Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Macam-Macamnya Terlengkap

Posted on
Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Macam-Macamnya Terlengkap
5 (100%) 1 vote

Pengertian senam atau (Gymnastics) merupakan cabang olahraga dengan melibatkan performa gerakan yang memerlukan kekuatan, kecepatan serta keserasian gerakan fisik secara teratur.

Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Senam

Selain itu, senam juga termasuk cabang olahraga dengan latihan tubuh yang sudah terpilih maupun dikonstruk dengan sengaja, sadar maupun terencana tersusun secara sistematis yang tujuannya meningkatkan kesegaran jasmani, menumbuhkan keterampilan dan menanamkan mental spiritual mereka.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Bukan hanya memiliki pengertian diatas, senam juga bisa diartikan menurut para ahli, seperti dibawah ini:

  • Margono (2009:19)
    Pendapat Margono, tentang pengertian senam ialah latihan tubuh yang terpilih maupun diciptakan dengan berencana, tersusun secara sistematis yang bertujuan membentuk serta mengembangkan pribadi dengan harmonis.
  • Sutrisno dan Khafadi (2010:60)
    Senam menurut Sutrisno dan juga Khafadi, ialah setiap latihan fisik yang tersusun secara sistematis yang didalamnya melibatkan gerakan-gerakan yang dipilih dan juga terencana guna mencapai suatu tujuan.
  • Madijono (2010:1)
    Pengertian senam menurut Madijono, ialah sebuah bentuk latihan jasmani secara sistematis, teratur maupun terencana dengan cara melakukan gerakan-gerakan spesifik guna mendapatkan manfaat bagi tubuh.
  • Mahendra (2000:14)
    Pengertian senam Menurut Mahendra, ialah kegiatan utama yang bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik maupun kemampuan gerak atau (motorability).

Sejarah Senam

Sejarah senam diawali dengan bahasa senam sendiri berasal dari istilah Gymnastics berbahasa Inggris ataupun Gymnastiek berbahasa Belanda. Sementara itu, Gymnastics juga merupakan kata serapan berbahasa Yunani yakni Gymnos yang artinya telanjang. Pada bahasa Yunani, kata gymnastics diturunkan dari istilah gymnazein yang artinya berlatih ataupun melatih diri.

Adanya latihan tersebut diperlukan oleh para pemuda bangsa Yunani Kuno (antara tahun 1000 SM sampai tahun 476) agar menjadi warga yang baik berdasarkan cita-cita negara sekaligus menjadikan penduduknya menjadi manusia harmonis.

Di masa itu, gymnos ataupun gymnastics, juga mengandung arti sangat luas. Tak hanya terbatas dalam pengertian yang ada sekarang ini. Kata tersebut menunjukkan dalam sebuah kegiatan olahraga misalnya gulat, atletik maupun bertinju. Semakin berkembnagnya jaman, maka istilah gymnastics juga lebih sopesifik lagi yang disesuaikan dengan keperluan.

Manfaat Senam

Seluruh kegiatan senam maupun kegiatan olahraga ringan lainnya juga bermanfaat dalam menghambat proses degeneratif ataupun penuaan dini. Sehingga, bagi siapa saja yang melakukan kegiatan senam dengan teratur, manfaatnya sangat besar bagi kesegaran jasmani menjadi lebih baik.

Dari beberapa unsur seperti kekuatan otot, kelincahan gerak, kelenturan persendian, keluwesan, neuromuscular fitness dan cardiovascular fitness. Manfaat senam lainnya ialah jumlah osteoblast serta osteoclast menjadi lebih seimbang, kemudian melancarkan peredaran darah, serta menambah jumlah volume darah, sekaligus meningkatkan konsep diri sendiri.

Baca Juga :   6 Pengertian Politik dan Ilmu Politik Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Menurut pendapat Sutrisno dan juga Khafadi (2010:145), Melakukan senam seseorang dapat memiliki bentuk tubuh ideal, indah, bugar serta kuat.

Macam-Macam Senam

Dari Federation Internationale de Gymnastique atau disingkat (FIG), senam dibagi kedalam enam kelompok, yaitu senam artistik, kemudian senam ritmik sportif, ketiga senam akrobatik, keempat senam aerobik sport, kelima senam trampolin, dan terakhir senam umum.

  • Senam Artistik
    Yang pertama adalah senam artistic. Senam ini termasuk jenis senam paling sering diperlombakan. Gerakan senam ini juga tersusun dari masing-masing alat serta sudah ditetapkan menurut pertandingan yang berlaku. Contoh dari senam artistik ini ialah senam lantai, palang sejajar, kuda pelana, palang tunggal, dan palang bertingkat.
  • Senam Ritmik Sportif
    Yang kedua ada senam ritmik sportif. Jenis senam ini merupakan senam yang dikembangkan dengan senam irama yang diperdengarkan dari irama musik yang akan menghasilkan gerak-gerak tubuh maupun alat-alat yang begitu indah.
  • Senam Akrobatik
    Yang ketiga ada senam Akrobatik. Seperti namanya, senam akrobatik ini merupakan senam yang akan mengendalikan gerakan akrobatik. Jadi, latihannya banyak gerakan salto. Kemudian bagi pesenamnya juga harus mendarat sampai di atas tangan maupun di atas bahu dari pasangannya.
  • Senam Aerobik Sport
    Selanjutnya ada senam aerobik sport yakni jenis senam yang termasuk pengembangan dari jenis senam aerobik berbentuk tarian ataupun kalestenik tertentu, kemudian akan digabungkan dengan gerakan akrobatik yang sangat sulit.
  • Senam Trampolin
    Jenis senam yang berikutnya ada senam Trampolin. Jenis senam ini merupakan jenis senam yang menjadi pengembangan dari senam yang dilakukan berada di atas trampolin.
  • Senam Umum
    Terakhir ada senam umum yakni seluruh jenis senam selain dari kelima senam yang ditulis di atas. Contohnya ialah senam aerobik, senam SKJ, maupun senam pagi.

Menurut pendapat Restianti (2010:10-24), terdapat beberapa jenis senam, contohnya:

  1. Senam Lantai
    Pasti anda tahu dengan yang namanya senam lantai. Jenis senam ini contohnya ialah gerakan berguling, sikap lilin, gerakan kayang, gerakan guling lenting, maupun gerakan berguling ke depan, hingga gerakan berdiri dengan tangan atau disebut dengan hands stand.
  2. Kuda-kuda lompat
    Yang kedua adalah kuda kuda lompat misalnya seperti kuda-kuda pelana, palang sejajar, gelang-gelang, palang bertingkat, balok keseimbangan dan palang tunggal.

Itulah penjelasan tentang pengertian senam dan penjelasan lengkap lainnya. Semoga bermanfaat.