Pengertian Promosi : Tujuan, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Posted on
Pengertian Promosi : Tujuan, Jenis, dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Promosi : Tujuan, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Pengertian promosi – kata promosi sudah tidak asing lagi di telinga kita, mulai dari media cetak, papan reklame, internet, televisi dan masih banyak lagi lainnya. namnun, masih banyak orang yang belum tahu apa itu pengertian promosi. Meskipun sudah banyak yang menerapkan promosi dalam kehidupan sehari hari, namun anda perlu tahu apa sebenarnya pengertian promosi yang sebenarnya.

Pengertian Promosi

  • Menurut wikepedia
    Promosi ialah mengiklankan sebuah merk atau produk, menghasilkan penjualan serta menciptakan loyalitas brand atau merk. Yakni merupakan satu dari 4 elemen dasar bauran pemasaran yang meliputi 4P: Price, Product, Promotion and Place (harga, produk, promosi dan tempat).
  • Menurut wikepedia Indonesia
    Pengertian promosi ialah usaha untuk memberitahukan maupun menawarkan sebuah jasa ataupun produk yang bertujuan menarik calon pembeli atau konsumen guna membeli/ mengkonsumsinya. Dengan promosi ini diharapkan dapat menaikkan angka penjualan.
  • Menurut harper boyd
    Seorang ahli pemasaran bernama harper boyd berpendapat bahwa, Promosi artinya sebagai upaya dalam membujuk orang agar menerima produk, konsep maupun gagasannya.
  • Menurut boone dan Kurtz
    Seorang pakar pemasaran lain bernama boone dan Kurtz berpendapat, promosi ialah proses menginformasikan, membujuk dan juga mempengaruhi sebuah keputusan pembelian.
    Sebenarnya terdapat banyak versi dari pengertian promosi yang dikemukakan para ahli pemasaran di dunia ini, namun kesimpulan yang diambil kurang lebih adalah sama. Yakni promosi ialah untuk memberitahukan, menginformasikan, kemudian menawarkan, membujuk maupun menyebarluaskan sebuah produk maupun jasa untuk pada calon konsumen yang bertujuan supaya calon konsumen ini akhirnya bisa melakukan pembelian.

Tujuan Promosi

Orang yang sedang melakukan promosi ini untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut ini adalah tujuan dari promosi menurut rangkuman dari beragam sumber, diantaranya :

  • Untuk menyebarluaskan informasi produk pada calon konsumen potensial
  • Untuk memperoleh konsumen baru & untuk menjaga loyalitas dari konsumen itu
  • Untuk membedakan dan juga mengunggulkan produk daripada dengan produk competitor
  • Untuk branding/ membentuk citra produk di mata para konsumen sesuai yang di inginkan
  • Untuk merubah tingkah laku serta pendapat konsumen mengenai sebuah produk

Jadi, kesimpulan dari tujuan utama promosi ialah produsen maupun distributor akan memperoleh kanaikan angka penjualan serta meningkatkan profit maupun keuntungan.

Jenis Jenis Promosi

Berikut ini ialah jenis jenis promosi yang sering kita lihat menurut wikepedia, yakni :

  1. Promosi secara fisik
    Promosi ini bisa diadakan pada lingkungan fisik yang sudah biasa dikerjakan pada acara tertetu/ event event khusus pada suatu tempat misalnya, bazar, festival, konser dan masih banyak lagi. Kadang para penjual ini membuka semacam “booth” atau “stand” guna menampilkan dan menawarkan jasa atau produk.
    Kelebihan jenis promosi dengan fisik serta langsung ini bisa menjagkau langsung calon konsumen. Mereka bisa langsung melihat produk maupun jasa yang telah ditawarkan serta bisa langsung tanya-tanya segala macam tentang jasa/ produk tersebut. Untuk pihak penjual sendiri hal tersebut dimanfaatkan untuk merayu calon konsumen supaya membeli jasa/ produk yan ditawarkan.
    Kekurangan jenis promosi ini ialah sangat terbatasnya jumlah calon pembeli sebab hanya diadakan pada suatu wilayah tertetu misalnya seperti kampus, perkantoran, sekolah dan sejenisnya.
  2. Promosi melalui media tradisional
    Media ini dimaksudkan untuk jenis promosi yang tradisional, yakni via media cetak Koran, tabloid, majalah dan semacamnya. Selain itu media elektronik yakni tv, radio dan media yang berada di luar ruangan misalnya iklan banner, papan billboard dan papan reklame.
    Kelebihan dari jenis promosi yang ini ialah bisa dijangkau oleh banyak konsumen dibandingkan dengan promosi secara fisik, sebab jangkauan media yang cukup luas.
    Kekurangan cara promosi lewat media tradisional ini ialah memerlukan biaya yang paling besar, sebab melibatkan media media besar misalnya seperti tv, penyedia papa billboar, dan masih banyak lainnya.
  3. Promosi lewat media digital
    Jenis promosi lewat media digital ini meliputi media internet dan juga sosial media/ jejaring sosial. Hal ini merupakan modern guna berpromosi sebab memungkinkan orang dapat melihat jasa maupun produk yang di promosikan leat teknologi terkini misalnya laptop dan ponsel.
    Banyak para pengusaha yang mengalihkan bisnisnya dengan media digital untuk strategi promosi mereka sebab memang media digital ini adalah cara paling efektif guna menjangkau konsumen mereka dalam setiap harinya.
    Kelebihan promosi dengan media digital ialah bisa menjangkau orang dengan sangat luas dengan waktu dan biaya efisien.
    Kekurangan promosi ini banyak sekali, sebab competitor maupun pesaing yang ikut serta bermain banyak sekali. Tugas yang lumayan berat bagi para pemasar supaya lebih kreatid dalam berpromosi menggunakan media digital tersebut supaya dapat menarik para konsuen daripada competitor.
    Dari sejumlah jenis promosi tersebut, promosi lewat media digital inilah yang paling banyak dijalankan sekarang ini. sebab, faktor efesiensi biaya dan juga penyebarannya lebih luas dan relative cepat.
Baca Juga :   Audit Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Tahapannya Lengkap

Contoh Contoh Promosi

Berikut ini sejumlah contoh promosi yang paling umum, yakni :

  1. Promosi di sebuah toko. Beli dua sepasang sepatu bisa gratis satu pasang sepatu tambahan.
  2. Prmosi dari provider telekomunikasi. Nelpon 5 menit bis agratis nelpon selama 30 menit.
  3. Promosi departemen store. Bisa potongan harga 30% guna suatu produk khusus.
  4. Promosi di sebuah restaurant. Beli makanan tertentu dapat gratis minuman.

Dan masih banyak lagi contoh promosi lainnya yang pasti bertujuan sama, yakni menjaring calon konsumen sebanyak mungkin guna bisa menjalankan pembelian.

Nah, itu tadi adalah ulasan lengkap tentang pengertian promosi. Kini promosi melalui media digital yang menjadi target utama bidang pemasaran, sebab melalui media inilah dapat menambah calon konsumen sebanyak-banyaknya. Semoga membantu dan terima kasih.

Baca juga: