Perkembangan Ekonomi : Pengertian, Faktor Pendukung dan Penghambatnya Lengkap

Posted on
Perkembangan Ekonomi : Pengertian, Faktor Pendukung dan Penghambatnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Perkembangan Ekonomi : Pengertian, Faktor Pendukung dan Penghambatnya Lengkap

Perkembangan Ekonomi – Ekonomi merupakan bidang yang penting dalam kehidupan kita. Karena itulah sangat perlu untuk mengetahui pengertian perkembangan ekonomi. Dalam membuat analisis definisi antara pertumbuhan dan perkembangan memang memiliki sebuah perbedaan. Karena, kedua konsep definisi ini juga memiliki konsep yang berbeda. Berikut ini merupakan pengertian dari perkembangan ekonomi. Disini Seputar Pengetahuan akan membahasnya.

Secara umum, pengertian dari perkembangan ekonomi merupakan indikasi dari adanya pertumbuhan ekonomi. Perkembangan ekonomi lebih kearah bagaimana pertumbuhan ekonomi suatu perusahaan atau lainnya mengalami perubahan berupa perkembangan dari beberapa sektor atau faktor pendukungnya.

Pengertian Perkembangan Ekonomi

Ada pun pengertian perkembangan ekonomi sendiri adalah proses perkembangan berupa kenaikan dalam jangka panjang dari satu negara (misalnya) atau perusahaan (misalnya) untuk menyediakan banyak barang yang mendukung perkembangan ekonomi yang disesuaikan dengan tingakat kebutuhan.

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses kenaikan suatu pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk yang disertai dengan adanya perubahan fundamental di dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk di suatu negara tersebut.

Faktor-Faktor Perkembangan Ekonomi

Seperti sudah dijelaskan bahwa pengertian perkembangan ekonomi saling berkolerasi dengan pertumbuhan ekonomi. Berikut ini adalah faktor-faktor perkembangan ekonomi yaitu, sebagai berikut:

  1. Sumber Daya Manusia (SDM)
    Fokus pada salah satu penentu paling penting dari pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang tersedia dapat secara langsung mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kualitas sumber daya manusia tergantung pada keterampilan, kemampuan kreatif, pelatihan, dan pendidikan. Jika sumber daya manusia suatu negara terampil dan terlatih maka hasilnya juga akan berkualitas tinggi.
  2. Sumber Daya Alam (SDA)
    Mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara untuk sebagian besar. Sumber daya alam melibatkan sumber daya yang dihasilkan oleh alam baik di darat atau di bawah tanah. Sumber daya di darat termasuk tanaman, sumber daya air dan lansekap. Sumber daya di bawah tanah atau sumber daya bawah tanah termasuk minyak, gas alam, logam, non-logam, dan mineral. Sumber daya alam suatu negara bergantung pada kondisi iklim dan lingkungan. Negara-negara yang memiliki banyak sumber daya alam menikmati pertumbuhan yang baik daripada negara-negara dengan sejumlah kecil sumber daya alam.
  3. Formasi Modal
    Melibatkan tanah, bangunan, mesin, listrik, transportasi, dan media komunikasi. Memproduksi dan memperoleh semua produk buatan manusia ini disebut sebagai pembentukan modal. Pembentukan modal meningkatkan ketersediaan modal per pekerja, yang selanjutnya meningkatkan rasio modal / tenaga kerja. Akibatnya adalah mempengaruhi produktivitas tenaga kerja yang meningkat, akhirnya menghasilkan peningkatan output dan pertumbuhan ekonomi.
  4. Pengembangan Teknologi
    Teknologi melibatkan penerapan metode ilmiah dan teknik produksi. Teknologi dapat didefinisikan sebagai sifat dan jenis instrumen teknis yang digunakan oleh sejumlah tenaga kerja tertentu. Peningkatan perkembangan teknologi membantu dalam meningkatkan produktivitas dengan jumlah sumber daya yang terbatas. Beberapa Negara yang telah bekerja di bidang pengembangan teknologi saat ini sudah berkembang pesat, jika dibandingkan dengan beberapa negara yang kurang fokus pada pengembangan teknologi.
  5. Faktor Sosial dan Politik
    Mainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Beberapa faktor sosial yang melibatkan kebiasaan, tradisi, nilai-nilai dan keyakinan, yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi sampai batas tertentu. Misalnya, masyarakat dengan kepercayaan dan takhayul konvensional menolak adopsi cara hidup modern. Dalam kasus seperti itu, pencapaian menjadi sulit. Terlepas dari faktor sosial, faktor-faktor politik, seperti partisipasi pemerintah dalam merumuskan dan menerapkan berbagai kebijakan, memiliki bagian besar dalam pertumbuhan ekonomi seperti jenis faktor penghambat pertumbuhan ekonomi.
  6. Suku bunga
    Suku bunga dapat mempengaruhi pertumbuhan industri dalam beberapa cara. Dalam industri besar-tiket seperti pabrik kendaraan atau perusahaan pelayaran, kenaikan suku bunga dapat mencegah pelanggan dari meminjam untuk membiayai pembelian jenis produk dan layanan ini. Suku bunga tinggi juga menghalangi perusahaan untuk berinvestasi dalam modal baru dan ekspansi. Di sisi lain, penurunan suku bunga dapat mendorong industri untuk tumbuh, yang dapat mengarah pada inovasi dan tingkat pekerjaan yang lebih tinggi.
Baca Juga :   Ekonomi : Pengertian, Prinsip, Motif dan Kegiatan Ekonomi Terlengkap

Faktor Faktor penghambat perkembangan ekonomi

Selain faktor yang mendukung perkembangan ekonomi ada juga faktor penghambat yang perlu kita ketahui agar perkembangan ekonomi tidak terhambat. Antara lain:

  1. KKN
    Adanya KKN ini akan mempersulit sebuah negara untuk mengalami pertumbuhan dan perkembangan disektor perekonomian. Sehingga dapat menimbulkan suatu kekacauan yang tidak akan bisa terkendali dalam perkembangan ekonomi.
  2. Inflansi
    Sama halnya dengan KKN, inflansi juga akan memberikan dampak terjadinya penurunan indeks kepercayaan dari konsumen karena masyarakat sendiri cenderung untuk mengurangi melakukan proses berbalanja. Karena mereka menjadi berhati – hati terhadap barang dan takut terjadinya resiko kenaikan harga yang tinggi.
  3. Suku bunga yang tinggi
    Bunga yang tinggi juga dapat mempengaruhi terjadinya investasi dari beberapa pengusaha yang juga akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi terutama dari negara-negara berkembang
  4. Kenaikan harga BBM
    Terjadinya kenaikan harga BBM, juga sangat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Hal tersebut disebabkan dampak dari kebijakan yang dikeluarkan sehingga pada akhirnya memberikan efek Mutiplayer effect yang dapat mempengaruhi seluruh pertumbuhan dan perkembangan ekonomi secara nasional.
  5. Tingkat keamanan
    Menciptakan kondisi keamanan yang kondusif adalah satu cara agar perkembangan ekonomi lancar. Sebab, hal ini juga akan mempengaruhi kondisi ekonomi yang menjadi lebih stabil lebih kuat. Untuk itu sangat penting membuat stabilitas dalam bidang politik dan juga keamanan.

Demikianlah artikel kali ini mengenai Perkembangan Ekonomi, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sekain dan terimakasih.

Baca juga: