Pengertian Sinopsis Dan Cara Membuatnya Secara Lengkap

Posted on
Pengertian Sinopsis Dan Cara Membuatnya Secara Lengkap
5 (100%) 1 vote

Sinopsis adalah suatu bentuk pemendekan karya tulis, khususnya novel. Umumnya sinopsis dianggap suatu ringkasan naskah, tapi beda dengan blurb (yang merupakan ringkasan isi buku yang terdapat di belakang cover). Karena sinopsis justru menggambarkan dengan detail isi naskah mulai dari awal hingga akhir. Pada synopsis sendiri, keindahan gaya bahasa, dialog dan ilustrasi juga dihilangkan.

Pengertian Sinopsis dan Cara Membuat Sinopsis

Pengertian Sinopsis Menurut Para Ahli.

Menurut pendapat Dr. Gorys keraf, pengertian sinopsis menurut bahasa, dengan kelahiran Nusa Tenggara Timur, ialah summary ataupun ringkasan maupun precis yang sangat efektif guna menyajikan sebuah karangan yang panjang jadi lebih pendek lagi.

Sementara pengertian sinopsis berdasarkan kamus besar bahasa indonesia, yang dimaksud dengan sinopsis ialah karangan ilmiah yang umumnya digunakan secara bersamaan beserta karangan asli sebagai dasar sinopsis tersebut. Pengertian sinopsis menurut garis besar adalah ringkasan, abstraksi, ataupun ikhtisar karangan.

Fungsi Sinopsis

Fungsi Sinopsis adalah untuk memberikan hasil karya tulis yang sebelumnya panjang menjadi bentuk lebih singkat. Umumnya sinopsis akan diserahkan untuk penerbit sebagai sebuah proposal pertimbangan, apa naskah tersebut menarik maupun layak untuk diterbitkan. Sebab pihak yang akan menerbitkan novel tersebut tak ingin menghabiskan waktu lama-lama membaca semua isi naskah novel tersebut.
Sinopsis berfungsi pula sebagai prolog ataupun epilog sebuah naskah. Bahkan sinopsis juga dapat digunakan untuk draft penulis guna melakukan improvisasi bila dirasa naskah yang ditulis masih kurang bagus.

Ciri-Ciri Sinopsis

Panjang sinopsis biasanya sekitar 3-10 halaman. Sedangkan alur ceritanya juga harus ditulis secara berurutan sesuai alur cerita yang aslinya. Pemakaian bahasa umumnya lebih membujuk pada pembacanya agar lebih tertarik membaca. Bentuk ajakannya juga lebih halus kata katanya.

Sinopsis tak bertujuan membuat penasaran para pembacanya. Justru sebaliknya, karya tulis ini harus menggambarkan kejelasan dari alur cerita tanpa terdapat cerita yang perlu ditutupi. Kemasannya juga sangat menarik, dan tidak dibuat untuk penasaran. Jadi, tak mungkin juga sinopsis dibuat dengan cara memotong sebagian dari alur sebuah cerita. Adapun konflik yang terjadi pada naskah tersebut justru harus digambarkan secara gamblang pada synopsis yang dibuat.

Langkah-Langkah Membuat Sinopsis

Sebelum anda membuat synopsis, ketahui dulu apa saja langkah langkah untuk membuat synopsis.

Baca Juga :   Pengertian Resensi Buku dan Tujuannya

1. MEMBUAT GARIS BESAR SINOPSIS

  • Langkah pertama penulis harus mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana akhir dari cerita yang ditulis. Karena pada sinopsis harus terdapat penyelesaian cerita.
  • Harus membuat daftar dari karakter utama pada cerita yang ditulis. Jadi, hanya karakter-karakter penting yang harus anda sebutkan pada synopsis yang dibuat.
  • Didalamnya mengulas alur utama dan konflik utama didalam naskah tersebut.
  • Ditemukan keunikan ataupun kelangkaan pada alur cerita yang merupakan daya tarik naskah yang ditulis.

2. MERANCANG SINOPSIS

  • Sekarang mulailah untuk menulis sinopsis. Anda juga harus selalu menggunakan sudut pandang dari orang ketiga.
  • Anda harus memperkenalkan karakter-karakter utama pada awal paragraph. Anda juga harus menyebutkan karakter-karakter pada naskah memakai nama tanpa pakai kata ganti.
  • Ceritakanlah konflik yang menjadi pembukaan alur cerita novel tersebut.
  • Menjelaskan konflik utama dengan mengalir menurut kronologi ceritanya.
  • Tampilkan satu per satu karakter masing masing tokoh dan beritahukan bagaimana hubungan atau kaitannya terhadap karakter utamanya.
  • Tampilkan perkembangan karakter masing masing tokoh disertai watak dan juga emosinya pada setiap alur cerita.
  • Anda harus mengakhiri sinopsis dengan cara menulis penyelesaian konflik cerita novel tersebut. Jangan menuliskan sinopsis tanpa anda sampaikan akhir dari ceritanya. Karena tujuan dari sinopsis bukanlah untuk membuat penasaran para pembacanya.

3. MENYUNTING SINOPSIS

Langkah selanjutnya adalah menyusun sinopsis berdasarkan dengan format yang sudah ditentukan oleh penerbit bila diminta. Pihak penerbit biasanya mempunyai format standar yang digunakan oleh penulis. Bila tak ada format yang khusus, maka anda bisa selalu membuat sinopsis menggunakan pengaturan line spacing 1,5 pt.
Baca keseluruhan sinopsis menggunakan sudut pandang dari para pembacanya (bukan dari sudut pandang anda sendiri sebagai seorang penulis).

Telitilah kembali secara detail kata yang kemungkinan anda salah mengetiknya.
Minta seseorang agar membaca sinopsis yang telah anda selesaikan guna menemukan sudut pandang yang lain ataupun bahkan menemukan kekurangan penulisan synopsis yang anda tulis.

Sebaiknya anda menggunakan jasa penyunting yang lebih profesional guna menghindari kesalahan ketik, sekaligus untuk memperbaiki gaya tulisan yang masih kurang sempurna dari sudut pandang penerbit.
Itulah penjelasan tentang sinopsis. Jadi, sinopsis adalah hasil karya ilmiah yang menjadi ringkasan sebuah novel. Semoga bermanfaat.

Baca juga: