Pengertian Sinar Gamma : Sumber, Manfaat dan Bahayanya Bagi Kehidupan

Posted on

Pengertian Sinar Gamma : Sumber, Manfaat dan Bahayanya Bagi Kehidupan

Sinar gamma – merupakan bentuk dari radiasi mengionisasi, mereka akan lebih menembus dari radiasi alfa maupun beta. Kali ini akan kami jelaskan mengenai sinar gamma. Yakni mencakup pengertian sinar gamma, sumber sinar gamma, lalu manfaat sinar gamma dan juga bahaya sinar gamma bagi kehidupan.

Pengertian Sinar Gamma

Pengertian dari sinar gamma ialah sebuah gelombang elektromagnetik yang kerap berlambangkan huruf y. Di dalam spektrumnya terletak di tingkatan menggunaka freekuensi sangat besar yaitu 1020 Hz hingga dengan 1025 Hz maupun dengan panjang gelombang sangat pendek yaitu 10 – 17 m hingga 10 -12 m.
Dengan begitu kata sinar gamma ini adalah sebuah bentuk energi radiasi elektromagnetik yang produksinya dari radio aktivitas maupun proses nuklir dan subatomik yang lain penghancuran elektronn – positron.

Sumber Sinar Gamma

Terjadinya sinar gamma sebab ada proses nuklir maupun subatomik yang lain seperti penghancuran elektron – positron. Sinar gamma tidak bisa dijumpai dalam sembarang tempat sebab hanya bisa dialami akibat proses nuklir maupun subatomik yang lain. Sinar ini bisa terbentuk saat :

  1. Ledakan bintang maupun supernova
  2. Ledakan bom nuklir
  3. Bintang yang di lubang hitam
  4. Terapi siar gamma
  5. Gelembung energi di pusat galaksi bima sakti
  6. Bahan radioaktif

Manfaat Sinar Gamma

Sinar gamma memiliki mafaat banyak bagi kehidupan manusia. Adapun manfaat dari sinar gamma ini diantaranya :

1. Menyembuhkan kanker, tumor, dan sejumlah kelainan lain

Sinar gamma dapat dipakai guna membunuh sel kanker serta tumor dan kalinan lain pula yang dikenal dengan sebutan gamma knife. Gamma knife ialah sebuah metode terapi sinar gamma yang bermanfaat untuk mengobati tumor dan sejumlah kelainan lain dalam otak dengan tidka membuka tulang tengkorak. Radiasi sinar gamma tersebut digunakan untuk menghancurkan sejumlah sel yang sakit sedangkan menjaga sel lainnya yang masih dirasa sehat. Serangkaian sinar gamma, akan dipancarkan dengan langsung untuk sel yang terserang kanker guna dibunuh maupun dimusnahkan.

2. Membunuh bakteri

Sinar gamma merupakan gelombang elektromagnetik yang mempunyai energi tinggi yang bisa membunuh bakteri, jadi sering dipakai guna menstabilkan makanan, minuman serta peralatan dokter saat akan menajalani operasi. Penggunaan sinar gamma guna membunuh organisme yang dikenal namanya irradiation. Dosis sinar gamma yang dimanfaatkan ini pun tidak merusak sel makanan, jadi gizi makanan tidak jadi berkurang. Makanan jadi tahan lama sebab tidak terdapat bakteri yang merusak makanan serta pastinya rasa makanan tidak akan berubah maupun masih sama dengan yang rasa aslinya. Makanan hasil dari radiasi tersebut tidak berbahaya bagi kesehata manusia.

Baca Juga :   Desain: Pengertian, jenis jenis, Prinsip Prinsip, Metode, Proses dan Manfaat Terlengkap

3. Pembentukan bibit unggul tanaman

Pembentukan bibit unggul dalam tanaman bisa dijalankan dengan cara memanfaatan radiasi gelombang elektromaknetik sinar gamma, seperti pada pembentukan bibit unggul dalam tumbuhan padi. Bibit padi yang kalian ingin dibuat bibit unggul diberi radiasi menggunakan dosis bervariasi, dari dosisi sangat kecil yang tanpa membawa pengaruh hingga dengan dosis paling rendah yang mematikan. Biji yang sudah diradiasi ini lalu disemaikan serta ditanaman mengkelompok menurut ukuran dosis radiasnya. Sinar gamma tersebut bisa memicu terjadinya mutasi dalam sebuah tanaman. Dari proses inilah harapannya dapat dihasilkan tanaman menggunakan sifat sifat yang akan menguntungkan, mislanya dalam tanaman padi yang lebih tanah pada hama serta mempunyai tunas dengan lebih banyak.

4. Pelacakan kebocoran pipa di bawah tanah

Dengan memakai ilmu fisika ini terutama pada gelombang elektromaknetik dari sinar gamma maka kita dapat mendeteksi kebocoran pada sebuah pipa yang di tanam bawah tanah. Sebuah zat yang bisa memncarkan sinar gamma akan dilarutkan dalam air serta dialirkan dalam pupa bawah tanah. Lalu permukaan tanah di atas pipa memeriksanya menggunakan geiger counter. Intensitas radiasi berlebih mengilustrasikan adanya kebocoran dalam pipa itu.

Manfaat Lain Sinar Gamma

Manfaat lain pada sinar gamma diantaranya untuk :

  1. Mengetahui struktur logam
  2. Membuat radio isotop

Bahaya Sinar Gamma

Selain memiliki manfaat, sinar gamma pun memiliki kekurangan maupun kerugian guna kehidupan diantaranya :

1. Merusak satelit serta atmosfir

Sinar gamma berasal dari luar angkasa yang bisa merusak satelit serta atmosfir. Hal ini dapat dialami sebab sinar gamma memiliki energi yang paling kuat. Meskipun demikian, menurut para ilmuan semburan sinar gamma tersebut jarang dialami yakni kurang lebih 10.000 – 1.000.000 tahun sekali, serta pernah mengalami di abad ke-8.

2. Menyebabkan kematian paling besar bila mengalami perang nuklir

Dalam ledakan senjata nuklir akan banyak materi radioaktif yang terbuat. Akan tetapi, sinar gamma pada fallout nuklir memungkinkan membuat beberapa kematian pada pemanfaatan senjata nuklir pada sebuah perang nuklir.
Sinar gamma yang rendaha dalam mengionisasi pada sinar alfa maupun beta. Namun, dalam mengurangi bahaya pada manusia memerlukan perlindungan lebih tebal. Hal ini akan menghasilkan kerusakan dengan mirip sebab sinar X yang mirip dengan terbakar, kanker serta mutasi genetik.

Demikianlah sudah dijelaskan mengenai pengertian sinar gamma, sumber sinar gamma, lalu manfaat sinar gamma dan juga bahaya sinar gamma bagi kehidupan. Sinar gamma ini dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker, tumr serta kelainan yang lain tanpa membuka tengkoraknya. Akan tetapi berhati-hatilah menggunakan sinar ini, sebab ada beberapa bahaya bagi kehidupan kita. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Baca juga: