21 Peraturan dalam Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on
21 Peraturan dalam Permainan Sepak Bola Beserta Penjelasannya Lengkap
5 (100%) 1 vote

Peraturan dalam Permainan Sepak Bola

Peraturan sepak bola – ketika melakukan suatu permainan sepak bola, ada beberapa peraturan yang harus ditaati. Peraturan sepak bola secara umum sudah diketahui oleh orang banyak, baik penonton yang melihat maupun pemain yang mengikuti pertandingan. Berikut ialah peraturan sepak bola lengkap beserta penjelasannya.

1. Ukuran lapangan

  • 100 – 110M : Ukuran panjang lapangan
  • 64 – 75M : Lebar lapangan
  • 18,35 x 5,5M : Luas pada daerah gawang
  • 9,15 Meter : Jari-jari lingkaran tengah
  • 40,39 x 16,5M : Daerah pinalti
  • 11 Meter : Jarak titik penalti dari garis gawang

2. Ukuran gawang

  • 2,44 Meter : Tinggi gawang
  • 7,32 Meter : Lebar gawang

3. Bola

  • Bentuk bola : bulat
  • Bahan : kulit
  • 396 – 453g : Berat bola
  • 68 – 71CM : Keliling lingkaran

4. Peraturan mulai pertandingan

Sebelum memulai pertandingan sepak bola tersebut, seluruh pemain harus melakukan jabat tangan pada sesama pemain serta lawannya dengan berbaris di arah penonton.

Kemudian wasit akan membawa uang logam, dan memberikannya pada setiap kapten tim untuk memilih sisi logam tersebut. Setelah itu wasit akan melempar uang logam sebagai tanda untuk memilih siapakah yang berada di bola awal ataukah pilih dengan gawang.

5. Jumlah pemain sepak bola

Didalam permainan sepak bola, ada 2 tim yang masing-masingnya beranggotakan 11 orang (salah satunya sebagai penjaga gawang). Jika pemain tim ada 7 atau 4 pemain terkena kartu merah maka terpaksa harus keluar ddari lapangan, dan tim itu dianggap kalah.

6. Pemimpin Tim (Captain)

Setiap tim wajib memiliki captain, tujuannya untuk Kapten sendiri jika terjadi masalah dengan tim, maka nantinya kapten ini yang akan berdiskusi dengan wasit.

7. Peraturan Menggunakan Aksesoris

a. Jersey

Didalam satu pertandingan dari kedua tim tidak boleh memakai jersey satu warna. Setiap tim wajib mempunyai identitas yang berbeda, dan setiap tim harus mempunyai dua warna jersey.
Satu dipakai untuk pertandingan rumah/ biaya dinamakan “Home” dan satunya lagi dipakai untuk laga tandang atau bernama “Away”.

b. Kaos kaki

Didalam pertandingan resmi sepakbola ini warna kaos kai harus sama, tujuannya ialah untuk melindungi tulang kering dan mencegah cidera lainnya.

c. Sarung Tangan

Sarung tangan hanya diperbolehkan oleh kipper saja (penjaga gawang), tujuannya mempermudah penjaga gawang untuk menangkap bola dan melindungi tangannya terhadap tendangan bola keras. Pemain lainnya boleh memakai sarung tangan saat ada di lapangan yang dingin/ bersalju.

d. Penutup kepala

Penutup kepala ini dipakai untuk pemain yang sedang mengalami cidera. Dan untuk aksesoris lainnya yang dilarang, misalnya anting, kalung, gelang, dan lain sebagainya.

8. Wasit

Wasit adalah orang pemegang sepenuhnya dalam jalannya sebuah pertandingan dan berhakl memberikan keputusan bila pemain bola melanggar peraturan. Wasit utama dibantu oleh dua asisten wasit.

Baca Juga :   Tenis Meja : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar dan Peraturannya

9. Asisten Wasit

Asisten wasit dikenal dengan “linesman”. Tugasnya memberitahukan pada wasit utama bila terjadi offside menggunakan sebuah tanda bendera dan tugasnya mengawasi bila terjadi throw in serta tendangan sudut.

10. Waktu Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola dilaksanakan selama 90 menit dan terbagi 2 babak. Pada setiap babak mempunyai waktu 45 menit, dan waktu istirahat ±15 menit.

Jika 90 menit sudah habis dan pertandingan itu membutuhkan pemenang, maka dilakukan tambahan waktu (extra time) dengan durasi 2×15 menit. Jika kedudukannya masih saja sama, maka akan diadakan adu finalty.

11. Peraturan Kick Off

Kick off dilaksanakan ketika memulai permainan, yakni:

  1. Saat Memulai pertandingan
  2. Memulai babak kedua
  3. Gol terjadi
  4. Memulai babak extra time

12. Peraturan Gol

Dalam melakukkan perhitungan gol ini dilakukan saat bola masuk ke jaring gawang dan melewati gatis gawang serta tak ada pemain yang terkenai offside, pelanggaran, ataupun hands ball. Seluruh keputusan ada ditangan wasit yang menentukan gol tersebut sah ataupun tidak.

13. Peraturan Offside & Onside

Offside ini terjadi jika ada teman salah satu tim yang mengoper pada pemain lain namun ada didepan bek pertahanan lawannya. Dan asisten wasit yang bisa menentukan terjadinya offside maupun onside caranya dengan mengangkat bendera. Untuk peraturan onside tersebut juga sebaliknya.

14. Peraturan Bola Out atau Keluar

Lemparan kedalam terjadi ketika bola keluar disisi lapangan. Sementara bola yang keluar dari samping gawang akan terjadi tendangan sudut. Dan jika terdapat pemain yang cedera, maka wasit berhak memerintahkan mengeluarkan bola.

15. Lemparan kedalam/ Throw in

Dilakukan ketika bola keluar lapangan, dan tim yang bisa mengambil lemparan kedalam adalah tim yang tidak mengeluarkan bola tersebut. Ketika melakukan lemparan, pemain tidak boleh lama membuang waktu serta tidak boleh angkat satu kaki.

16. Tendangan Gawang

Dilakukan ketika bola sudah melalui garis gawang dikarenakan pemain lawan. Penjaga/ teman tim dapat melakukan tendangan gawang.

17. Tendangan Sudut/ Corner kick

Dilakukan ketika bola keluar dan melalui garis gawang yang disebabkan pemain bek/ satu tim, tendangan ini dilakukan pemain lawan. Letaknya tendangan gawang ada di pojok kiri/ kanan lapangan.

18. Peraturan Pergantian Pemain

Pergantian pemain hanya dapat dilaksanakan maksimal 3-7 orang.

19. Peraturan Pelanggaran

Pelanggaran terjadi saat tackle keras, handsball/ mendorong lawan, lalu menarik dan lainnya pelanggarann. Wasit akan mengeluarkan 2 macam kartu yaitu kartu kuning dan merah .

Jika pemain mendapat kartu kuning, otomatis dia dapat peringatan keras. Jika dia dapat kartu kuning 1 lagi maka ia akan di keluarkan didalam permainan. Dan jika ada pemain yang dapat kartu merah, maka ia langsung dikeluarkan dalam pertandingan.

20. Peraturan Tendangan Bebas/ Free kick

Tendangan bebas dilakukan di tempat terjadinya sebuah pelanggaran, jika terjadi tendangan bebas ini nantii ada 2 pilihan yang dapat dilakukan yakni kita dapat menendang langsung menuju arah gawang/ bisa pula mengoper pada teman dalam tim kita.

21. Terjadinya Penalty

Penalti dapat terjadi disebabkan adanya pemain yang mendapat pelanggaran di area penjaga gawang. Seperti hands ball, tackle, dan pelanggaran lainnya.

Demikianlah tadi pembahasan lengkap yang mengungkap tentang peraturan sepak bola, semoga dengan membaca artikel ini dapat membuat kita lebih paham lagi pada peraturan permainan sepak bola dan bisa mentaati beberapa peraturan didalamnya agar tercipta permainan yang kondusif. Semoga bermanfaat bagi semuanya.

Baca juga: