Pengertian Scanner, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian Scanner, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya Lengkap
Rate this post

Pengertian Scanner, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian Scanner dan Kegunaanya – Saat ini ada banyak sekali produk elektronik yang memudahkan pekerjaan khususnya membuat document atau berkas. Ada salah satu alat yang mungkin anda pernah mendengarnya bahkan menggunakannya yakni  scanner. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa itu Scanner dan kegunaanya? Maka saranailmu.com akan memberikan sedikit pembahasan mengenai Pengertian Scanner, fungsi dan jenis jenisnya.

Definisi Scanner yakni sebuah alat yang umumnya di gunakan sebagai pemindai suatu bentuk atau sifat benda di antaranya seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain lain. Atau bisa juga di artikan scanner adalah sebuah alat elektronik yang di ciptakan dimana untuk cara kerjanya seperti mesin foto copy, yang mana hasil dari pemindai tersebut nantinya akan di transformasikan ke dalam computer menjadi sebuah data berbentuk digital atau sejenisnya.

Karena berbeda-beda dalam membantu pekerjaan sehingga membuat scanner ini banyak sekali jenisnya serta kegunaannya, apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

Fungsi dan Kegunaan Scanner

Tentu sebagai pekerja kantoran, mahasiswa, atau lainnya pasti sering melihat bahkan menggunakan scanner dimana saja, karena memang alat yang satu ini sudah banyak digunakan. Fungsi serta kegunaan dari scanner ini memang sangat bermanfaat sekali, jika melihat dari pengrtian yang telah di jelaskan di atas maka dapat di katakana fungsi scanner adalah alat yang memungkinkan pembacaan, merekam serta mengambil Informasi dari suatu benda.

Benda yang di maksud dalam hal ini adalah baik itu dua dimensi atau tiga dimensi dan kemudian menjadikan benda tersebut kedalam bentuk digital. Selain kegunaan yang telah di sebutkan tadi Scanner juga dapat menyimpan gambar, baik itu berupa foto, document, ijazah, Koran atau mazalah ke dalam bentuk digital.

Jenis Jenis Scanner

Setelah membahas mengenai pengertian dan kegunaan dari Scanner, yang perlu anda ketahui lainnya dari scanner adalah jenis-jenisnya. Yang mana untuk jenis Scanner sendiri tergantung dari kegunaan serta cara kerja scanner tersebut. Beberapa di antaranya seperti pemindai gambar, Sinar X, Deteksi Logam, Barcode, OMR dan Scanner pemindai 3 Dimensi.

Mesin scanner sendiri di kelompokan yang berdasarkan dari bagaimana cara memasukan dokumen atau gambar. Ada 2 jenis dari kelompok tersebut yakni flatbed dan juga hand and held.

Untuk Jenis Scanner flatbed, melakukan pemindai gambar atau kertas di letakan di atas kaca pemindai setelah itu alat sensor akan bergerak menyusuri kertas tersebu untuk bisa mendapatkan gambar dalam kertas tersebut.

Sedangkan untuk jenis handandheld yang merupakan scanner menggunakan tangan haru secara manual di gerakan di atas gambar yang hendak di pindai atau dibaca.

Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian Scanner Beserta Tugas dan Jenisnya. Tentunya dengan membaca pembahasan di atas pembaca menjadi semakin paham mengenai alat tersebut dan sangat bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 

Pengertian Scanner, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares