Pengertian Pertanian – Bentuk atau Jenis Pertanian Lengkap

1 min read

Pengertian Pertanian – Bentuk atau Jenis Pertanian Lengkap

Pengertian Pertanian – Pertanian adalah kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya hayati, agar dapat menghasilkan bahan pangan, sumber energi, bahan baku industri serta untuk mengelola lingkungannya. Namun arti pertanian secara luas yaitu pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia, dengan cara menanam tanaman yang produktif yang bisa menghasilkan dan bisa digunakan dalam kehidupan.

Atau seluruh kegiatan yang meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan juga perikanan yang hasilnya bisa digunakan bagi kehidupan manusia. Arti pertanian dalam arti sempit adalah proses budidaya tanaman di suatu lahan, yang hasilnya dapat mencukupi kebutuhan manusia. Atau proses dari bercocok tanam yang dilakukan pada lahan yang telah disiapkan sebelumnya lalu dikelola dengan menggunakan cara manual, dan tak terlalu banyak menggunakan manajemen.

Aktivitas pertanian yang ada di Indonesia memiliki dua jenisnya, yaitu pertanian basah dan kering. Pertanian lahan basah adalah lahan yang digenangi oleh air atau lebih dikenal dengan sawah. Pertanian biasanya lebih banyak dilakukan di dataran rendah dan biasanya lokasinya berada di 300 m di atas permukaan laut. Karena secara umum wilayah itu memiliki banyak sungai dan terdapat irigasi untuk pertanian.

Pertanian lahan kering adalah pertanian yang lahannya tak tergenang oleh air, dan tanaman yang dutanam pun memerlukan genangan air di lahan tumbuhan. Biasanya lokasinya sekitar 500 m di atas permukaan laut, walaupun banyak juga yang ditanam di dataran rendah.

Bentuk Atau Jenis Pertanian

Sawah

Adalah bentuk pertanian yang dilakukan pada lahan basah, dan sawah membutuhkan banyak air. Sawah memiliki beberapa bentuk seperti sawah irigasi, sawah tadah hujan, sawah bencah atau sawah pasang surut, sawah lebak.

Baca Juga :   Asam Dan Basa – Pengertian, Sifat, Teori Dan Perbedaannya Lengkap

Pekarangan

Adalah lahan yang memiliki lokasi di lingkungan permukiman atau lingkungan rumah, yang memerlukan banyak air. Yang secara umum dibatasi dengan pagar dan lahan ini juga sering ditanami dengan tanaman pertanian.

Tegalan

Adalah area dengan lahan kering yang memiliki ketergantungan pada air hujan. Biasanya lebih sering ditanami dengan tanaman musiman dan terpisah dari lingkungan rumah atau sekitar pemukiman. Tanah tegalan sulit untuk dibuatkan irigasi, karena pemukimannya tak rata.

Ladang berpindah

Adalah kegiatan pertanian yang lahannya berpindah-pindah, yang biasanya dilakukan di banyak lahan hasil pembukaan semak sesudah beberapa kali dilakukannya penanaman dan panen maka akan berpindah lagi. Bila tanah sudah tak subur maka akan melakukan pindah lahan lagi dan mencari tanah lainnya yang masih subur.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Pertanian yang disertai dengan bentuk dan jenisnya secara lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi anda semua dan dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :