Sosialisasi Politik – Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Sarananya

2 min read

Pengertian Sosialisasi Politik – Fungsi, Jenis Dan Sarananya Lengkap

Sosialisasi Politik – Adalah komponen utama dari sebuah sistem politik karena dengan adanya sosialisasi politik maka seorang individu bisa mempelajari politik dengan baik, disadari atau tidak oleh masing-masing individu itu. Sosialisasi politik juga bersifat laten dan manifes. Sosialiasai politik laten ini berproses langsung dalam transmisi informasi, nilai atau perasaan pada peran, input dan output sistem sosial (misalnya keluarga) yang menjadi pengaruh sikap terhadap peran, input, dan output sistem politik.

Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik manifes berlangsung dalam bentuk informasi, nilai, atau perasaan kepada peran, input dan output sistem politik.

Fungsi Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik menjalankan fungsi antara lain yaitu :

  • Membentuk dan mentransmisikan kebudayaan politk sebuah bangsa.
  • Memelihara kebudayaan politik suatu bangsa
  • Mengubah kebudayaan politik suatu bangsa

Jenis-Jenis Sosialisasi Politik

  • Pendidikan Politik

Adalah proses dialogis yang bertujuan agar anggota masyarakat mengetahui serta mempelajari nilai, norma dan simbol politik negaranya. Hal itu bisa dijalankan dengan melalui aktivitas kursus, latihan kepemimpinan, diskusi atau keikutsertaan dalam pertemuan formal ataupun informal.

  • Indoktrinasi Politik

Adalah proses sosialisasi yang dijalankan untuk memobilisasi serta memanipulasi masyarakat agar menerima nilai, norma dan simbol politik. Hal itu sering dilakukan secara satu arah dengan memanfaatkan pemaksaan psikologis.

Sarana Sosialisasi Politik

Gabriel A. Almond (2000) menyatakan bahwa sosialisasi politik dapat membentuk serta menstransmisikan kebudayaan politik di sebuah bangsa. Sosialisasi politik juga dapat memelihara kebudayaan politik suatu bangsa, dalam bentuk penyampaian kebudayaan tersebut dari generasi tua ke generasi muda dan mengubah kebudayaan politik.

Untuk bisa melakukan transmisi pandangan, nilai, sikap dan kebudayaan politik diperlukan sarana atau agen sosialisasi politik. Ada enam sarana sosialisasi politik antara lain yaitu :

Baca Juga :   Koordinasi – Pengertian, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dan Dampaknya Lengkap

Keluarga

Keluarga adalah agen atau sarana pertama dalam membentuk nilai-nilai politik pada seorang individu.

Sekolah

Sekolah memberi pengetahuan pada kaum yang mudah tentang dunia politik serta peranan mereka di dalamnya. dan memberi pandangan yang lebih konkrit tentang lembaga serta hubungan politik.

Kelompok Pergaulan

Kelompok ini bisa berbentuk kelompok bermain, kelompok bersahabat, dan kelompok kerja. Dengan kelompok pergaulan orang yang dapat belajar tentang penyesuaian diri pada sikap atau perbuatan yang dianut oleh kelompok tersebut.

Lingkungan Kerja

Khususnya di beberapa organisasi formal atau non formal yang dibuat atas dasar pekerjaan contohnya serikat kerja, serikat buruh dan sejenisnya. Organisasi ini biasanya menjadi acuan individu di kehidupan berpolitik.

Media Massa

Dengan bantuan media massa masyarakat dapat memperoleh pengetahuan serta informasi politik. Dan media massa merupakan sarana yang sangat baik, dalam membentuk sikap serta keyakinan politik warga masyarakat.

Kontak Politik Langsung

Hal itu adalah pengalaman langsung/nyata seseorang dalam kehidupan berpolitik. Hal itu mempunyai pengaruh yang kuat di orientasi politik seseorang. Pandangan pada sistem politik yang telah ditanamkan oleh  keluarga, sekolah, kelompok pergaulan, tempat kerja, dan media massa bisa berubah karena pengalaman yang nyata seseorang dalam kehidupan politik.

Poin Penting Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik adalah proses dalam memasyarakatkan nilai atau budaya politik dalam sebuah masyarakat di sebuah negara. Poin penting dalam sosialisasi politik diantaranya yaitu :

  • Sosialisasi politik adalah proses belajar dari pengalaman.
  • Sosialisasi politik adalah prakondisi untuk kegiatan sosial politik.
  • Sosialisasi politik berlangsung tidak hanya di usia dini dan remaja, namun terus berlanjut sepanjang kehidupan.
  • Sosialisasi politik memberikan hasil belajar yang dalam bentuk informasi, pengetahuan, sikap, motif, nilai-nilai yang tidak hanya berhubungan dengan individu namun juga dengan kelompok.

Sekian penjelasan tentang sosialisasi politik yang disertai dengan fungsi, jenis dan juga sarananya lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :