Seni Lukis : Pengertian, Teknik, Unsur, Alat dan Bahannya

Seni Lukis : Pengertian, Teknik, Unsur, Alat dan Bahannya
5 (100%) 1 vote

Seni lukis merupakan salah satu cabang ilmu seni rupa, selain itu seni lukis juga merupakan pengembangan utuh dari menggambar. Masih ada banyak pengertian seni lukir menurut para ahli yang perlu diketahui.

Pengertian Seni Lukis, Teknik, Unsur, Alat dan Bahannya

Didalam seni lukis juga ada teknik seni lukis, kemudian unsur unsur dari seni lukis, peralatan dan juga bahan seni lukis, serta aliran-aliran seni lukis maupun tokohnya hingga contoh seni lukis sendiri.

Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

1. Menurut Leo Tolstoy “Sumardjo, 2000:62”

pengertian seni lukis ialah ungkapan perasaan dari pencipta yang disampaikan pada orang lain supaya mereka bisa merasakan apa yang telah dirasakan oleh pelukis.

2. Menurut Sukaryono 1998:7

pengertian seni lukis ialah ungkapan isi hati serta perasaan yang disebut dengan bahasa seniman yang akan dikomunikasikan.

3. Menurut Thomas Munro “Mikke Susanto, 2002:101”

pengertian seni lukis ialah alat buatan manusia guna menimbulkan efek-efek psikologis terhadap manusia lain yang telah melihatnya.

4. Menurut Soedarso SP “Mike Susanto, 2002:101”

pengertian seni lukis ialah Karya manusia yang dapat mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya, dan pengalaman batinnya disajikan dengan indah yang bisa merangsang munculnya pengalaman batin juga pada manusia lainnya yang menghayati karya tersebut.

5. Menurut Soedarso Sp “1990:11”

pengertian lukis ialah cabang seni rupa yang pengungkapannya diwujudkan dengan karya 2 dimensional yang mana unsur-unsur pokok karya 2 dimensional adalah garis dan warna.

6. Menurut Soni Ade & Imam R

pengertian lukis ialah kekuatan peradaban manusia, dan kekuatan budaya, dikarenakan ketika melakukan lukis sesorang akan dilatih jeli, cermat lebih teliti untuk mengamati fenomena alam maupun kehidupannya.

7. Menurut Suyanto “2014”

seorang seniman lukis menyatakan jika seni lukis adalah karya seni rupa dituangkan dalam lukisan hasil ekspresi jiwa seniman.

8. Menurut Herbert Read

pengertian seni lukis ialah kegiatan rohani yang didalamnya merefleksikan pada jasmani, serta memiliki daya yang dapat membangkitkan perasaan atau jiwa.

9. Menurut Myers “1962:156”

pengertian seni lukis ialah nilai-nilai intelektual, simbolis, emosional, religius maupun nilai-nilai subyektif lainnya.

10. Menurut M. Adler

Seni lukis bisa diartikan sebagai suatu hal yang memberi kesenangan.

11. Menurut Aristoteles

seni lukis ialah sesuatu selain baik menyenangkan juga.

12. Menurut Slamet Riyanto

seni lukis ialah salah satu bagian dari ilmu desain grafis.

13. Menurut Jim Supangat

seni lukis ialah suatu upaya untuk menegaskan kembali pengalaman dimasa lalu dalam konteks sekarang.

14. Menurut Noryan Bahari

pengertian seni lukis dari segi bahasa adalah ungkapan pengalaman artistik serta ideologi seseorang.

Baca Juga :   Download Contoh Surat Penawaran Harga yang Benar

15. Menurut Harry Sulastianto

pengertian seni lukis ialah cabang dari seni rupa mumi berwujud 2 dimensi, umumnya dilakukan di atas sebuah kanvas yang menggunakan cat minyak ataupun cat akrilik.

16. Menurut Suwarso Wisetrotomo, Endang Nawang N, dan M Dwi Marianto

pengertian seni lukis ialah sebuah pengabdian berbentuk gambar, dari perjalanan pengalaman hidup seseorang.

17. Menurut Galeria Fasya Art Studio

pengertian lukis ialah cabang ataupun bagian dari sebuah seni rupa yang mana wujud lukis tersebut adalah karya dua dimensi atau “dwi matra”, meskipun mempunyai dasar pengertian yang serupa dengan seni rupa, tapi lukis mempunyai arti yang lebih mendalam karena lukis adalah sebuah pengembangan lebih utuh dibanding sekedar menggambar.

TEKNIK SENI LUKIS

Didalam seni lukis ada banyak teknik yang harus anda ketahui. Beberapa teknik seni lukis seperti yang sudah dijelaskan pada uraian dibawah ini.

1. Teknik Aquarel

Teknik pertama adalah tekni aquarel yang merupakan teknik melukis menggunakan car air atau disebut aquarel yang menggunakan sapuan warna tipis yang membuat hasil lukisan tersebut transparan.

2. Teknik Plakat

Berikutnya ada teknik plakat yakni teknik melukis menggunakan cat air, cat minyak atau cat akrilik, menggunakan sapuan tebal serta komposisi yang tebal yang memberi kesan lebih colorful untuk karya yang dihasilkannya.

3. Teknik Spray

Yang ketiga ada teknik spray yang merupakan teknik melukis menggunakan cara menyemprotkan cat pada media lukisnya. Dengan teknik ini, maka lukisan yang dihasilkan menjadi lebih halus serta tampak lebih visual, misalnya graffiti.

4. Teknik Pointilis

Berikutnya adalah teknik pointilis yakni teknik melukis menggunakan titik-titik dan menghasilkan lukisan sangat menawan. Melukis dengan teknik ini memerlukan kesabaran ekstra. Pelukis juga sering menggunakan gradasi warna pada pengaturan gelap terang di lukisan ini.

5. Teknik Tempera

Selanjutnya ada teknik tempera yakni teknik lukis yang menggunakan kuning telur pada cat untuk perekatnya. Teknik ini umumnya digunakan di media kayu, kanvas, maupun tembok.

6. Teknik Basah

Teknik lainnya adalah teknik basah. Pada teknik ini merupakan tekni melukis menggunakan cara mengencerkan alat lukis cat minyak memakai minyak cat ataupun linseed oil, sesudah diencerkan baru akan di aplikasikan untuk kanvas.

7. Teknik Kering

Ada juga teknik kering yakni teknik melukis menggunakan cat minyak dengan tanpa memakai minyak cat.

8. Teknik Campuran

Teknik melukis campuran adalah teknik melukis dari perpaduan teknik basah dengan teknik kering. Umumnya teknik ini diawali oleh pemakaian teknik kering dulu lalu lanjut dengan teknik basah yang caranya melakukan blok warna sambil menambah intensitas minyak cat perlahan sampai lukisannya jadi.

UNSUR-UNSUR SENI LUKIS

Ada 2 unsur pada seni lukis yakni unsur visual dengan unsur non visual. Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasannya dibawah ini.

Unsur Visual

Unsur visual pada seni lukis diantaranya:

  • Line (garis)
  • (Field) bidang
  • Space (ruang)
  • Color (warna)

Unsur Non Visual

Yang kedua adalah unsur non visual yang terdiri atas:

  • Imajinasi
  • Suatu pandangan hidup serta pengalaman
  • Konsep
  • Suatu sikap estetik maupun aritstik

Alat dan Bahan Seni Lukis

Didalam seni lukis juga menggunakan alat seperti dibawah ini:

  1. Kuas
  2. Alat pembersih kuas
  3. Palet
  4. Pisau palet
  5. Dan Easel (atau penjepit kanvas)
  6. Bahan yang dibutuhkan
  7. Cat/Tinta. Biasanya cat/tinta yang digunakan untuk melukis ialah: Cat air, tinta bak, cat minyak, kemudian cat poster, maupun cat akrilik, dan cat tekstil. Disamping menggunakan tinta dan cat diatas, anda juga bisa memakai pensil warna atau pastel /crayon.
  8. Media lukis. Untuk media yang dimanfaatkan untuk melukis seperti kanvas, kertas, dinding maupun lainnya.

Itulah pembahasan tentang seni lukis yang bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Seni Lukis : Pengertian, Teknik, Unsur, Alat dan Bahannya | penulis oke | 4.5