Pengertian Proposisi dan Jenis Proposisi Beserta Contohnya Lengkap

Posted on
Pengertian Proposisi dan Jenis Proposisi Beserta Contohnya Lengkap
Rate this post

Pengertian Proposisi dan Jenis Proposisi Beserta Contohnya

Pengertian Proposisi dan Contohnya – Seperti yang anda tahu bahwasanya pada sebuah kalimat terdiri dari berbagai hal yang harus di perhatikanbertujuan agar pembaca dapat mengetahui hal yang di sampaikannya pada suatu kalimat tersebut apakah benar atau salah.

Untuk menganalisa hal tersebut di perlukan keahlian yang secara khusus untuk membaca atau memahami dengan baik, sehingga dapat membedakan mana yang benar atau yang salah pada akhir kalimat.

Maka dalam hal ini perlunya proposisi sehingga menjadi lebih mudah dalam membedakan mana yang salah dan yang benar. Agar lebih jelas mengenai apa itu proposisi maka di ulas secara lengkap seperti di bawah ini :

Pengertian Proposisi

Proposisi memiliki arti suatu perkataan atau pernytaan yang menggambarkan dari beberapa keadaan yang tentunya masih belum ada kejelasahan apakah hal tersebut benar atau salah pada sebuah kalimat berita. Proposisi memiliki istilah yang umumnya di gunakan pada sebuah analisis logika.

Kondisi serta Peristiwa yang terdapat di dalamnya secara umum mengaitkan secara pribadi atau orang lain yang bisa di tujukan oleh rangkaian dalam kalimat. Sehingga kebenaran adalah suatu proposisi yang berkorespondensi yang di kaitkan Fakta yang ada.

Pada proposisi yang memiliki makna tidak benar atau salah maka tidak berespondensi terhadap fakta yang ada. Terdiri dari 4 Unsur pada Proposisi yang kedua di antaranya adalah materi pokok proposisi lalu yang dua lainnya adalah sebagai penyerta saja. 4 Unsur tersebut di antaranya adalah subjek, term yang menjadi predikat, kopula, dan kuantor.

Baca Juga :   Teks Cerita Fiksi : Pengertian, Jenis, Unsur, Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi Lengkap

Sedangkan untuk bentuk umum dari proposisi tersebut adalah :

Kuantor + Subjek + Kopula + Predikat

Jenis-Jenis Proposisi

Proposisi sendiri memiliki 4 Jenis yang akan di jelaskan secara lengkap sebagai berikut :

Proposisi Universal Afirmatif

Proposisi universal dapat di artikan proposisi atau pernyataan yang sifatnya adalah umum yang membenarkan terkait antara  subjek dengan predikat yang kemudian di rumuskan pada semua S adalah P.

Proposisi Universal Negatif

Proposisi universal negatif adalah sebuah proposisi atau pengungkapan yang mempunyai sifat Umum yang bisa mengalihkan akan adanya hubungan pada subjek dengan predikat. Sedangkan untuk rumusnya adalah semua S bukan P.

Proposisi Partikular Afirmatif

lalu yang ke-3 adalah Proposisi Partikular Afirmatif memiliki arti proposisi atau sebuah ungkapan yang di dalamnya terdapat sifat khusus yang bisa membenarkan dari sebuah suatu hubungan antara subjek dengan predikat dan di rumuskan berupa S adalah P.

Proposisi Partikular Negatif

Yang terakhir adalah Proposisi Partikular Negatif adalah proposisi atau ungkapan yang mempunyai sifat khusus dengan mengalihkan tentang adanya hubungan subjek terhadap predikat yang kemudian di rumuskan sebagian S bukan P.

Dengan berbagai penjelasan di atas baik dari segi pengertian Proposisi dan juga jenis Proposisi maka bisa kita ambil kesimpulan bahwasanya dengan adanya Proposisi akan memudahkan dalam membedakan baik yang salah atau yang benar apakah sesuai fakta atau tidak.

Baca Juga :