Pengertian Poster – Tujuan, Jenis, Fungsi, Ciri, Syarat Dan Hal Yang Harus Diperhatikan

Posted on

Pengertian Poster – Tujuan, Jenis, Fungsi, Ciri, Syarat, Dan Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Poster Lengkap

Poster Adalah – Hampir semua orang tentu pernah melihat poster, karena poster memang banyak digunakan sebagai media iklan, promosi, pengumuman, dan/atau pemberitahuan dalam target yang luas. Biasanya poster dibuat untuk membagikan berbagai macam informasi. Penyampaian informasi pada poster ini, dapat dilakukan dengan memadukan antara gambar, grafis, dan tulisan. Isi poster biasanya dibuat seminim mungkin, agar pesan utama bisa tersampaikan.

Pengertian Poster

Pengertian Poster

Poster adalah sebuah media publikasi yang memadukan tulisan, gambar, atau kombinasi dari keduanya yang tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada khalayak. Biasanya poster dipasang di tempat yang strategis dan ramai, informasi yang disampaikan oleh poster ini juga bersifat mengajak. Biasanya psoter dipasang di tempat-tempat seperti sekolah,  pasar, perkantoran, fasilitas kesehatan, dan lain sebagainya.

Poster juga menjadi salah satu bentuk dari seni grafis dua dimensi, yang memadukan antara huruf, angka, dan juga gambar di media kertas yang besar. Pada umumnya poster ditempel di bidang permukaan yang rata, seperti misalnya dinding/papan dan di pusat keramaian.

Tujuan Poster

Pada umumnya tujuan dibuatnya poster adalah sebagai bentuk publikasi supaya dibaca oleh masyarakat luas, dan juga mau mengikuti ajakan dari isi poster tersebut. dan secara khusus tujuannya adalah sebuah ajakan yang disampaikan oleh poster, yang sifatnya subjektif. Atau bisa juga berupa tujuan komersial, yang berusaha meraih simpati masyarakat, mencari perhatian, dan lain sebagainya.

Fungsi Poster

Fungsi dari poster ini adalah untuk memberi tambahan tentang suatu hal pada masyarakat luas. Diharapkan dengan melihat dan membaca poster ini tujuan dari pembuat poster akan tersampaikan. Dengan melalui tulisan dan gambar yang ditampilkan.

Ada beberapa hal yang penting yang membedakan poster dengan media publikasi, pada dua dimensi yang lainnya. Selain untuk dicetak di media kertas yang besar, isi dan cara tersampaikan informasinya pun berbeda dengan publikasi yang lain.

Ciri Poster

Perbedaan poster dengan media publikasi yang lainnya utamanya adalah perihal tentang ukuran dan cara penyampaian pesan. Poster tidak memerlukan kata-kata atau kalimat yang terperinci, tetapi hanya dengan menggunakan kalimat yang sederhana saja tetapi mudah diingat. Berikut ini ciri-ciri poster :

  1. Poster harus didesain dengan komposisi huruf dan juga gambar di atas media yang datar misalnya kertas atau kain yang ukurannya besar.
  2. Dipasang dengan cara ditempelkan pada bidang yang permukaannya rata seperti misalnya dinding/papan di tempat yang ramai, sehingga isinya bisa menarik perhatian banyak orang.
  3. Dibuat dengan teknik pewarnaan yang kontras dan pemilihan warna yang berani.
  4. Bahasa yang digunakan  singkat, padat, jelas, dan harus mudah dipahami.
  5. Diberi gambar supaya pesan mudah tersampaikan.
  6. Harus bisa dibaca sambil lalu, tetapi meninggalkan kesan yang dalam.

Syarat Poster

Karena perbedaan ukuran pada media publikasi dan cara menyampaikannya, maka pembuatan poster ini memerlukan syarat yang khusus. Maksudnya adalah untuk membedakan dengan bentuk media publikasi yang lainnya, dan juga lebih mengoptimalkan fungsi dari poster tersebut. berikut syarat yang harus dipenuhi pada sebuah poster :

  1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh seluruh kalangan.
  2. Mempunyai susunan kalimat yang singkat, padat, jelas, tetapi pesannya tersampaikan.
  3. Kombinasi diantara tulisan dan juga gambar.
  4. Harus mampu menarik perhatian orang banyak.
  5. Menggunakan bahan yang kuat dan juga tahan terhadap cuaca apapun, agar tidak mudah rusak atau sobek.
  6. Sesuaikan ukurannya dengan sasaran lokasi yang akan digunakan untuk menempel/memasang poster dan juga target pembaca.
Baca Juga :   3 Pengertian Tabel, Grafik dan Bagan Beserta Contohnya Lengkap

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Poster

Ada banyak juga hal penting lainnya yang harus diperhatikan pada sebuah poster. Sehingga poster bisa lebih sesuai dengan target dari pembaca. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster :

  1. Untuk menarik perhatian buatlah poster yang memuat gambar yang mencolok supaya menggugah rasa penasaran banyak orang.
  2. Poster dibaca dengan jarak minimal 1 meter, karena harus dipastikan untuk memilih bentuk dan juga ukuran huruf yang mudah dibaca walaupun sambil lalu.
  3. Pembaca poster adalah orang yang sedang bergerak, sehingga isilah poster dengan tulisan yang efektif, sugestif, dan mudah diingat.
  4. Hindari keinginan untuk mengisi seluruh poster dengan gambar atau tulisan, karena hal itu akan menurunkan keinginan banyak orang untuk membaca dengan detail.
  5. Perhatikan komposisi keindahan pada poster tersebut agar lebih menarik perhatian masyarakat secara luas.

Jenis-Jenis Poster

Walaupun pada dasarnya pengertian poster ini sama saja, yaitu suatu bentuk pemberitahuan pada khalayak umum. Tetapi ada beberapa jenis poster yang beredar di masyarakat. Jenis ini dibedakan berdasarkan isi/tujuan dari pembuatan poster tersebut. berikut ini daftar poster yang sudah dikenal di masyarakat luas :

1. Jenis poster berdasarkan isinya

Poster juga bisa dibedakan berdasarkan isi yang dimuat di dalamnya. Informasi yang disampaikan di dalam poster, adalah hal yang sangat penting dan menjadi hal yang paling ditonjolkan. Poster jenis ini menjelaskan sebuah informasi dan bukan kegiatan. Jenis poster menurut isinya diantaranya yaitu :

  • Poster niaga. Yaitu jenis poster yang dibuat dengan tujuan untuk menawarkan barang/jasa.
  • Poster layanan masyarakat. Poster yang memuat informasi untuk memberi edukasi pada masyarakat secara umum mengenai suatu hal tertentu. Contohnya poster tentang bahaya merokok, atau poster tentang KB.
  • Poster kegiatan. Adalah jenis poster media yang tujuannya untuk mendidik.
  • Poster pendidikan. Adalah poster yang tujuannya adalah untuk mendidik masyarakat. Biasanya yang berkaitan dengan dunia pendidikan dan dipasang di beberapa sekolah.

2. Jenis poster berdasarkan tujuan

Penekanan pada jenis poster ini adalah tercapainya tujuan dari si pembuat poster. Berbeda dengan jenis yang sebelumnya yang lebih mengedepankan kepada penyampaian informasinya. Contohnya :

  • Poster kampanye. Merupakan jenis poster yang mudah ditemukan menjelang pemilihan umum tiba. Dan digunakan untuk menarik simpati masyarakat pada partai politik dan juga calon yang akan maju pada pemilihan umum tersebut.
  • Poster cheescake. Adalah sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian serta minat publik. Contohnya ajakan untuk menjadi penyanyi, model, artis dan lain sebagainya.
  • Poster film. Adalah poster yang memang dibuat secara khusus untuk mempromosikan film yang sedang tayang di bioskop.
  • Poster buku/komik. Hampir sama dengan poster film. Yaitu untuk mempopulerkan sebuah buku atau komik yang dijual di toko buku.
  • Poster propaganda. Yaitu jenis poster yang isi kalimatnya adalah yang bertentangan dengan pemerintahan yang berwenang. Di masa penjajahan poster ini digunakan untuk meningkatkan semangat juang rakyat. Tetapi di masa sekarang poster propaganda dikategorikan sebagai sebuah tindakan makar.
  • Poster dicari. Adalah jenis poster yang memuat informasi penjahat yang sedang menjadi buronan, orang yang hilang, atau lapangan kerja.
  • Poster riset. Poster yang tujuannya adalah untuk menginformasikan sebuah kegiatan riset. Yang bisa menarik minat para akademisi untuk datang dan meramaikan kegiatan itu.
  • Poster afirmasi. Adalah poster yang tujuannya untuk memberikan motivasi kepada pembaca, contohnya mengenai kepemimpinan.
  • Poster komersial. Sama dengan poster niaga, yaitu untuk mempromosikan produk supaya semakin dikenal di masyarakat dan untuk meningkatkan penjualan.

Poster merupakan media iklan yang sudah dikenal sejak lama, yang tujuannya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Dulu poster ditempel di alun-alun atau pusat keramaian saja, supaya bisa dibaca oleh masyarakat luas. Sekarang juga masih sama, karena fungsinya tidak jauh berbeda.

Demikian pembahasan mengenai pengertian poster, yang dilengkapi dengan ciri, tujuan, syarat, hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster dan contohnya. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi anda, serta menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Baca Juga :