Radio – Pengertian, Gelombang Radio Dan Cara Kerjanya Lengkap

1 min read

Pengertian Radio – Gelombang Radio Dan Cara Kerjanya Lengkap

Gelombang Radio – Radio tentu bukan hal asing lagi bagi kita semua. Karena radio adalah salah satu alat komunikasi yang ada sejak masa penjajahan, yang fungsinya untuk memberitakan informasi pada seluruh masyarakat. Mari kita bahasa pembahasan mengenai radio serta gelombang radio secara lengkap.

Radio

Pengertian Radio

Radio adalah sebuah teknologi yang dipakai sebagai pengiriman sinyal, dengan menggunakan cara modulasi dan dengan menggunakan cara radiasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini juga melintas dan merambat, dengan melalui udara dan lewat ruang angkasa hampa udara. Karena gelombang ini tak membutuhkan medium pengangkut, seperti molekul udara.

Pengertian Gelombang Radio

Adalah sebuah gelombang yang memiliki frekuensi yang paling kecil atau panjang gelombang yang paling panjang. Gelombang radio yang dimana dalam sebuah rentang frekuensi yang luas dan meliputi beberapa hz, hingga gigahertz (GHz/orde pangkat 9). Biasanya juga dihasilkan dari rangkaian isolator dalam alat-alat elektronika. Spektrum gelombang radio yang dipisahkan dalam sebuah pita frekuensi atau panjang gelombang.

Cara Kerja Radio

Berikut ini penjelasan dari cara kerja radio, diantaranya sebagai berikut :

  • Sinyal radio dipancarkan dengan menggunakan gelombang pembawa.
  • Gelombang radio yang merupakan sebuah bagian dari spektrum elektromagnetik.
  • Panjang gelombang paling panjang yang dipantulkan oleh lapisan udara yang juga berada tinggi di dalam atmosfer bumi yang disebut ionosfer.
  • Dan dengan menggunakan cara yang telah diterangkan pesan lewat radio bisa untuk dipantulkan sehingga bisa mencapai jarak yang sangat jauh.
Baca Juga :   3 Sistem Pencernaan Pada Serangga (Stomodeum, Mosenteron, Proktodeum) Lengkap

Pengertian Pemancar Radio

Pemancar radio adalah pesawat yang bisa mengirimkan berbagai macam informasi atau isyarat melalui udara. Yang tentu saja menggunakan gelombang elektromagnetik. Pemancar radio juga akan mengubah atau melakukan sebuah modulasi gelombang radio, agar dapat menyampaikan berbagai jenis informasi itu. Dalam radio AM ketinggian dari sebuah gelombang pembawa diubah dengan berdasarkan suara yang ditangkap oleh mikrofon.

Dalam frekuensi radio FM, frekuensi/jarak antara puncak radiolah yang diubah. Lalu pesawat akan menerima sinyal radio yang menangkap sinyal, memperkuat dan mengartikannya. Bila sinyalnya lemah atau tidak kuat maka radio AM dapat mengeluarkan suara seperti bunyi yang bergemerisik. Sehingga radio jenis ini digantikan dengan radio FM yang penerimaannya jauh lebih jernih dan lebih bagus.

Demikianlah pengertian gelombang radio dan penjelasannya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda dan sekaligus memberi manfaat bagi kita semua.

Baca Juga :