Pengertian Stratifikasi Sosial – Jenis Dan Fungsinya Lengkap

58 sec read

Pengertian Stratifikasi Sosial – Jenis Dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Stratifikasi Sosial – Adalah pengelompokkan anggota masyarakat dalam sebuah lapisan sosial secara bertingkat. Pengertian lainnya yaitu suatu pengelompokkan anggota masyarakat berdasarkan status yang dimiliki.

Stratifikasi sosial atau pelapisan sosial telah dikenal ketika manusia menjalankan kehidupan. Terbentuknya stratifikasi sosial yaitu dari hasil kebiasaan manusia seperti misalnya berkomunikasi, berhubungan atau juga bersosialisasi dengan satu sama lainnya secara teratur atau juga tersusun. Baik secara individu/kelompok. Namun apapun wujudnya dalam kehidupan bersama, juga membutuhkan penataan dan organisasi, dalam rangka penataan kehidupan yang akhirnya terbentuk sedikit demi sedikit stratifikasi sosial.

Jenis-Jenis Stratifikasi Sosial

1. Stratifikasi sosial tertutup atau pelapisan sosial tertutup

Stratifikasi tertutup adalah stratifikasi yang dimana setiap anggota masyarakatnya tak bisa dipindah ke tingkat sosial yang lebih tinggi, atau ke tingkat sosial yang lebih rendah.

2. Stratifikasi sosial terbuka atau pelapisan sosial terbuka

Stratifikasi terbuka adalah sistem stratifikasi yang dimana setiap anggota masyarakatnya bisa berpindah dari satu tingkatan ke tingkatan yang lainnya.

Fungsi Stratifikasi Sosial

  1. Sebagai alat pendistribusian hak dan kewajiban seperti menentukan kedudukan, jabatan, penghasilan seseorang dan yang lainnya.
  2. Menyatukan dengan pola mengkoordinasikan pada bagian yang terdapat di sebuah struktur sosial yang gunanya untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.
  3. Sebagai penempatan individu atau seseorang pada strata/lapisan tertentu di struktur sosial.
  4. Sebagai penentu tingkatan yang mudah atau tak bertukar status kedudukan dalam struktur sosial.
  5. Agar dapat memecahkan segala macam masalah di masyarakat.
  6. Untuk mendorong masyarakat supaya bergerak sesuai dengan fungsinya.

Itulah Pengertian Stratifikasi Sosial yang dilengkapi dengan jenis dan fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda.

Baca Juga :   Pengertian Kondusif dan Contohnya Dalam Sosiologi Dan Pembelajarannya Lengkap

Baca Juga :