Tanah Longsor : Pengertian, Jenis dan Penyebab Serta Cara Pencegahannya

Tanah Longsor : Pengertian, Jenis dan Penyebab Serta Cara Pencegahannya
Rate this post

Pengertian, Jenis Tanah Longsor dan Penyebabnya

Pengertian Tanah Longsor dan Penyebabnya – Kita sering mendengar atau melihat dari berbagai media yang memberitakan beberapa bencana yang terjadi di Indonesia yang memang belakangan ini sering terjadi khususnya di pulau jawa atau di sumatera yakni Tanah Longsor. Namun apa yang di maksud dengan tanah longsor dan penyebab terjadinya tanah longsor? Agar pembaca dapat lebih mudah dan memahami serta mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai Tanah Longsor dapat anda simak uraian lengkap dibawah ini.

Pengertian Tanah Longsor

Tanah Longsor adalah suatu peristiwa terjadinya pergerakan tanah, misalnya bebatuan yang jatuh atau berupa gumaplan besar tanah yang terlepas pada bagian utama perbukitan atau gunung. Biasanya Tanah Longsir terjadi pada daerah pegunungan.

Tanah Longsor sendiri memiliki beberapa jenis longsor di antaranya seperti : longsoran translasi, longsoran rotasi, pergerakan blok, runtuhan batu, rayapan tanah, dan aliran bahan rombakan. Mengenai penjelasan pada setiap Jenis Tanah Longsor tersebut adalah sebagai berikut :

Jenis jenis Tanah Longsor

Longsoran Translasi

Terjadinya tanah longsor ini di akibatkan bergeraknya massa tanah serta bebatuan di bidang gelincir dengan bentuk rata atau bergelombang landai

Longsoran Rotasi

Terjadinya Longsoran rotasi disebabkan pergerakan pada massa tanah serta bebatuan di bidang gelincir yang memiliki bentuk cekung.

Pergerakan Blok

Terjadinya Pergerakan blog di sebabkan adanya perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir dengan memiliki bentuk yang rata. Longsoran jenis ini biasanya di namakan juga longsoran translasi blok batu.

Runtuhan Batu

Terjadinya Runtuhan Batu disebabkan ketika sejumlah besar batuan atau material lain yang bergerak ke arah bawah jatuh bebas. Umumnya longsoran jenis ini terjadi pada lereng yang terjal hingga menggantung, khususnya pada daerah pantai. Dari runtuhnya batu-batu besar tersebut mengakibatkan kerusakan parah.

Rayapan Tanah

Untuk longsor jenis ini bergerak cukup lambat dan dari jenis tanahnya berbentuk butiran kasar dan halus. Jenis longsoran ini hampir tidak bisa dikenali. Setelah beberapa lama terjadi longsor rayapan tanah ini posisi tiang, pepohonan serta rumah menjadi ikut kebawah.

Aliran bahan rombakan

Kemudian Jenis longsoran lainnya adalah aliran bahan rombakan dimana Longsoran ini disebabkan massa tanah bergerak terdorong oleh air dan terjadi pada sepanjang lembah yang mana mencapai ratusan meter jauhnya. Untuk kecepatannya tergantung dengan tingkat kemiringan lereng volume air dan jenis materialnya.

Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Ada beberapa yang menjadi penyebab terjadinya tanah longsor, diantaranya sebagai berikut :

  1. Erosi : disebabkan oleh berbagai sungai atau berupa gelombang laut sehingga menciptakan lereng-lereng curam.
  2. Hujan lebat : yang menyebabkan kekuatan lereng menjadi melemah
  3. Gempa Bumi : menciptakan suatu tekanan sehingga menyebabkan longsornya lereng-lereng yang lemah.
  4. Penebangan pohon secara liar dan penambangan barang tambang berlebihan : yang menjadikan ketidakseimbangan pada lereng
  5. Berat berlebihan pada lereng : biasanya banyak di bangun perumahan di atas lereng gunung

Cara Pencagahan Tanah Longsor

Beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mencegah tanah longsor adalah sebagai berikut :

  • Membuat Terasering.
  • Jangan membuka lahan pesawahan atau membuat kolam air pada bagian atas lereng yang dekat dengan pemukiman penduduk.
  • Usahakan menutup bagian retakan tanah secepatnya dan di padatkan, agar air tidak masuk ke dalam tanah lewat retakan tersebut.
  • Jangan melakukan penerbangan pohon secara liar.
  • Jangan menggali tanah pada bagian bawah lereng yang terjal.
  • Jangan membangun rumah pada arean bawah tebing atau tepi sungai yang rawan erosi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pengertian, Jenis dan Penyebab Tanah Longsor Serta Cara Pencegahannya. Dengan membaca uraian di atas anda tentu dapat mengerti yang menjadi penyebab tanah longsor serta cara mengatasinya, hal tersebut di lakukan untuk menghindari bencana tanah longsor khususnya pada daerah pemukiman penduduk agar tidak terjadi lagi berupa bencana tanah longsor. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

Tanah Longsor : Pengertian, Jenis dan Penyebab Serta Cara Pencegahannya | saranailmu | 4.5
Shares