Pengertian Shalat, Rukun, Syarat Wajib, dan Syarat Sah Shalat

Posted on
Pengertian Shalat, Rukun, Syarat Wajib, dan Syarat Sah Shalat
5 (100%) 1 vote

Pengertian Shalat, Rukun, Syarat Wajib, dan Syarat Sahnya Shalat

Pengertian sholat merupakan suatu ibadah yang didalamnya terdiri atas ucapan dan juga perbuatan yang di awali takbir dan diakhiri salam. Menurut bahasa, pengertian shalat berarti berdoa. Sehingga, pada intinya sholat ialah sebuah kegiatan ibadah yang isinya doa. Didalam sholat juga ada syarat sah sholat atau aturan yang harus di ikuti agar sholatnya sah di mata agama.

Syarat Sah Sholat

Menjalankan ibadah sholat juga harus dilakukan dengan ilmu. Artinya, anda harus tahu tentang syarat wajib sholat. Setiap muslim yang memenuhi syarat sahnya sholat wajib menjalankan ibadah sholat. Syarat wajib sholat diantaranya:

  • Orang tersebut harus beragama islam.
  • Berakal sehat
  • Dewasa atau sudah baligh
  • Telah mengetahui tentang hukum sholat serta tata cara sholat dengan baik.
  • Bersih ataupun suci dari hadats dan najis.
  • Sadar.

Sesudah tahu pengertian sholat serta syarat wajib sholat, anda harus tahu juga syarat sah solat. Dibawah ini beberapa syarat syah sholat untuk dipahami setiap muslim yang menjalankan kewajiban sholat:

  • Sudah masuk waktu sholat.
  • Harus menghadap arah kiblat
  • Suci dari hadas baik hadas kecil maupun besar
  • Harus menutup aurat
  • Mengetahui tentang cara melaksanakan ibadah sholat tersebut.

Rukun salat

Setelah tahu tentang syarat sah sholat, sekarang akan dibahas tentang rukun sholat. Rukun sholat harus di jalankan saat sholat dan harus tertib.

  1. Niat
  2. Berdiri bagi yang mampu.
  3. Selanjutnya membaca takbiratul ikram.
  4. Setiap raka’at membaca surat al fatihah.
  5. Ruku’ secara tuma’ninah.
  6. I’tidal secara tuma’ninah.
  7. Sujud secara tuma’ninah.
  8. Duduk atara dua sujud secara tumaninah
  9. Kemudian duduk tasyahud akhir
  10. Dan membaca sholawat Nabi.
  11. Membaca salam.
  12. Tertib.
Baca Juga :   Pengertian Doa Menurut Agama Islam Beserta Dalilnya Lengkap

Sholat juga bukan hanya sholat wajib saja melainkan juga sholat sunnah. Sholat fardhu atau sholat wajib dijalankan 5 kali waktu dalam sehari dan wajib dikerjakan. Jadi, jika ditinggalkan akan berdosa dan jika dijalankan akan mendapat pahala. Sholat yang dikerjakan sebaiknya juga harus dilakukan dengan khusyu’ agar diterima Allah SWT.
Sedangkan sholat sunnah merupakan sholat yang lebih baik dikerjakan. Jadi, meskipun tidak wajib dikerjakan, namun alangkah baiknya dikerjakan sebagai penambah amal ibadah sebagai bentuk kecintaan terhadap Nabi Muhammad.

Ibadah sholat yang dikerjakan juga memiliki banyak sekali manfaat bagi yang mengerjakan. Baik manfaat di dunia maupun di akhirat. Dengan mengetahui pengertian shalat diatas, diharapkan membuat anda semakin tahu dan mengerti tentang cara solat serta hukum sholat untuk setiap umat muslim. Dengan menjalankan kewajiban sholat, itu berarti anda menjalankan rukun islam yang kedua. Semoga bermanfaat.

Baca juga: