Semantik – Pengertian, Jenis, Unsur Dan Contohnya Lengkap

Posted on
Semantik – Pengertian, Jenis, Unsur Dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Semantik – Jenis, Unsur Dan Contohnya Lengkap

Semantik Adalah – Sastra atau linguistik merupakan salah satu ilmu yang ada di dunia ini sejak zaman dahulu. Ilmu ini adalah salah satu ilmu tertua dengan beragam cabang keilmuan yang ada. Salah satu cabang keilmuan dari linguistik yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai semantik. Bagi mereka yang mempelajari linguistik mungkin sudah tidak asing lagi.

Pengertian Semantik

Bagi sebagian masyarat awam kata semantik tentu terasa asing, dan memerlukan penjelasan yang lebih jauh. Berikut penjelasan lengkapnya tentang pengertian semantik, jenis, unsur dan contohnya.

Pengertian Semantik Menurut Para Ahli

Pada umumnya semantik adalah cabang keilmuan linguistik yang mempelajari dan menelaah mengenai pemaknaan dan arti yang terkandung di dalam  bahasa, kode, dan beberapa representasi makna lain. Semantik adalah pembahasan makna. Berikut pendapat para ahli mengenai pengertian semantik :

  1. Semantic menurut Palmer, 1981 adalah istilah yang biasanya digunakan untuk mengarahkan kepada studi atau keilmuan mengenai makna dan karena makna adalah bagian dari bahasa, adalah bagian dari bahasa. Kesimpulannya semantik adalah salah satu cabang dalam ilmu kebahasaan atau linguistik.
  2. Semantik menurut Chaer adalah hubungan kata dengan konsepsi makna dalam suatu kalimat.

Jenis-Jenis Semantik

Semantik juga memiliki beberapa jenis yang cukup banyak bila harus disebutkan, beberapa diantaranya yaitu :

Semantik Konseptual

Adalah semantik yang mengandung makna yang denotatif dan kognitif. Yang menjadikan makna dan semantik sebagai faktor utama dalam penggunaan bahasa, di dalam kehidupan masyarakat. Hal ini bisa terjadi karena adanya makna yang kompleks di dalam semantik.

Baca Juga :   Paragraf Persuasif : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Semantik Gramatikal

Adalah salah satu jenis semantik yang berhubungan dengan afiksasi, redupliasi, dan kalmatasi. Mungkin istilah tersebut memang sangat membingungkan, tetapi berikut ini contoh semantik gramatikal dari kata berbaju yang bisa diartikan dengan menggunakan baju. Dengan adanya afiksasi ber- di depan kata baju.

Unsur Semantik

Di dalam setiap hal tentu terdapat unsur yang menyusun hal tersebut. ada tiga unsur utama di dalam menyusun semantik. Berikut unsur-unsur dalam semantik dan penjelasan lengkapnya :

Tanda dan Lambang

Kedua hal itu adalah hal yang harus ada di dalam ilmu kebahasaan. Meskipun berakar dari ilmu linguistik, tetapi jika tanda dikembangkan menjadi suatu teori yang disebut dengan semiotic. Akan memiliki tiga aspek yang memiliki kaitan dengan semantik. Tiga aspek itu adalah sintaksis, pragmatik, dan sematik.

Hubungan Referensial dan Makna Leksikal

Unsur leksikal merupakan makna yang paling kecil yang bisa diperoleh dari sebuah ilmu bahasa. Makna ini dapat dibedakan antara satu dengan yang lainnya. Makna leksikal adalah keseluruhan dari kata dan juga impleksi, yang harus diartikan di dalam suatu konstruksi.

Penanaman

Proses pencarian atas lambang bahasa yang dipakai untuk menggambarkan sebuah konsep pada suatu objek, proses suatu objek, dan hal-hal lainnya.

Contoh Semantik

Semantik tidak hanya menjadi sebuah cabang dalam keilmuan linguistik. Ada banyak juga keberadaan makalah materi semantik. hal ini menandakan bahwa semantik masih menjadi ilmu yang banyak mendapat kajian dari setiap ilmuwan. Berikut beberapa contoh makna dalam semantik :

  • Makna Gramatikal

Berbau memiliki makna mempunyai bau.

  • Makna Konstektual

Kakak jatuh dari motor

Lela jatuh cinta

Ketiga kata jatuh tersebut memiliki makna yang berbeda-beda. Makna di dalamnya bergantung pada proses yang ada.

Sekian ulasan mengenai pengertian semantik yang dilengkapi dengan jenis, unsur dan contohnya. Semoga dapat dipahami dan dipelajari kembali. Dan memberi manfaat bagi anda semua.

Baca Juga :