Pengertian Plakat – Fungsi, Bahan, Jenis, Bentuk Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Plakat – Fungsi, Bahan, Jenis, Bentuk Dan Contohnya Lengkap

Bentuk Plakat – Plakat adalah bentuk karya seni atau desain grafis yang terdiri atas komposisi gambar serta huruf di atas kertas yang ukurannya besar. Pengertian plakat yang lainnya yaitu benda yang dibuat dari bahan pilihan, yang sering dipakai untuk souvenir/hadiah yang diberikan pada orang-orang terdekat atau spesial misalnya.

Fungsi Plakat

Fungsinya yaitu bisa dipakai untuk ucapan selamat pernikahan, ucapan ulang tahun, ucapan terima kasih, ucapan penghargaan, trofi perlombaan dan trofi wisuda, ucapakan kerja sama.

Bahan Plakat

Bahan yang digunakan dalam membuat plakat diantaranya yaitu aklirik, marmer, fiber glass, kaca atau bisa juga dengan menggunakan kayu yang ringan. Setiap bahan akan memengaruhi hasil akhir plakat, semakin bagus kualitas bahan yang digunakan maka hasilnya juga akan semakin bagus.

Ketika membuat plakat, perhatikan bagaimana proses desainnya agar hasil desainnya sesuai dengan acara/momen yang akan diadakan.

Jenis dan Bentuk Plakat

Jenis dan bentuknya tentu sangat banyak. karena setiap acara pasti berbeda cara pembuatan plakatnya. Desain pada acara pernikahan atau ulang tahun pasti berbeda dengan desain penghargaan. Desain plakat untuk setiap acara juga pasti berbeda-beda, pelanggan ingin desain yang unik yang sesuai dengan keperluan acara itu sendiri.

Komposisi pada gambar dan huruf serta bahan yang digunakan pada setiap bentuk plakat juga akan berbeda-beda. Karena plakat menggabungkan momen dengan karya seni yang harus serasi. Misalnya pada acara pernikahan/ulang tahun yang bentuknya lebih menonjolkan tentang keindahan, romantisme biasanya dilambangkan dengan bentuk hati.

Baca Juga :   Pengertian Industri Kreatif Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap

Sedangkan bagi acara-acara ucapan selamat atau penghargaan akan menonjolkan sisi soprtifitas, yang disesuaikan dengan acaranya. Seperti misalnya bentuk bola pada acara olahraga, bentuk raket atau kok untuk acara pertandingan bulu tangkis dan lain sebagainya.

Biasanya ucapan selamat, kenang-kenangan dan ulang tahun menggunakan jenis bahan akrilik serta fiber glass. Sedangkan untuk acara pernikahan dan penghargaan menggunakan jenis dan bahan yang dibuat dari marmer/kaca.

Pada setiap jenisnya yang menggunakan tingkat pembuatan bentuknya juga akan berbeda-beda. Hal ini akan memengaruhi setiap harga yang dipatok oleh produsen pembuat plakat itu sendiri. Bentuknya yang unik serta desainnya yang indah akan meningkatkan nilai jualnya.

Dalam kegiatan sehari-hari kita sering menemukan jenis plakat wisuda, penghargaan dan pernikahan. Karena ketiga jenis plakat itu identik dengan acara yang sering dilakukan masyarakat umum. Untuk bentuk plakat wisuda, biasanya berbentuk toga atau segi lima. Bahan yang biasanya digunakan adalah kayu, fiber glass, kristal sesuai dengan pemesanan.

Untuk plakat pernikahan serta penghargaan biasanya dibuat dari bahan marmer, gold, kristal bisa juga bahan kuningan dan kayu.

Contoh Plakat

Sekian pembahasan mengenai Bentuk Plakat yang juga meliputi pengertian, fungsi, jenis, bahan dan contohnya secara lengkap. Semoga dapat menginspirasi anda dalam membuat plakat dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :