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

4. Faktor Penduduk karna pergi (emigrasi)

Penduduk karna pergi (emigrasi) bisa diartikan sebagai seorang penduduk yang berpindah dari suatu wilayah menuju wilayah lainnya yang bertujuan untuk menetap, lalu bekerja, sekolah, dan lain sebagainya.

Suatu penduduk karna pergi (emigrasi) ini akan mengakibatkan turunnya jumlah dari penduduk dalam daerah asalnya tersebut.

Macam-Macam Pertumbuhan Penduduk dan Rumusnya

Dibawah ini adalah macam-macam dari pertumbuhan penduduk serta dengan rumus-rumusnya :

1. Pertumbuhan Penduduk Alami

Pertumbuhan penduduk alami ialah suatu pertumbuhan penduduk yang jumlahnya diperoleh dari hasil selisih antara jumlah kelahiran dengan jumlah kematian pada suatu daerah tertentu.

Rumus dari Pertumbuhan Penduduk Alami ialah :

T = L – M

Keterangan :
T = Jumlah dari pertumbuhan penduduk pertahun pada suatu daerah
L = Jumlah dari kelahiran penduduk per tahun
M = Jumlah dari kematian penduduk per tahun

2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi

Migrasi ialah perpindahan penduduk dari suatu tempat tingal satu menuju ke tempat tinggal lainnya yang bertujuan untuk menetap pada daerah tersebut.

Rumus dari Pertumbuhan Penduduk Migrasi ialah :

T = I – E

Keterangan :
T = Jumlah dari pertumbuhan penduduk per tahun dalam suatu daerah tertentu
I = Jumlah dari penduduk migrasi yang masuk per tahun
E = Jumlah dari penduduk migrasi yang keluar per tahun

3. Pertumbuhan Penduduk Total

Pertumbuhan penduduk total ialah suatu pertumbuhan penduduk yang diperoleh dari selisih antara jumlahnya kelahiran per tahun dengan jumlahnya kematian per tahun dan ditambah dengan selisih antara jumlahnya penduduk migrasi yang masuk dengan jumlahnya penduduk migrasi yang keluar pada suatu daerah tertentu.

Rumus dari Pertumbuhan Penduduk Total ialah :

T = (L-M) + (I-E)

Keterangan :
T = Jumlah dari pertumbuhan penduduk per tahun di suatu daerah tertentu
L = Jumlah dari angka kelahiran penduduk per tahun di daerah tertentu
M = Jumlah dari angka kematian penduduk per tahun di daerah tertentu
I = Jumlah dari penduduk migrasi yang masuk per tahun di daerah tertentu
E = Jumlah dari penduduk migrasi yang keluar per tahun di daerah tertentu

Berkaitan dengan adanya suatu pertumbuhan penduduk di Negara Indonesia dan jumlah dari penduduknya, Negara Indonesia sudah masuk pada posisi 5 terbesar di dunia sebagai jumlah penduduk paling terbanyak bila dibandingkan dengan negara lainnya.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai definisi Pertumbuhan Penduduk [Faktor, Macam Beserta Rumusnya]. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua.

Baca juga: