5 Manfaat Dasar Negara Untuk Suatu Bangsa Serta Pengertiannya

Posted on
5 Manfaat Dasar Negara Untuk Suatu Bangsa Serta Pengertiannya
5 (100%) 1 vote

Pengertian dan Manfaat Dasar Negara Untuk Suatu Bangsa

Manfaat dasar Negara – hakikatnya, dasar Negara adalah filsafat Negara (political philosophy) yang berada sebagai sumber dari seluruh sumber hukum ataupun norma hukum dalam Negara. Supaya lebih faham mengenai filsafat Negara, mari kita bahas tentang pengertian dari filsafat. Secara etimologi, filsafat berawal dari kata philos yang bermakna cinta dan sahabat. Sedangkan shopia bermakna kebenaran, kebijaksanaan, belajar. Menurut (KBBI) kamus besar bahasa Indonesia, filsafat ialah pengetahuan dan penyelidikan menggunakan akal budi tentang hakikat segala yang ada, asal, sebab dan hukumannya.

Pengertian Dasar Negara

Dasar Negara yaitu berawal dari 2 suku kata yakni dasar bermakna landasan (menjadi utama) dan yang pertama, sedangkan Negara bermakna organisasi kekuasaan yang didalamnya terdapat wilayah, rakyat serta pemerintah yang berdaulat. Dasar Negara dari segi bahasa beberapa Negara seperti belanda yaitu Philosophische Grondslag yang memiliki makna filsafat (Philosophische), dasar (grands) dan norma (lag). Ada pula berasal dari bahasa jerman dasar Negara yaitu Welatanschauung yang memiliki arti dunia (welt) dan sebagai pandangan mendasar (anschauung). Jadi, dapat disimpulkan bahwa dasar Negara ialah suatu pedoman dalam mengendalikan kehidupan pengaturan Negara yang melingkupi dari berbagai sektor kehidupan.

Sementara itu, dasar Negara ini mempunyai peran penting yaitu menjadi landasan kehidupan. Karena apabila Negara tidak mempunyai dasar Negara, maka Negara tersebut termasuk tidak mempunyai sebuah pedoman untuk menjalankan kehidupan bernegara. Sehingga mengakibatkan ketidakjelasan tujuan dan arah yang dimiliki dalam Negara tersebut serta akan cepat memunculkan kompleksitas. Oleh sebab itu, sangat diperlukan dasar Negara supaya bisa menjadi sebuah pedoman hidup dalam menyelenggarakan Negara yang mencakup seperti untuk apa Negara ini, apa cita-cita Negara, dan bagaimana norma-norma dalam bernegara.

Pancasila merupakan dasar Negara bangsa Indonesia, yaitu tercantum pada pembukaan Undang-undang dasar (UUD) 1945. Terdapat lima elemen dasar yang terkandung dalam pancasila yang merupakan karakter dan kepribadian utama bangsa Indonesia dan menjadi ideologi nasional. Dasar Negara lahir tidak begitu saja muncul, tentu berawal dari hasil pemikiran yang sangat matang dengan pengalaman-pengalaman yang sedemikian banyak dan sesuai dengan keadaan kebangsaan, kebudayaan, kemasyarakatan, keagamaan serta mempunyai kesadaran yang menyeluruh (universal). Jadi, hal inilah yang dapat dirumusakan sebagai dasar Negara. Apabila kita perhatikan, seperti apa sih makna pancasila? Ternyata para tokoh bangsa Indonesia merumuskan pancasila sebagai dasar Negara yang bermula dari cara pandang dan metode secara menyeluruh dengan meliputi segala unsur dalam rakyat serta tanpa memperbedakan satu dengan lainnya dalam mencapai cita-cita kebangsaan sehingga melahirkan dasar Negara masyarakat yang adil dan makmur.

Ideologi kebangsaan Indonesia yaitu pancasila digali dan dirumuskan yang muncul ditengah-tengah rakyat sehingga pada saat menggabungkan dalam setiap unsur yang ada dimasyarakat tidak sulit. Karena masyarakat sendirilah yang ingin meleburkan sendiri dibawah bendera pancasila untuk dijadikan pegangan dan pedoman supaya tercapai persatuan dan kesatuan dalam bernegara.

Baca Juga :   21 Pengertian Norma Menurut Para Ahli “Terlengkap”

Manfaat Dasar Negara

Salah satu gambaran sendiri di Indonesia mempunyai dasar Negara yakni pancasila. Pancasila menjadi dasar Negara yang mengarahkan nilai-nilai hidup dan pedoman hidup. Selain penjelasan tentang pentingnya Dasar Negara, terdapat banyak sekali manfaatnya juga untuk suatu bangsa. Oleh karena itu, kali ini yang akan dikaji yaitu mengenai apa saja manfaat dasar Negara, dengan begitu bisa membantu menjadi sebuah informasi dalam menambah pengetahuan. Berikut penjelasannya :

  1. Sebagai pedoman hidup serta pandangan dari seluruh masyarakat yang berada dalam suatu Negara. Sebab, dengan mengacu pada dasar-dasar Negara maka masyarakat mampu hidup dengan baik dan dapat memahami norma-norma dalam setiap Negara yang ditinggali.
  2. Dengan munculnya dasar Negara maka tentu masyarakat semua yang tinggal akan mempunyai tujuan yang lebih jelas dan nyata dalam suatu Negara. Karena tujuan yang jelas akan mewujudkan masyarakat adil dan makmur.
  3. Sebagai landasan idiil bagi suatu Negara dalam arti menjadi cerminan untuk masyarakat supaya dapat menganut dan juga memahami tentang Negara yang akan menjadi tempat tinggalnya. Maksudnya ialah terciptanya keseimbangan, keselarasan, keserasian, persatuan dan kesatuan yang dapat menjadi pengikat para penyelenggara Negara, para pemimpin rakyat dan semua rakyat Negara.
  4. Melahirkan sebuah kepribadian dan jiwa dari bangsa Negara pula. Bangsa akan menyadari, bahwasannya bumi, air, udara diatasnya dan kekayaan alam beserta isinya yang terkandung dikuasai Negara serta akan dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat. Oleh sebab itu bangsa mendayagunakan seluruh kekayaan alam dan sumber daya serta semua potensi nasional dijaga secara terpadu, seimbang, serasi, dan selaras untuk mewujudkan keamanan dan kesejahteraan segenap bangsa dalam keadilan.
  5. Dasar Negara memberikan arah dan tujuan supaya cita-cita bangsa bisa tercapai dengan baik dan setinggi-tingginya sehingga menjadi salah satu alat yang mempersatu bangsa itu sendiri. Karena masyarakatlah yang menjadi kunci persatuan dan kesatuan suatu bangsa, dimana bila mereka bisa melebur menjadi satu maka bangsa akan terwujud sejahtera, aman dan tenteram.

Selain penjelasan diatas masih banyak lagi manfaat dasar Negara lainnya, akan tetapi dapat diketahui bahwa sebagian manfaat dasar Negara tersebut menjadi poin yang sangat penting. Karena sebagian manfaat dasar Negara seperti yang sudah dijabarkan diatas merupakan manfaat secara umum jadi banyak orang yang mengetahuinya. Walaupun demikian, dasar Negara harus selalu diingatkan supaya nanti disetiap masyarakat tidak akan lupa pada dasar Negara yang ditinggali.

Jadi dalam setiap Negara pasti sistem pemerintahanya berbeda, karena bergantung juga pada sistem pemerintahnya sendiri. Disetiap Negara mempunyai dasar Negara yang berbeda. Sebab dasar Negara ialah suatu fandemen kuat dan kokoh dimana dijadikan sebagai pandangan juga pedoman hidup pada setiap masyarakatnya. Dengan begitu tentu saja kelak suatu Negara yang berpedoman pada dasar Negara akan menjadi lebih baik.

Demikian pembahasan tentang manfaat dasar Negara secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca juga: