PENTING! Inilah 10 Ciri Ciri Orang Cerdas yang Jarang Diketahui

Posted on
PENTING! Inilah 10 Ciri Ciri Orang Cerdas yang Jarang Diketahui
5 (100%) 1 vote[s]

PENTING! Inilah 10 Ciri Ciri Orang Cerdas yang Jarang Diketahui

Ciri Orang Cerdas – Kecerdasan seseorang sebenarnya merupakan anugrah yang dimiliki atau bawaan dari lahir. Biasanya tanda atau Ciri Orang Cerdas dapat dilihat dari berbagai hal. Hal tersebut dapat dilihat dari sifat genetik atau sering kali diketahui melalui nilai hasil ujiannya. Seseorang yang baru lahir tentu saja tidak menyadari apakah mereka orang yang cerdas atau jenius. Bahkan mereka juga tidak dapat memilih untuk menjadi orang cerdas atau pintar. Orang cerdas tentu saja berbeda dengan orang pintar. Hal yang membedakannya adalah bahwa orang pintar memerlukan proses dalam suatu hal yang akan diketahuinya. Sedangkan orang cerdas tidak memerlukan hal tersebut dan lebih cenderung spontan.

Nah, berikut ini beberapa ciri orang cerdas yang perlu kamu ketahui, untuk dapat melihat apakah kamu termasuk orang yang pintar atau cerdas.

1. Dapat beradaptasi dengan mudah

Berdasarkan ilmu psikologi menguraikan bahwa orang yang memiliki kecerdasan cenderung lebih mudah dan fleksibel dalam menyesuaikan dirinya dengan berbegai perbedaan. Mereka dapat mengubah perilaku agar sesuai dengan lingkungan yang ditinggalinya. Bahkan dengan pergaulan dan lingkungan yang baru mereka tidak membatasi diri dan mudah dalam beradaptasi.

2. Memiliki keingintahuan yang tinggi

Orang cerdas memang cenderung lebih kepo dan mencari tahu mengenai hal tersebut melalui browsing internet atau membaca buku. Mereka bahkan lebih kepo dari orang pada umumnya, karena selalu ingin mengetahui hal unik yang tidak pernah atau jarang terpikirkan oleh orang banyak.

3. Suka bereksperimen (mencoba-coba)

Selalu mencoba-coba hal yang baru menjadi ciri dari orang cerdas yang dapat kita ketahui dengan mata telanjang. Mereka sering bereksperimen seperti halnya menciptakan hal-hal baru atau bahkan ketika memasak mereka mengubah resep serta mengubah benda dan masih banyak hal lainnya.

4. Memiliki hobi membaca

Kurang lebih 90% dari orang cerdas lebih menyukai buku. Mulai dari buku seputar pengetahuan, novel, atau bahkan buku lainnya yang tidak sesuai dengan hobi atau minatnya. Mereka biasanya akan memilih buku yang dapat menjawab keingintahuannya.

5. Orang cerdas sering pelupa

Memang pada umumnya pelupa merupakan penyakit yang banyak dialami oleh semua orang. Namun, orang cerdas pada umumnya kurang memikirkan hal-hal sepele, seperti lupa meletakkan kunci motor, atau hp, atau hal sepele lainnya. Mereka sering memikirkan sesuatu yang lebih penting atau lebih ingin diketahuinya.

Baca Juga :   9 Cara Penulisan Amplop Lamaran Kerja yang Pasti Dibaca

6. Menyukai hal yang menantang serta melampaui batas sendiri

Orang cerdas lebih menyukai hal yang menantang, mereka mungkin tidak dapat membuat mesin atau hal lainnya. Namun, karena minat dan keingintahuannya yang tinggi, maka mereka dapat melampaui batas kemampuannya dan bahkan sukses membuat suatu mesin.

7. Tidak takut mengatakan dan mengakui kata “saya tidak tahu”

Memang orang cerdas memiliki tingkat kecerdasan diatas rata-rata, akan tetapi masih ada beberapa hal yang tidak diketahuinya. Maka dari itu, mereka tidak segan-segan dan tidak akan malu mengajukan pertanyaan kepada orang lain, atau mengatakan “saya tidak tahu”.

8. Cenderung lebih berantakan

Pada umumnya orang cerdas tidak terlalu memikirkan penampilan dan jarang menyadari bahwa mereka dalam keadaan berantakan. Bahkan mereka acuh tak acuh dan tidak peduli dengan hal tersebut. Sebagian bahkan berfikiran bahwa dengan keadaaan yang berantakan lebih dapat berfikir dengan kreatif.

9. Sulit tidur malam

Otak orang cerdas umumnya selalu bekerja tiada henti. Meskipun malam hari otak mereka akan selalu bekerja dan sering sulit untuk tidur. Mereka lebih cenderung mengerjakan aktifitas atau pekerjaan yang belum terselesaikan.

10. Humoris

Kriteria atau watak dari orang cerdas biasanya lebih humoris, dan mudah dalam hal mencairkan suasana.
Orang cerdas dan pintar tentu saja memiliki perbedaan yang mendasar. Namun, terkadang ada beberapa orang yang mengartikan bahwa cerdas dan pintar itu sama. Akan tetapi, bila kita lihat dari kriteria dan kebiasaan serta ciri-ciri yang orang cerdas miliki,maka sangatlah berbeda dengan orang pintar. Untuk menjadi orang pintar dibutuhkan waktu serta proses agar orang tersebut dapat dikatakan pintar. Orang pintar selalu dikaitkan dengan prestasi akademik, mereka pandai dalam memiliki ilmu. Selain itu, mereka juga dapat mencerna pelajaran sehingga dapat memiliki pengetahuan yang luas. Namun, jika kita lihat dengan seksama orang pintar hanya dapat menjawab hal-hal yang dipelajarinya, serta mereka lebih terpaku pada hafalan.

Sedangkan orang cerdas tidak membutuhkan proses. Kecerdasan yang mereka miliki sudah ada sejak mereka dilahirkan.Ciri Orang Cerdasjuga telah kami sampaikan dalam uraian di atas. Kemampuan berfikir yang orang cerdas miliki lebih cepat dan lebih kreatif dalam melakukan sesuatu. Maka, tidak heran apabila mereka lebih sering melakukan eksperimen untuk menciptakan hal-hal baru diluar pemikiran orang pada umumnya. Selain itu, mereka juga lebih mudah untuk memahami dan mengerti dari suatu keadaan atau kondisi tertentu. Orang cerdas juga lebih santai dan tidak terlalu memperhatikan penampilannya, namun mereka juga fleksibel dalam beberapa hal. Berbeda dengan orang pintar, mereka lebih teratur dan tepat waktu atau disiplin dalam semua hal.

Ciri Orang Cerdas memang banyak kita ketahui melalui kriteria dan kebiasaan yang mereka miliki. Tentunya masih banyak kriteria lainnya pada seseorang agar ia dapat dikatakan cerdas. Nah, itulah beberapa uraian yang dapat kami sampaikan mengenai orang cerdas serta perbedaannya dengan orang pintar. Semoga dapat menambah wawasan dan lebih bermanfaat.

Baca juga: