Resistor : Pengertian, Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Resistor Dan Fungsi Resistor Lengkap

Fungsi Resistor – Resistor sangat dibutuhkan dalam setiap rangkaian elektronik, sehingga dibutuhkan pemahaman yang luas berkaitan dengan resistor. Mari kita bahas secara lengkap, mengenai pengertian dan juga fungsi resistor.

Resistor

Pengertian Resistor

Resistor adalah salah satu komponen dasar elektronika yang banyak dipakai dalam rangkaian elektronik, dan komponennya dibuat dari bahan isolator yang di dalamnya ada nilai yang sesuai dengan nilai hambatan yang diperlukan. Resistor didesain dengan dua kutub yang berguna, dalam menahan arus listrik bila dialiri dengan tegangan listrik diantara kedua kutubnya.

Nilai tegangannya berbanding dengan arus listrik yang mengalir, yang sesuai dengan hukum ohm. Yaitu V=IR. Biasanya di dalam jejaring elektronik serta sirkuit elektronik banyak yang memakai resistor. Resistor memang paling banyak dan sering dipakai di dalam komponen yang lain.

Di dalam resistor tidak ada kutub negatif serta positif, tetapi mempunyai ciri yang utama yaitu toleransi, tegangan kerja maksimum, power rating dan resistensi. Daya listrik dan resistensinya bisa dihantarkan. Ciri lainnya yaitu induktansi, koefisien suhu, dan kebisingan. Satuan dari resistensi sebuah resistor bersifat resistif dilambangkan dengan Ohm dengan simbol Ω (Omega).

Fungsi Resistor

Fungsi dari resistor yang sering diketahui adalah sebagai penghambat arus listrik yang mengalir, pada suatu rangkaian elektronik. Dengan adanya resistor ini bisa menyebabkan arus listrik yang tersalurkan sesuai dengan kebutuhan. Fungsi lainnya yaitu :

  • Membagi arus
  • Membatasi atau mengatur arus dalam suatu rangkaian
  • Menurunkan tegangan sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh rangkaian elektronika.
  • Membagi tegangan.
  • Membantu dalam membangkitkan frekuensi yang tinggi dan rendah dengan menggunakan bantuan kondensator dan transistor.

Resistor sendiri terbagi kedalam dua bagian, yaitu :

  1. Resistor tetap (statis). Artinya nilai resistornya tidak berubah-ubah.
  2. Resistor Variabel. Yaitu jenis resistor yang nilainya berubah- ubah sesuai range jangkauan kemampuan resistor itu sendiri.
Baca Juga :   Hukum Kepler – Konsep, Rumus, Dan Contoh Soalnya Lengkap

Sekian uraian tentang fungsi resistor yang disertai dengan pengertiannya lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda khususnya di bidang ilmu Fisika. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :