Pengertian Strategi Pembelajaran – Fungsi, Tujuan, Dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Strategi Pembelajaran – Fungsi, Tujuan, Dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Strategi Pembelajaran – Strategi pembelajaran berasal dari bahasa latin yaitu “Strategia” yang artinya seni penggunaan rencana dalam meraih suatu tujuan. Awal mulanya istilah itu sering dipakai di dunia militer, namun sekarang sudah sering digunakan di beragam bidang termasuk pembelajaran.

Pengertian Strategi Pembelajaran

Definisi strategi pembelajaran ini yaitu sebuah perencanaan yang mengandung rangkaian yang dibentuk dalam tindakan atau rangkaian kegiatan, yang dirancang demi meraih tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran adalah rencana, metode serta perangkat aktivitas yang terencana dalam meraih tujuan pembelajaran.

Definisi lainnya yaitu suatu rencana rangkaian kegiatan yang dalam pemakaian metode serta penggunaannya, pada seluruh sumber daya atau kekuatan demi adanya pembelajaran yang disusun dalam meraih tujuan tertentu.

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

  1. Pengertian strategi pembelajaran menurut Reigeluth, Bunderson dan Meril (1977) adalah strategi dalam mengorganisasikan isi pelajaran, yang disebut dengan struktural strategi yang mengacu pada cara membuat urutan serta mensistesi fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang berkaitan.
  2. Pengertian strategi pembelajaran menurut Gerlach dan Ely (1980) adalah suatu cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pembelajaran, di dalam lingkungan pembelajaran tertentu yang terdiri dari sifat, lingkup serta urutan kegiatan yang bisa memberi pengalaman belajar pada siswa.
  3. Pengertian strategi pembelajaran menurut Frelberg dan Driscoll (1992) adalah untuk mencapai beragam tujuan, dalam memberi materi pelajaran di berbagai tingkatan untuk siswa yang berbeda pada konteks yang juga berbeda.
  4. Pengertian strategi pembelajaran menurut Dick dan Carey (1985) adalah set materi serta prosedur pembelajaran yang dipakai bersama dalam menimbulkan hasil belajar pada siswa.
  5. Pengertian strategi pembelajaran menurut Kemp adalah kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan oleh guru dan siswa supaya tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan efektif serta efisien.
Baca Juga :   Pengertian Pendekatan: Macam Macam, Strategi, dan Metodenya Lengkap

Fungsi, Tujuan Strategi Pembelajaran

Fungsi dan tujuan dari strategi pembelajaran antara lain:

  • Memberikan isi pembelajaran kepada pembelajar.
  • Menyajikan informasi atau bahan-bahan yang dibutuhkan dalam belajar untuk menunjukkan unjuk kerja.

Jenis-jenis Strategi Pembelajaran

Berikut ini beberapa jenis strategi pembelajaran :

  • Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Adalah jenis strategi pembelajaran dengan kadar mempunyai pusat pada guru yang paling tinggi, tapi strategi itu sering juga dipakai. Contohnya yaitu Suatu ceramah, pertanyaan dedaktik, pengajaran eksplisit dan latihan, dan juga demonstrasi.

  • Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (Indirect Instruction)

Adalah jenis strategi pembelajaran yang menggambarkan adanya bentuk yang terlibat pada siswa yang paling tinggi, karena guru berperan sebagai penyelidikan, penggambaran inferensi data dan pembentukan hipotesis.

  • Strategi Pembelajaran Interaktif (Interactive Instruction)

Adalah jenis strategi pembelajaran yang mengarah pada bentuk diskusi serta saling berbagi diantara siswa.

  • Strategi Pembelajaran Melalui Pengalaman

Strategi pembelajaran dengan cara pengalaman adalah strategi pembelajaran yang memaknai sekuens induktif yang mengarah pada pusat siswa serta orientasinya di suatu kegiatan.

  • Strategi Pembelajaran Mandiri

Belajar mandiri merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun adanya inisiatif perorangan, kemandirian dan peningkatan diri.

Itulah pengertian strategi pembelajaran yang dilengkapi dengan fungsi, tujuan dan juga jenisnya. Semoga artikel ini dapat dipahami dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda. Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :