Pengertian Waralaba – Jenis, Tipe, Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Posted on

Pengertian Waralaba – Jenis, Tipe, Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Waralaba Adalah – Waralaba atau lebih populernya disebut dengan Franchise (Bahasa Perancis) dan Franchaising (Bahasa Inggris) adalah hak untuk menjual produk/jasa atau layanan. Pengertian lainnya yaitu hubungan kerja yang memiliki kontrak/perjanjian antara pemilik waralaba dan juga penerima.

Jalannya bisnis waralaba ini sering berbentuk kegiatan pertukaran uang dengan perjanjian/kontrak agar bisa menjalankan bisnis itu dalam jangka waktu tertentu. Di dalam aktivitasnya waralaba, franchise atau yang memiliki waralaba bertugas untuk menjual produk atau jasa sesuai dengan ketetapa franchisor. Tugas dari franchisor atau penerima ini adalah melakukan pengembangan bisnis waralaba tersebut.

Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

  1. Pengertian waralaba menurut Douglas J. Queen adalah model perluasan pemasaran dan juga bisnis. Pemegang franchise yang membeli bisnis manfaat dari kesadaran pelanggan akan nama dagang, sistem yang teruji dan pelayanan lainnya yang disediakan oleh pemilik franchise.
  2. Pengertian waralaba/franchise menurut Rooseno Harjowidigdo adalah kerjasama dibidang perdagangan atau jasa yang menjadi salah satu hal untuk mengembangkan sistem usaha di tempat yang lain. Yang dimana secara ekonomi franchisor sangat untung dan akan memperoleh management fee dari franchisee, barang produknya tersebar ke tempat lainnya yang dimana frenchisee mengusahakan franchisenya dan untuk konsumen yang memerlukan barang hasil produk franchise, bisa cepat diperoleh dalam keadaan fresh dan belum atau tak jadi rusak.
  3. Pengertian waralaba/franchise menurut Dominique Voillemont adalah cara melakukan kerja sama di bidang bisinis antara dua perusahaan atau lebih, satu pihak bertindak sebagai franchisor lainnya sebagai franchisee.
  4. Pengertian waralaba/franchise menurut Charles L. Vauhn adalah bentuk kegiatan pemasaran dan distribusi yang didalamnya ada perusahaan yang memberi hak/privilage pada pihak lain dalam menjalankan bisnis tertentu, dalam waktu dan tempat tertentu pada individu/perusahaan yang relatif lebih kecil.
  5. Pengertian waralaba/franchise menurut Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 2007 adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang, perorangan atau badan usaha pada sistem bisnisnya dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang/jasa yang terbukti berhasil dan bisa dimanfaatkan atau digunakan oleh suatu pihak, berdasarkan perjanjian waralaba.
  6. Pengertian waralaba/franchise menurut Asosiasi Franchise Indonesia adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Baca Juga :   Kartel – Pengertian, Ciri-Ciri, Dampak Dan Tujuannya Lengkap

Jenis-Jenis Waralaba Menurut Kriteria/ Produk Yang Ditawarkan

Waralaba Produk

Adalah produk yang diijual yang berbentuk barang seperti misalnya makanan. Contohnya Mc Donald, KFC, Kebab Turki, Cakekinia dan lain sebagainya.

Waralaba Jasa

Adalah jenis waralaba yang memberi produk dalam bentuk layanan jasa. Contohnya pada bidang pendidikan, studio photo atau jasa sewa video, jasa agen perjalanan dan travel.

Waralaba Gabungan

Adalah suatu produk yang dijual dalam jenis waralaba ini yang berbentuk barang dan jasa.

Jenis Waralaba Menurut Asalnya

Waralaba Luar Negeri

Jenis waralaba ini mengarah ke jenis waralaba yang disukai masyarakat, karena waralaba ini sistemnya berlaku dan jelas. Merek perusahaan yang diterima oleh orang di seluruh dunia dinilai lebih bergengsi.

Waralaba Dalam Negeri

Jenis waralaba yang satu ini masuk dalam kategori pilihan investasi bagi orang yang akan menjadi pengusaha secara cepat, tapi tak memiliki pengetahuan cukup mengenai awal serta kelanjutan usaha pemilik waralaba. Contohnya waralaba yang berasal dari dalam negeri, misalnya restoran cepat saji.

Tipe-Tipe Waralaba

Trade Name Franchising

Adalah jenis waralaba yang memperoleh hak untuk melakukan produksi contohnya PT Great River memiliki hak untuk melakukan produksi pakaian dalam Triumph dengan lisensi yang berasal dari Jerman.

Product Distribution Franchising

Adalah jenir waralaba yang memperoleh hak untuk melakukan penditribusian di wilayah tertentu, seperti soft drink, cosmetics.

Pure Franchising/ Busininess Format

Adalah jenis waralaba yang mendapat hak penuh mulai dari trademark, penjualan, peralatan, metode operasi, strategi pemasarn, bantuan manajemen dan teknik, pengendalian kualitas, dan lain sebagainya. Contohnya adalah restaurat, fast food, pendidikan, konsultan, dan lain-lain.

Kelebihan/Keuntungan Waralaba

  • Proses membuka usaha yang lebih cepat
  • Mempunyai sistem yang sudah terbukti berhasil
  • Mempunyai brand image yang telah dikenal luas dan terbukti berhasil
  • Risiko kegagalan sangat kecil

Kekurangan/Kerugian Waralaba

  • Mewajibkan membayar Franchise Fee
  • Mewajibkan membayar Royalty Fee
  • Memberlakukan aturan main yang harus diikuti
  • Melakukan pengotrolan dan pengawasan dengan teratur

Itulah Pengertian Waralaba yang juga meliputi jenis, tipe, kelebihan dan juga kekurangannya secara lengkap. Semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :