Strategi Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contohnya

Posted on
Strategi Pemasaran : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contohnya
5 (100%) 1 vote

Jenis strategi pemasaran bukan hanya ada satu macam saja. Strategi pemasaran adalah sebuah cara perusahaan dalam mencapai tujuan, dikarenakan potensi untuk menjual proposisi yang terbatas dengan jumlah orang yang tahu hal tersebut. Jenis strategi pemasaran juga banyak sekali. sebelum membahas tentang jenis strategi pemasaran, anda harus tahu dulu tentang pengertian strategi pemasaran.

Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contohnya

Pada umumnya, strategi pemasaran merupakan upaya memasarkan produk ataupun jasa dengan pola rencana serta taktik jitu supaya bisa berhasil menjual produk lebih banyak lagi.

PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

1.Philip Kotler

Yang pertama pengertian strategi pemasaran sesuai pendapat Philip Kotler yakni cara ketika fungsi pemasaran mengadakan kegiatannya untuk mencapai perkembangan yang menguntungkan pada penjualan di level marketing mix.

2. Paul dan Guiltinan

Paul dan Guiltinan juga menyatakan jika pengertian strategi pemasaran ialah sebuah pola pikir untuk mengembangkan sebuah perusahaan. Cara yang akan digunakan adalah dengan mengintegrasikan sejumlah unsur pemasaran contohnya bauran marketing, sasaran, segmentasi pasar, posisi maupun lainnya.

3. Tjiptono

Menurut Tjiptono Pengertian strategi pemasaran ialah sebuah alat yang telah dirancang & direncanakan dengan fundamental. Hal tersebut dilakukan sebagai usaha perusahaan guna melakukan pengembangan keunggulan dan bersaing lewat program khusus untuk melayani pasar yang berkesinambungan.

4. Michael Baker

Menurut pendapat Michael Baker, pengertian strategi pemasaran ialah tujuan dasar menambah penjualan dan mencapai keutamaan kompetitif secara berkelanjutan.

5. Christian Homburg

Menurut cristian Homburg pengertian strategi pemasaran ialah seluruh upaya baik dalam jangka pendek atau jangka panjang dalam bidang pemasaran. Hal tersebut berkaitan erat dengan analisis kondisi awal strategis perusahaan. Umumnya strategi tersebut akan dimulai dari pembuatan perumusan, evaluasi serta pemilihan strategi yang berkontribusi untuk tujuan perusahaan.

6. David Aaker

Menurut David Asker pengertian strategi pemasaran ialah suatu proses yang dimulai adanya memindai lingkungan bisnis, internal atau eksternal. Hal ini dilakukan serta dibutuhkan untuk memahami banyaknya aspek lingkungan eksternal yang bertujuan supaya bisa bersaing pada fokus perhatian seperti aspek teknologi, hukum, ekonomi, budaya serta politik.

7. Hausman dan Associates

Menurut Hausman dan Associates pengertian strategi pemasaran ialah desain pemasaran dalam jangka panjang dalam mengoptimalkan penjualan dengan cara memberi pelanggan kepuasan.
Tujuan Strategi Pemasaran

Dalam strategi pemasaran memiliki tujuan diantaranya:

  • Bertujuan peningkatan kualitas koordinasi pada tim pemasaran.
  • Bertujuan mengukur hasil pemasaran sesuai dengan standart prestasi.
  • Bertujuan memberi dasar yang logis untuk setiap pengambilan keputusan.
  • Bertujuan meningkatkan kemampuan beradaptasi bila terjadi perubahan di pemasaran.
Baca Juga :   Pengertian Planet, Ciri-Ciri Dan Macam-Macamnya

FUNGSI STRATEGI PEMASARAN

Sementara manfaat atau fungsi dari strategi pemasaran adalah Meningkatkan Motivasi Berpikir Jauh Ke Depan Dengan strategi pemasaran, maka manajemen perusahaan akan berfikir out of the box. Itu sangat dianjurkan dalam menjaga ritme maupun kelangsungan perusahaan. Upayakan tidak terus ikut ritme pasar, namun sesekali coba untuk menggebrak pasar dengan hal baru.

Koordinasi Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Terarah

Adanya strategi pemasaran juga bisa berfungsi dalam mengatur arah maupun jalannya perusahaan agar membuat tim koordinasi tersebut jauh lebih baik serta lebih terarah.

Merumuskan Tujuan Perusahaan Yang Akan Dicapai

Dengan adanya strategi pemasaran, pengusaha akan terbantu dalam merancang tujuan yang akan dicapai oleh perusahaan, tujuan jangka panjang atau tujuan jangka pendek.

Pengawasan Kegiatan Pemasaran Menjadi Lebih Efektif Karena Standard Prestasi Kerja Yang Bagus

Pengawasan aktivitas anggota tim juga harus diperhatikan dengan baik supaya mutu dan kualitas menjadi meningkat.

JENIS STRATEGI PEMASARAN

Assauri (2008 : 163) telah menyatakan jika ada 3 strategi pemasaran untuk perusahaan diantaranya Strategi pemasaran yang tak membeda-bedakan pasar atau Undifferentiated marketing, kemudian strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar atau Differentiated marketing ketiga ada strategi pemasaran terkonsentrasi atau Concentrated Marketing.

Strategi Pemasaran Yang Tidak Membeda-Bedakan Pasar (Undifferentiated Marketing)

Pada jenis strategi pemasaran tersebut menganggap pasar menjadi keseluruhan, sehingga perusahaan cuma memperhatikan keperluan secara umum saja. Sementara produk yang dihasilkan ataupun yang dipasarkan umumnya hanya satu produk dan berusaha untuk menarik konsumen menggunakan satu rencana pemasaran.

Strategi Pemasaran Yang Membeda-Bedakan Pasar (Differentiated Marketing)

Jenis strategi pemasaran kedua ini melayani keperluan beberapa kelompok tertentu menggunakan satu macam produk tertentu juga. Sehingga produsen ataupun perusahaan akan menghasilkan produk yang tidak sama, sesuai pada segmen pasar. Artinya, produsen dan juga perusahaan menawarkan beberapa variasi produk sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan kelompok konsumen yang beda dengan sistem pemasaran khusus. Dengan ini diharapkan agar tigkat keberhasilan penjualan setiap segmen bisa tercapai.

Tujuan Pemasaran

Tujuan pemasaran tersebut adalah untuk menambah kepercayaan dari kelompok konsumen untuk produk yang bervariasi berdasarkan keperluan serta keinginan konsumennya.

Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing)

Selanjutnya adalah strategi pemasaran yang mengkhususkan pemasaran produk menjadi beberapa segmen pasar yang pertimbangankan dari keterbatasan sumberdaya yang ada dalam perusahaan.

Keuntungan dari strategi ini ialah perusahaan akan memperoleh posisi yang kuat dalam segmen pasar yang telah dipilih. Dikarenakan perusahaan lebih fokus dan mempunyai pengalaman lebih baik untuk melakukan pendekatan dalam memenuhi kebutuhan maupun keinginan konsumennya.

Kelemahan dari strategi ini ialah produsen harus waspada dengan risiko besar bila cuma tergantung oleh satu ataupun beberapa segmen pasar tertentu saja. Karena dikhawatirkan telah terjadi perubahan keperluan konsumen ataupun meningkatnya kemampuan perusahaan lain sebagai pesaing menjadi lebih baik.

Itulah pembahasan tentang jenis strategi pemasaran dan penjelasan lengkap tentang strategi pemasaran. Semoga bermanfaat.

Baca juga: