Pertanyaan Interview Kerja Paling Banyak Ditanyakan dan Jawabannya

Posted on
Pertanyaan Interview Kerja Paling Banyak Ditanyakan dan Jawabannya
Rate this post

Pertanyaan Interview Kerja Paling Banyak Ditanyakan dan Jawabannya

Pertanyaan saat interview memang berbeda beda. Namun intinya adalah mencari karyawan yang tepat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dalam mencari pekerjaan anda harus mengikuti beberapa tes untuk bisa masuk. Tes tersebut berbentuk wawancara atau interview. Hal ini bertujuan mengetahui kemampuan karyawan yang mau bekerja di perusahaan tersebut. Jika anda ingin melamar pekerjaan, kenali dulu pertanyaan saat interview agar anda bisa mempersiapkan jawabannya.

Pada tahap interview, pihak HRD akan bertanya pada calon karyawan dan calon tersebut harus menjawab dengan jawaban tepat. Berikut ini beberapa pertanyaan interview dan juga jawabannya:
– Jelaskan, tentang diri Anda?
– Kenapa Anda meninggalkan pekerjaan lama Anda?
– Kenapa Anda mau bekerja disini?
– Mengapa kami harus memilih Anda?
– Apa keunggulan yang Anda punya?
– Apakah kelemahan terbesar yang Anda miliki?
– Sejauh apa Anda tahu tentang perusahaan kami?
– Apa ada pertanyaan bagi saya (Pewawancara)?
Bagi anda yang mau menjalani interview, maka pahami beberapa pertanyaan diatas. Karena pertanyaan diatas kerap muncul dan ditanyakan kepada calon karyawan. Untuk tahu jawabannya, anda bisa melihat ulasannya dibawah ini.

PERTANYAAN 1: JELASKAN TENTANG DIRI ANDA SECARA SINGKAT.

Jelaskan secara singkat tentang diri anda. Jelaskan tentang apa yang bisa anda lakukan untuk perusahaan. Inti pertanyaan ini ialah mereka ingin tahu seberapa lama anda berpengalaman di perusahaan yang lama.
Anda juga harus menghubungkan antara pekerjaan yang dulu dengan perusahaan yang sekarang. Atau hubungkan dengan hobi atau kesukaan anda dengan pekerjaan yang sekarang. Dari jawaban yang anda utarakan tersebut, maka pihak HRD akan tahu tentang diri anda mengenai pengatahuan, watak kepribadian hingga kemampuan yang dimiliki.

Misalnya saja anda bisa menjawab pertanyaan tadi dengan kalimat berikut:”Saya pernah bekerja dalam bidang media sosial marketing dalam waktu 3 tahun. Terakhir saya bekerja sebagai pimpinan divisi dan bekerja dengan 7 tim. Kemampuan saya dalam hal ini adalah bisa berkomunikasi untuk pemasaran digital dengan sangat baik. Kemampuan saya dalam berkomunikasi antar personal juga bagus sehingga sangat cocok bekerja dalam bidang ini. Saya pun punya latar belakang pernah berpengalaman di sejumlah perusahaan baik kecil ataupun besar. Wawasan saya tak hanya pada komunikasi digital saja melainkan juga wawasan di media sosial terbaru.”

PERTANYAAN 2: “KENAPA ANDA KELUAR/BERHENTI DARI PEKERJAAN TERAKHIR ANDA?”

Beri alasan kenapa anda keluar dari perusahaan secara rasional dan jangan menjelek jelekan perusahaan yang sebelumnya. Jika anda di Tanya seperti itu, maka jawablah dengan tegas dan mantap. Jangan pernah ragu dan jawab secara jujur.
Bila sebelumnya anda kurang dihargai oleh perusahaan lama, maka anda bisa jujur namun jangan hanya memojokkan satu pihak yakni perusahaan saja. Anda harus bisa menjawab dengan bijak tanpa menyalahkan perusahaan.
Contoh jawaban dari pertanyaan tersebut ialah : “dalam perusahaan saya banyak mengalami perubahan dari awal saya bekerja. Perubahan tersebut membuat posisi saya mengalami kesulitan hingga membuat saya tak bisa mengembangkan diri. Hingga akhirnya saya memutuskan keluar dari sana. Keputusan tersebut adalah keputusan yang tidak terpikirkan saya sebelumnya.”

Baca Juga :   Pengertian dan Contoh Konversi Satuan Panjang, Massa, Waktu, Luas dan Volume

PERTANYAAN 3: “MENGAPA ANDA INGIN BEKERJA DI PERUSAHAAN KAMI ?”

Sama dengan pertanyaan yang sebelumnya, disini anda harus menjawab dengan bijak dan jangan sampai anda terjebak. Jika anda ditanya seperti ini, jawablah secara bijak dan cermat. Jangan cuma memikirkan gaji yang besar di perusahaan tersebut.

Jika memang anda tertarik dengan gaji yang besar di perusahaan tersebut, maka jangan terlalu gamblang mengatakannya. Anda bisa mengatakan jika anda mau lebih produktif dan mau menyongsong masa depan lebih cerah lagi.

Jawaban tersebut hanya sebagai gambaran saja untuk anda yang bingung menjawab pertanyaan interview tersebut. Karena masing masing orang punya pendapat sendiri terhadap perusahaan yang mau dilamarnya.
Kemungkinan anda tertarik pada budaya kerjanya yang baik, bisa jadi. Ada juga yang menyukai kepemimpinan perusahaan dan manajemen atau alasan lainnya. Intinya, jawablah pertanyaan tersebut berdasarkan hati, jujur dan bijak. Yang terpenting, bisa membuat anda terlihat produktif. Tentu akan disukai oleh perusahaan.

PERTANYAAN 4: “KENAPA KAMI HARUS MEMILIH ANDA ?”

Selanjutnya adalah pertanyaan kenapa perusahaan harus memilih anda untuk bekerja disini. Berhati hatilah menjawab pertanyaan ini. Jangan sampai terjebak sehingga anda tidak diterima disini. Biasanya pelamar menjawab pertanyaan tersebut dan menyebutkan kelebihan dan kemampuan yang dimilikinya. Ada pula calon karyawan yang melebih-lebihkan skill maupun kemampuan yang dimilikinya.

Meskipun menyatakan kemampuan, prestasi, dan kelebihan di depan HRD. Tapi tak perlu anda katakana secara berlebihan. Karena kebanyakan HRD adalah orang yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Bahkan ada juga yang telah lulus gelar sarjana psikologi sehingga tahu kapan seseorang berkata berlebihan. Namun anda jangan sampai merendahkan kemampuan orang lain dan melebihkan diri sendiri. Karena hal ini akan membuat anda tidak diterima di sini.

PERTANYAAN 5: “APA KEUNGGULAN ANDA ?”

Selanjutnya adalah mengenai keunggulan yang anda punya. Pertanyaan ini harus anda jawab secara jujur dan berdasarkan pada posisi yang anda lamar. Hindari mengatakan kelebihan atau kemampuan yang tak sesuai ada posisi yang dilamar. Karena hal ini bisa dianggap kurang teliti dan tidak memperhatikan di posisi apa anda melamar.

Anda pun harus mengatakan keahlian dan juga keunggulan tersebut secara yakin dan penuh percaya diri. Katakan jika hal tersebut memang dibutuhkan perusahaan ini dan anda mampu melakukannya.

PERTANYAAN 6: “APA KELEMAHAN TERBESAR ANDA ?”

Biasanya sesudah keunggulan yang ditanyakan, HRD akan bertanya tentang kelemahan yang anda miliki. Biasanya mereka juga akan kesulitan menjawabnya. Sebab, pelamar bingung mau menjawab apa takut salah dimata HRD.
Kebanyakan pelamar juga beranggapan jika mengatakan kelemahan mereka, maka tak akan diterima bekerja disini. Meskipun begitu, ada teknik tertentu untuk menjawab pertanyaan ini.

Anda bisa menjelaskan kelemahan tersebut sebagai kelebihan. Contohnya saja, seperti saya selalu tidak sabar untuk cepat menyelesaikan seluruh pekerjaan. Atau saya gampang marah pada diri sendiri jika belum bisa menyelesaikan pekerjaan atau sebagainya. Jadi, anda bisa memilih kekurangan yang bisa menjadi keunggulan anda.

Sebenarnya masih ada banyak pertanyaan saat interview yang harus anda jawab dengan tepat dan penuh percaya diri. Namun pertanyaan diatas sudah cukup mewakili beberapa pertanyaan interview yang harus anda jawab. Semoga bermanfaat.

Baca juga: