Pengertian Server Dan Pengertian Client Beserta Perbedaanya Lengkap

1 min read

Pengertian Server Dan Pengertian Client Beserta Perbedaanya Lengkap

Pengertian Client – Dalam dunia internet ada banyak sekali yang belum diketahui, karena ada banyak fitur/program baru yang bisa diakses setiap harinya. Web yang diakses ketika menjelajahi internet sangat beragam dan banyak. jenis webnya juga sangat banyak dan terhubung dengan server yang memberi kita akses untuk memasukinya. Dalam server terdapat client yang menjadi bagian dari server web. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Server

Adalah sistem yang ada di dalam komputer, dan bisa menyediakan segala jenis layanan tertentu yang akan ditunjukkan dalam sebuah jaringan komputer. Dalam server juga terdapat sistem operasi yang khusus untuk bisa mengontrol atau bisa memonitor segala akses, dan bisa menjaga sumber daya yang terdapat di dalamnya.

Server juga didukung oleh prosesor yang bersifat scalable dan mempunyai RAM yang kapasitasnya besar. Bahkan server juga memiliki sistem operasi khusus untuk server yang disebut dengan sistem operasi jaringan komputer.

Dalam server juga bisa menjalankan perangkat lunak administrative yang sifatnya bisa mengontrol akses pada jaringan komputer, dan dalam sumber daya yang sudah ada di dalamnya. sumber daya itu seperti berkas/pelacak. Yang juga bisa memberi akses pada stasiun kerja para anggota pada jaringan komputer.

Pengertian Client

Adalah komputer yang ada di dalam jaringan komputer dengan memakai beragam sumber daya dari server. Sehingga client ini adalah pengguna jasa layanan server. Dengan prinsip dari client dan juga server bisa menjadi sebuah sistem yang menjadi aplikasi yang ada pada jaringan komputer, yang saling berkaitan dan terhubung.

Baca Juga :   Lompat Jauh : Pengertian, Sejarah dan Teknik Lompat Jauh Terlengkap

Perbedaan Server Dan Client

Server

Bisa menyediakan segala macam layanan sesuai dengan permintaan client. Permintaan dari client seperti web server yang bisa mengirimkan sebuah halaman web, mail server juga bisa mengirimkan email.

Client

Didahului hubungannya dengan server yang secara umum meminta layanan dari server tersebut. client pada web juga bisa diimplementasikan dalam bentuk browser seperti pada email yang berbentuk mail reader.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Client dan juga server secara lengkap. Semoga dapat dipahami, bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :