Perkembangbiakan Alami Vegetatif Tumbuhan : Pengertian dan Contohnya Terlengkap

Posted on
Perkembangbiakan Alami Vegetatif Tumbuhan : Pengertian dan Contohnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian dan Contoh Perkembangbiakan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan vegetatif alami – salah satu cara bagi makhluk hidup dalam meneruskan kelangsungan hidupnya ialah melalui perkembangbiakan. Cara ini berlaku pula pada makhluk hidup pada tumbuhan. Tumbuhan bisa berkembang biak melalui dua cara, yakni vegetative dan generative.

Perkembangbiakan secara vegetative ialah perkembangbiakan pada bagian tubuh tumbuhan yang tidak melalui proses perkawinan. Perkembangbiakan pada tumbuhan dengan vegetative berlaku dua cara, yakni perkembangbiakan vegetatif alami dan vegetative buatan. Kira-kira seperti itu dalam materi pelajaran IPA yang ada di bangku sekolah kelas IX SMP/MTS di semester yang ganjil.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara perkembangbiakan alami yang terjadi pada tumbuhan. Terdapat 8 cara yang dilakukan perkembangbiakan vegetative alami tumbuhan ini, antara lain akan diulas dengan zingkat, padat dan jelas.

Pengertian Perkembanbiakan Vegetative Alami

Pengertian perkembangbiakan alami tumbuhan ialah suatu cara bereproduksi tumbuhan atau tanaman yang melakukannya dengan aseksual atau tidak ada peleburan diantara suatu sel kelamin betina dan sel kelamin jantan, dan dapat disebut bahwa perkembangbiakan ini tanpa mengalami perkawinan. Oleh sebab itu, perkembangbiakan tersebut dilakukan melalui cara menggunakan dari bagian tubuh induknya.

Jadi, perkembangbiakan vegetative ini cuma satu induk saja yang terlibat dan pastinya hasil sifat pada perkembangbiakan tersebut akan serupa sifatnya dengan induknya. Adapun jenis didalam perkembangbiakan vegetative pada tumbuhan ini bisa mengalami secara buatan dan alami. Dan untuk lebih jelasnya secara garis besar tentang macam dari perkembangbiakan vegetative pada tumbuhan secara alami dapat kalian lihat dibawah ini.
Macam-macam perkembangbiakan vegetative alami pada tumbuhan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa perkembangbiakan ini terjadi tanpa melewati bantuan oleh manusia. Jadi, perkembangbiakan vegetative alami ini dilakukan oleh tumbuhan tersebut sendiri. Perkembangbiakan dengan vegetative sendiri sebenarnya dari pembentukan tunas, umbi lapis, rizoma (akar rimpang/ akar tinggal), umbi batang, umbi akar, geragih atau solon, spora, tunas adventif dan juga membelah diri.

Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Berikut ini adalah penjelasan dari perkembangbiakan secara vegetative alami pada tumbuhan :

1. Membelah Diri (pembelahan)

Membelah diri adalah perkembangbiakan melalui cara membelah sel induk sehingga menjadi dua maupun lebih dari sel anak. Dalam setiap sel anak yang telah dihasilkan dan berubah menjadi individu yang baru. Sifat dari sel anak tersebut akan serupa dengan sel induknya.
Contoh dari perkembangbiakan vegetative alami yang dialami pada tumbuhan yang bersel satu atau rendah misalnya adalah pada ganggang biru.

2. Umbi Lapis

Bagian yang sedang membengkak di dalam tanah sebab untuk menyimpan cadangan makanannya dikenal dengan nama umbi. Umbi lapis ialah umbi yang berlapis-lapis serta tumbuh tunas yang ada di tengahnya. Umbi lapis baru ini berasal dari ketiak yang paling luar dan akan tumbuh membentuk tunas. Di dalam umbi lapus, akan tumbuh tunas antara cakram dan daun.
Contoh tanaman dengan perkembangbiakan melalui cara umbi lapis antara lain adalah bunga bakung, bawang, bungi tulip dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Bagian Bagian Bunga Terlengkap

3. Umbi Akar

Umbi akar ialah bagian dari akar yang membesar sebab mempunyai fungsi sebagai tempat dari cadangan makanan. Umbi akar bisa saja tidak mempunyai tunas serta tidak berbuku-buku. Tanaman dengan perkembangbiakan dengan cara umbi akar contohnya ialah dahlia dan wortel.

4. Umbi Batang

Umbi batang ialah batang membengkak dan tumbuh di dalam tanah. Sesungguhnya dalam bagian ini adalah cadangan makanan yang telah disimpan dalam bagian batang. Apabila umbi tersebut ditanam, maka tunas bisa tumbuh dan juga menjadi tanaman baru lagi.
Contohnya dari perkembangbiakan ini ialah ubi jalar dan kentang.

5. Geragih atau Setolon

Geragih ialah batang yang menjalar dan tumbuh di atas permukaan tanah. Geragih ini menyusun ruas-ruas, dan tiap ruasnya tersebut menempel dalam tanah sehingga hal ini akan terbentuk akar serta tumbuh tunas yang baru. Tanaman baru yang nantinya tumbuh dalam ruas-ruasnya serta tanpa bergantung dengan induknya.
Contoh jenis tanaman dengan perkembangbiakan ini antara lain adalah pegagan atau antanan, stroberi dan rumput teki.

6. Tunas Adventif

Tunas adventive ialah tunas yang dapat tumbuh pada luar bagian batang. Tunas ini bisa tumbuh di area tepi daun. Misalnya seperti cocor bebek. Selain di tepi daun, juga dapat tumbuh pada akarnya misalnya kesemek dan sukun.

– Contoh tunas batang : pisang, bamboo, dan aglaonema
– Contoh tunas akar : cemara, kesemek dan sukun
– Contoh tunas daun : tunas adventif/ cocor bebek

7. Spora

Spora ada dalam tumbuhan paku, jamur dan lumut. Spora ada di dalam kotak spora yang beradsa di sekitar tepi daun tumbuhan paku
Contoh dari tumbuhan paku yang kerap kita lihat guna tanaman hias ialah suplir. Di tepi daun suplir ini ada butiran yang disebut kotak spora. Spora inilah yang dijadikan berkembangbiak oleh tanaman suplir.

8. Rhizome atau Rimpang

Rhizome ialah modifikasi pada batang yang tumbuh dengan menjalar ke bawah permukaan tanah. Salah satu dari ciri rhizome yang terlihat ialah terdapat ruas-ruas, jadi pada tiap ruas inilah yang bisa tumbuh sebagai individu baru. Contoh dari perkembangbiakan dengan rhizome ini adalah sansiveira, lengkuas dan jahe.

Seperti itulah pembahasan mengenai cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan. Jadi, perkembangbiakan dengan cara ini tidak melalui proses perkawinan atau tanpa alat bantuk dari manusia. Semoga dengan memahami artikel ini kalian bisa mengambil kesimpulan bahwa tumbuhan dapat mengalami perkembangbiakan secara alami sendiri.

Baca juga: