Pengertian Wireless Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Posted on

Pengertian Wireless Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Pengertian Wireless – Ketika menjalankan komputer tentu kita ingin komputer tersebut sudah terhubung dengan internet. Serta bisa terhubung dengan komputer yang lainnya. Penghubung yang digunakan dimulai dari kabel sampai yang tak menggunakan kabel. Saat kabel tanpa koneksi/penghubung digunakan, maka akan lebih simpel karena tak harus membawa kabel kemanapun kita pergi. Sehingga dibuatlah wireless yang akan menghubungkan kita dengan komputer yang lainnya, dengan cara mudah dan simpel.

Pengertian Wireless

Adalah hubungan telekomunikasi yang memakai gelombang elektromagnetik untuk bisa mengganti media kabel sebagai alat transfer data. Saat ini teknologi wireless sedang terkenal dan banyak dikembangkan.

Wireless yang dikembangkan bisa kita lihat pada telepon seluler yang kini banyak di pasaran. Dengan adanya wireless ini maka kita bisa terhubung pada jaringan internet. Wireless ini disebut juga dengan jaringan nir kabel atau tanpa kabel.

Kelebihan Wireless

  1. Dapat membangun jaringan dengan lebih mudah.
  2. Untuk di relokasikan sangatlah mudah.
  3. Murah dalam pemeliharannya.
  4. Infrastruktur yang lebih kecil.
  5. Dapat dengan mudah di kembangkan.
  6. Sumber file dapat dengan mudah di pindahkan tanpa harus menggunakan kabel.
  7. Mudah di install dan dapat di pakai di kantor ataupun di rumah.

Kekurangan Wireless

  1. Keamanan yang di miliki rendah.
  2. Memiliki delay yang besar.
  3. Produk yang banyak jenis dan ada yang tidak cocok untuk di gunakan.
  4. Kualitas sinyal di pengaruhi cuaca yang ketika cuaca cerah maka akan membuat koneksi menjadi baik dan ketika cuaca yang buruk akan melambatkan koneksi yang di terima.
  5. Investasinya di bilang cukup mahal jika di bandingkan dengan pemakaian kabel.
  6. Dapat terjadi penyadapan jaringan yang lebih besar juka di banding dengan menggunakan kabel.
Baca Juga :   Pengertian Kongruen dan Syarat Segitiga Kongruen serta Contoh Soal Segitiga Kongruen

Cara Kerja Wireless

Cara kerja pada wireless dengan komputer mempunyai build transreceiver yang di gunakan seperti pada walky talky. Transreceiver ini dapat di sebut sebagai adapter wireless. Adapter tersebut bertugas sebagai pendeteksi jaringan/gelombang di sekitar kita dan menghubungkannya.

Gelombang yang diperoleh berbentuk analog yang kemudian dikonversikan dalam bentuk digital karena komputer bisa membaca bentuk digital dan bukan analog. Serta mengirimkan sinyal analog ke udara dan menjadi konversian dari bentuk sinyal digital di komputer.

Teknologi itu membutuhkan jaringan wireless yang bisa menghubungkan pada jaringan wireless. Dengan memakai router serta adapter wireless. Secara umum komputer dan laptop telah memiliki komponen di bagian dalamnya.

Sekian ulasan tentang Pengertian Wireless yang disertai dengan kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya lengkap. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk anda, dan dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :