Pengertian Visi Dan Misi Dan Perbedaannya Lengkap

Posted on
Rate this post

Pengertian Visi Dan Misi Dan Perbedaannya Lengkap

Perbedaan Visi Dan Misi – Apa yang dimaksud dengan visi dan misi? Banyak orang yang belum dapat membedakan antara visi dan juga misi. Untuk memahaminya mari kita pelajari lebih lengkap perbedaan dan pengertian visi dan misi.

Penjelasan Dan Pengertian Tentang Visi Dan Misi

Visi adalah suatu pandangan yang jauh mengenai suatu perusahaan atau lembaga yang lainnya, visi juga bisa diartikan sebagai tujuan perusahaan atau lembaga yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya. Di masa yang akan datang atau di masa depan. Visi tak dapat dituliskan dengan lebih jelas karena menerangkan tentang detail gambaran sistem yang ditujunya. Hal ini disebabkan oleh perubahan ilmu dan situasi yang memang sulit untuk diprediksi selama masa yang panjang.

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh adanya pernyataan tentang visi, yang diantaranya yaitu :

  1. Lebih berorientasi ke masa depan.
  2. Tidak dibuat atas kondisi saat ini.
  3. Mengekspresikan suatu kreatifitas.
  4. Berdasarkan pada beberapa prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

Sedangkan misi adalah suatu pernyataan mengenai apa yang harus dilakukan oleh perusahaan atau lembaga, dalam usaha mewujudkan visi itu sendiri. Misi di dalam perusahaan diartikan sebagai tujuan dan alasan, mengapa perusahaan atau lembaga tersebut didirikan. Misi juga akan memberi arahan dan beberapa batasan dalam proses mencapai suatu tujuan.

Perbedaan Visi Dan Misi

Visi adalah What be believe we can be, yang dimana visi menjadi suatu gambaran mengenai masa depan. Misalnya mau menjadi apa nanti suatu perusahaan, organisasi atau lembaga. Menentukan visi artinya juga menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai. Sedangkan misi adalah What be believe we can do. Yang merupakan apa saja yang dapat kita lakukan dalam mencapai visi yang tadi, sehingga misi merupakan suatu langkah, cara atau strategi untuk mencapai sebuah visi.

Baca Juga :   Kegiatan Konsumsi : Pengertian, Ciri, Faktor, Tujuan dan Contohnya

Kesimpulan dari perbedaan visi dan misi ini yaitu visi adalah gambaran dan juga tujuan dari suatu lembaga atau perusahaan di masa depan, dan misi adalah cara untuk mencapai tujuan itu sendiri.

Terkadang misi juga harus diubah sedemikian rupa, bisa visi yang dibuat belum tercapai. Sehingga bukan visinya saja yang diubah, tetapi juga cara dan strategi dalam mencapai tujuan yang diubah. Bila visinya berubah-ubah maka akan memberi kesan tidak konsisten pada gambaran dan juga tujuan masa depan, mengenai suatu perusahaan, lembaga atau organisasi.

Itulah pembahasan mengenai pengertian dan perbedaan visi dan misi yang lengkap. Semoga dapat dipelajari kembali dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda.

Baca Juga :