Pengertian Planet, Ciri-Ciri Dan Macam-Macamnya

Posted on
Pengertian Planet, Ciri-Ciri Dan Macam-Macamnya
4.4 (88.46%) 26 votes

Pengertian Planet, Ciri-Ciri Dan Macam-Macamnya

Pengertian planet ialah benda benda langit yang memutari bintang pada lintasan dan kecepatan tertentu. Salah satu contoh planet adalah bumi yang memutari matahari. Selain itu, planet juga bagian dari tata surya yang punya cirri cirri tertentu. Kondisi suatu planet mengelilingi matahari pada satu putaran penuh disebut sebagai revolusi. Sementara waktu melakukan satu kali putaran atau revolusi tersebut di namakan sebagai kala revolusi. Waktu tersebut juga di namakan dengan satu tahun planet.

Selain melakukan revolusi, planet juga melakukan rotasi. Yang dimaksud dengan rotasi adalah berputar pada porosnya. Disebabkan planet bergerak mengelilingi matahari, maka pengertian planet bisa juga diartikan dengan bintang yang berpindah pada letak yang berubah-ubah. Tak hanya itu saja, planet juga tidak bisa memancarkan cahaya sendiri, melainkan hanya memantulkan cahaya dari matahari.
Ciri-Ciri Planet

Setelah tahu tentang pengertian planet, sekarang akan dibahas cirri cirri planet. Dalam tata surya, planet dibagi kedalam 2 kelompok. Yakni planet dalam dengan planet luar. Anggota planet dalam adalah Merkurius, Venus dan Bumi. Cirri lain planet dalam adalah punya permukaan padat, dibentuk dari bahan batu dan juga logam, tak punya cincin serta punya satelit yang jumlahnya sedikit.

Lalu untuk anggota planet luar adalah Saturnus, Yupiter, Neptunus, serta Uranus. Cirri umum planet luar adalah punya cincin, mempunyai atmosfer tebal, dibentuk dari hidrogen serta helium, kemudian punya jumlah satelit lebih banyak daripada planet dalam.

Macam-Macam Planet

Planet di tata surya ada 8 anggotanya. Planet pertama adalah planet merkurius yang merupakan planet terkecil didalam tata surya yang memiliki berat hampir sepadan dengan berat bumi. Planet inipun adalah planet terdekat dari matahari.

Baca Juga :   Akuntabilitas : Jenis, Aspek, Pelaksanaan dan Indikatornya Terlengkap 

Planet yang kedua adalah venus. Planet ini termasuk planet terpanas didalam tata surya karena memiliki suhu hingga 470°C lebih. Planet yang ketiga adalah planet bumi yang merupakan tempat tinggal makhluk hidup. Planet ini juga satu satunya planet yang di huni oleh manusia dan makhluk lainnya.

Yang ke empat adalah planet mars atau yang di sebut dengan planet merah. Disebut dengan planet merah karena permukaan planet ini berwarna merah. Selanjutnya adalah planet yupiter yang merupakan planet terbesar diantara planet lainnya karena diameternya 11 kali lipat dengan panjang diameter bumi.
Kemudian planet saturnus memiliki angin sangat kencang. Disusul planet Uranus dengan jarak cukup jauh dengan matahari. Terakhir adalah planet Neptunus merupakan salah satu planet yang kerap keluar dari garis orbitnya. Itulah pembahasan tentang pengertian planet yang bisa di jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: