Processor – Pengertian Dan Fungsinya Pada Komputer Lengkap

Posted on

Pengertian Processor Dan Fungsinya Pada Komputer Lengkap

Pengertian Processor – Bagi pengguna komputer, tentu sudah paham apa itu processor. Tapi lain halnya dengan orang awam, yang belum paham apa yang dimaksud dengan processor. Processor adalah bagian paling penting dalam sebuah rangkaian komputer. Karena jika tak ada processor maka sebuah komputer tak akan berjalan/beroperasi dan tak akan ada kegunaannya sama sekali.

Processor ini adalah otak dari komputer hingga sangatlah penting dan harus teliti dalam memilih komputer. Salah satunya adalah dengan mengetahui processor apa yang digunakan dalam komputer tersebut.

Pengertian Processor

Pada umumnya, pengertian dari processor adalah IC yang mengontrol dari keseluruhan jalannya sistem komputer, yang digunakan sebagai pusatnya atau sebagai otak komputer tersebut. dengan cara menjalankan fungsinya dalam melakukan perhitungan serta tugas.

Berikut ini pengertian processor menurut para ahli :

  • Juharis & Abdul Hamid
    Processor merupakan pusat eksekusi setiap perintah, baik sebuah instruksi ataupun data dalam sistem komputer.
  • Lia Kuswayatno

Processor adalah chip yang menjadi pengolah utama serta sebagai pusat pengendali dari beragam perangkat komputer yang ada.

  • Rahmat Putra

Processor adalah komponen yang paling penting dari komputer, yang fungsinya adalah untuk mengendalikan segala komponen yang terdapat pada komputer.

Prosesor ini terletak di socket yang sudah disediakan motherboard. Processor ini disebut juga Microprosessor. Processor adalah IC yang juga merupakan suatu komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dls. Yang juga adalah komponen yang dipakai sebagai otak dari beragam perangkat elektronik.

Baca Juga :   Pengertian Flash Disk dan Fungsi serta Definisinya Lengkap

Fungsi Processor

Secara umum fungsi dari processor adalah untuk memproses segala informasi data yang diterima dari input, lalu menghasilkan output. Processor ini tak bekerja sendiri. Tapi memerlukan dukungan dari perangkat lainnya, seperti misalnya hard disk dan RAM.

Di dalam memproses suatu data yang dapat dilakukan dengan waktu processornya cepat atau lambat bergantung pada kecepatan processor itu sendiri. Satuan kecepatan dalam prosesor ialah Mhz (Mega Heartz) / Ghz (Giga Heartz), semakin besar kecepatan pada processor maka akan semakin cepat juga kinerja komputer ketika sedang melakukan prosesnya.

Bagian-bagian Processor

Aritcmatics Logical Unit (ALU)

Adalah seluruh bentuk perhitungan aritmatika/matematika yang sesuai dengan instruksi programnya. Bagian ALU pada dasarnya melakukan seluruh bentuk logika.

Control Unit (CU)

Adalah pengatur lalu lintas data baik input maupun output. Seluruh peralatan di dalam sistem komputer diatur dan juga dikendalikan oleh CU.

Memory Unit (MU)

Adalah alat penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi.

Processor pada sebuah komputer sangat penting, karena komponen kecil itu sangat menentukan kecepatan performa pada sebuah komputer yang dimiliki.

Sekian pengertian processor yang dilengkapi dengan fungsi dan bagiannya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda. Dan dapat berguna bagi kita semua.

Baca Juga :