Pengertian Udara : Jenis, Manfaat dan Cara Menjaga Kebersihannya

Posted on
Pengertian Udara : Jenis, Manfaat dan Cara Menjaga Kebersihannya
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Udara : Jenis, Manfaat dan Cara Menjaga Kebersihannya

Pengertian udara – udara berperan penting untuk kehidupan makhluk di muka bumi ini. sebab, seluruh makhluk akan hidup dengan bantuan udara. Oelh karena itu, kita menjadi manusia yang termasuk dari makhluk hidup dengan dibekali akal oleh tuhan, hendaknya menjaga supaya udara tetap bersih. Pada kesempatan kali ini akan dibagikan informasi tentang pengertian udara, yang mana penjelasan lengkapnya bisa kalian baca di bawah ini.

Pengertian Udara

Apa kalian sudah pernah mendengar secara detail pengertian udara? Jika belum simak berikut ini. Udara ialah campuran gas yang terdapat di permukaan bumi dan mengelilingi bumi. Udara terdiri atas campuran beragam macam gas, antara lain oksigen 20%, nitrogen 78%, karbondioksida 0,03% dan agon 0,93% serta sisanya berbentuk gas lainnya. Sementara uap air yang ada dalam udara asalnya dari penguapan sungai, air laut, dan lain lain.

Dalam hal tersebut, gas berperan penting untuk kehidupan makhluk hidup, yakni salah staunya oksigen. Oksigen yang ada di udara dihasilkan dari sebuah fotosintesisi tumbuhan dengan mengolah karbondioksida sebagai oksigen. Ketinggian dari permukaan bumi pastinya akan berpengaruh pada kondisi udara, jadi semkain tinggi serta semakin dekatnya pada lapisan troposfer ini maka udara akan menjadi semakin berkurang. Lantas di udara terdapat pula yang dikenal dengan nama lapsian ozon yang berfungsi guna melindungi makhluk hidup terhadap sinar ultraviolet.

Jenis Jenis Udara

Dibawah ini adalah jenis jenis udara yang dibagi menjadi tiga (3) jenis, yakni sebagai berikut :

  1. Oksigen (dari unsur kimiawi yang gampang bereaksi)
  2. Nitrogen (dari unsur kimiawi yang sulit bereaksi)
  3. Karbon dioksida (dari Unsur kimiawi yang tersusun dari dua atom serta terikat secara kovalen)

Manfaat Udara

Sejumlah manfat yang dapat diperoleh dari udara, antara lain seperti :

  1. Di dalam udara ada oksigen yang berfungsi untuk bernafas
  2. Udara bisa mempengaruhi pada denyut jantung makhluk hidup
  3. Udara yang bersih yakni terbebas dari polusi dapat menghilangkan rasa stress, membuat tubuh terasa segar dan membuat tubuh menjadi lebih santai
  4. Udara bisa menentukan klasifikasi cuaca, iklim, ataupun musim di suatu tempat
  5. Udara berfungsi menjadi komunikasi, misalnya seperti dapat menghantarkan gelombang suara, serta untuk menghantarkan gelombang radio
  6. Udara bermanfaat guna menyebarkan spora, di tumbuhan tertentu udara dapat berfungsi untuk menyebarkan spora maupun benih benihnya.
  7. Di uara ada karbondioksida yang berfungsi untuk tumbuhan berfotosintesis
  8. Udara dapat melindungi bumi terhadap benda benda di ruang angkasa. Bila terdapat benda di ruang yang jatuh di bumi, maka akan terkikis serta hancur di atmosfer. Jadi, tidak akan jatuh di bumi maupun dapat pula jatuh di bumin namun denga ukuran yang jauh lebih kecil.
  9. Dan masih banyak lainya manfaat dari udara ini
Baca Juga :   Koperasi: Pengertian, Landasan, Asas, Tujuan, Fungsi dan Peran

Cara Menjaga Kebersihan

Sekarang ini sudah banyak tempat tempat yang udaranya mulai tercemar, sebab ulah dari segelintir manusia yang kurang tanggung jawab pada kelestarian lingkungan. Rusaknya lingkungan ini pada umunya banyak yang diakibatkan dari ulah manusia, dan jarang sekali atau bahkan tidak mungkin para hewan hingga merusak lingkungan hidup.
“harus kalian ingat, bahwa bumi ini bukan sebagai tempat hidup untuk manusia saja. namun, untuk seluruh makhluk hidup yang terdapat di dalam bumi”.

Berikut ini sejumlah cara untuk menjaga agar udara tetap bersih dari polusi, antara lain :

  • Melakukan penanaman kembali pada hutan yang sudah gundul
    Buatlah taman taman maupun hutan buatan yang ada di kota, hal ini bertujuan agar polusi udara dari kendaraan bermotor ini serta pabriknya dapat berkurang.
    Selalu mengutamakan memakai kendaraan umum guna bepergian. Saat ini sudah banyak sekali kendaraan umum yang memadai, jika kendaraan pribadi ini misalnya seperti menggunakan sepeda sebab tidak memakai bahan bakar dari fosil.
  • Melakukan tebang pilih dalam pohon, dan jangan lupa untuk menanaminya kembali. Jadi, tidak mudah menebang hutan sembarangan.
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, yakni dengan buang sampah pada tempatnya.
  • Menggunakan bahan bakar dari fosil seperlunya maupun jangan terlalu boros dalam menggunakannya.
  • Dan masih banyak lainnya lagi untuk menjaga udara bersih ini.

Kesimpulan

Udara adalah suatu zat yang sangat penting sesudah air di dalam memberikan kehidupan di muka bumi ini. selain dapat memberikan oksigen, udara pun fungsinya menjadi alat penghantar bunyi maupun suara , pendingin dari benda benda yang panas, serta bisa sebagai media dari penyebaran penyakit dalam manusia.

Jadi, bisa diambil kesimpulannya bahwa udara adalah campuran gas yang terdapat di permukaan bumi serta megelilingi bumi. Udara sendiri terdiri atas campuran dari beragam macam gas, antara lain nitrogen 78%, argon 0,93%, oksigen 20% dan karbondioksida 0,03% kemudian sisanya berbentuk dari gas lain. Manfaat dengan adanya udara ini seperti untuk bernafas, pengantar suara, glombang raduo, menentukan klasifikasi iklim dll. Sementara cara untuk menjaga udara agar tetap bersih ini seperti dengan melakukan penanaman kembali di hutan, lalu tebang pilih pohon, selalu menjaga kebersihan di lingkungan dan masih banyak hal yang perlu dilakukan.

Demikianlah yang mungkin dapat kami sampaikan tentang pengertian udara. Mari kita secara bersama sama menjaga lingkungan agar udara tetap bersih, sebab dengan udara yang bersih inilah maka sangat berperan penting untuks seluruh makhluk hidup di muka bumi ini. Kalau bukan kita, lalu siapa lagi? Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat.

Baca juga: