Pengertian Spreadsheet dan Fungsi serta Software untuk Membukanya

Posted on
Pengertian Spreadsheet dan Fungsi serta Software untuk Membukanya
5 (100%) 1 vote

Pengertian Spreadsheet adalah sebuah dokumen yang menyimpan berupa data di dalam baris (Row) baik itu horizontal maupun Vertikal (columns). Di bagian baris biasanya akan di beri petunjuk berupa label dengan menggunakan nomor seperti 1,2,3 dan seterusnya sedangkan pada bagian kolom akan di beri label menggunakan abzad di mulai dari huruf A hingga Z dan seterusnya berguna untuk memudahkan pengguna dalam pembacaan atau peletakan dari data yang ada di dalamnya.

Pengertian Spreadsheet, Fungsi dan Contohnya

Didalam Spreadsheet sendiri terdapat lokasi baris dan kolom individu contohnya C1 atau D17 yang disebut juga sel (cell). Guna memasukan data ke dalam spreadsheet, seperti yang di katakana di atas akan lebih tertata, tersruktur di bandingkan dengan menggunakan pengolah data teks biasa. Selain itu struktur di kolom atau row memungkinkan pengguna data melakukan analisis dan perhitungan dapat menggunakan Formula (Rumus).

Untuk lebih jelasnya mengenai Spreadsheet anda bisa melihat dari segi fungsinya, silahkan anda baca penjelasan dibawah ini :

Fungsi Spreadsheet

Dengan membaca penjelasan di atas, dimana spreadsheet memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai Informasi yang sangat lengkap, pada setiap kolomnya bisa menyimpan berbagai data informasi yang berbeda dari Informasi yang di perlukan.

Contohnya saja ingin mengetahui informasi Mahasiswa yang mana di dalamnya terdapat berbagai Informasi yang kita perlukan seperti Nama lengkap, Nomor Telpon, NPM, Alamat, Prodi, Jurusan dan lainnya. Karena memang fungsi dari spreadsheet ini di buat untuk menganalisis suatu data secara terperinsi atau detail dengan sangat mudah dan cepat.

Contoh lainnya misalkan anda ingin menganalisis seorang mahasiswa dengan jurusan Manajemen, kemudian anda ingin menghitung jumlah SKS atau ingin mengetahui informasi lengkap lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Tabel, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Dengan banyaknya keunggulan/kelebihan dari spreadsheet ini terkadang tidak sedikit orang mengatakan hampir sama dengan database. Yang membedakannya hanya spreadsheet ini lebih simple di bandingkan dengan database, khususnya sebagai pengolah data. Dari fungsinya tersebut banyak yang menggunakan aplikasi spreadsheet untuk membuat berbagai macam laporan bahkan yang rumit sekalipun seperti Laporan Keuangan, Finance dan lainnya.

Daftar Aplikasi Spreadsheet

Karena kemudahana dalam penggunaannya dalam mengolah data banyak orang diseluruh dunia mengenal dengan spreadsheet seperti Aplikasi yang popular hingga sekarang yakni Microsoft Excel, padahal ada banyak sekali Aplikasi lainnya sebagai pesaing excel dan gratis. Untuk penggunaanya pun tidak jauh berbeda daripada Microsoft Excel baik dari segi fitur dan cara kerjanya, namun yang menjadikan orang-orang lebih memilih menggunakan Microsoft Excel adalah karan kebiasaan sehingga menjadi sulit untuk berpindah menggunakan Aplikasi lainnya. Ada beberapa Aplikasi spreadsheet atau pengolah data di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Microsoft Excel (offline)
  2. Apache OpenOffice Calc (offline)
  3. LibreOffice Calc (offline)
  4. Google Sheets (offline & online)
  5. Zoho Sheets (offline)

Itulah yang hanya dapat saja jelaskan mengenai Pengertian Spreadsheet, Fungsi dan Contohnya, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Terima Kasih

Baca Juga :