Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli Serta Bagaimana Membidiknya Dengan Benar Secara Lengkap

Posted on

Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli Serta Bagaimana Membidiknya Dengan Benar Secara Lengkap

Pengertian Peluang Usaha – Peluang usaha merupakan kata yang sering kita dengar di kehidupan sehari-hari. Kata peluang usaha berasal dari kata peluang dengan usaha, peluang artinya kesempatan dan usaha artinya upaya dengan berbagai daya dalam mencapai tujuan atau suatu hal yang diinginkan.

Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Sederhanya pengertian peluang usaha yaitu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang dalam mencapai tujuan, yang berupa keuntungan, uang dan kekayaan. Dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan beragam sumber daya yang dimiliki.

Peluang usaha merupakan hal yang paling krusial sebelum mulai membuka bisnis. Kita juga harus memikirkan beberapa langkah ke depan, mengenai seberapa langgeng peluang usaha yang kita bidik tersebut. faktanya banyak calon pebisnis yang lebih memikirkan apa yang sedang menjadi trend saat ini. Sehingga ketika pasar jenuh, mereka mengalami kebangkrutan.

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial

Tentu ada banyak peluang usaha di sekitar kita tetapi tak semuanya mempunyai potensi yang menguntungkan dalam jangka panjang. Berikut ini ciri peluang usaha yang potensial :

  • Punya nilai jual
  • Bukan sekedar ambisi, tapi sifatnya riil
  • Bisa bertahan lama dan berkelanjutan
  • Bukan bisnis musiman
  • Skala usaha bisa diperbesar
  • Modal memulainya tidak terlalu besar
  • Bisnis tersebut profitable

Menurut Harmaizar Z dalam bukunya Menangkap Peluang Usaha edisi 2, ada beberapa faktor penting yang wajib diperhatikan supaya sebuah usaha berumur panjang. Diantaranya adalah melakukan serangkaian analisa seperti berikut :

Analisa Partial

Analisa ini disebut juga dengan analisa partial budgeting yang digunakan untuk mengukur sejumlah perubahan, yang ada di dalam dunia usaha. Biasanya variabel yang diteliti hanya yang merupakan kemungkinan berubahnya tinggi, seperti misalnya biaya produksi, penerimaan dan keuntungan.

Hal ini penting untuk mengukur potensi dalam meningkatkan keuntungan serta kerugian usaha. Dengan kata lain calon pebisnis harus melakukan proyeksi anggaran terlebih dahulu, agar ke depannya beragam kerugian dan juga hambatan dapat ditekan.

Analisa Komprehensif

Analisa ini dilakukan dengan cara menyeluruh. Dengan tahapan sebagai berikut :

Kelayakan Produk

Pastikan produk memenuhi standar pasar. Contohnya saat anda ingin menjual Gudeg kemasan, maka pastikan bagaimana ketahanan gudeg tersebut, rasanya setelah diawetkan, serta kemasannya. Analisa kelayakan produk ini sangat penting jika anda ingin menentukan daya tarik dari calon pelanggan. Hal ini juga dapat dijadikan acuan untuk mengidentifikasi sumber daya untuk kebutuhan produksi.

Baca Juga :   Pengertian Pembangunan Nasional – Tujuan, Visi, Misi, Sasaran Dan Hakikatnya Lengkap

Yang penting mencari data konsumen secara langsung, apa saja yang mereka inginkan dan kebutuhan apa yang belum terpenuhi. Sisi produksinya juga harus dilihat, seberapa sulit dan seberapa banyak bahan yang diperlukan. Hal ini identik dengan usability testing dan concept testing yang membahas tentang de, pangsa pasar, deskripsi barang, benefit produk untuk konsumen, karakter yang membedakan produk dengan lainnya derta distribusi pemasannya.

Cara mudah untuk melakukan tes adalah dengan membuat sejumlah kecil produk serta meminta kolega dan orang terdekat untuk mencobanya, lalu melakukan evaluasi. Lebih baik tak usah diberitahu kalau produk itu adalah milik anda sehingga anda bisa memperoleh jawaban yang jujur.

Kelayakan Industri

Setelah itu nilai bagaimana keseluruhan tampilan dari produknya. Pahami kemungkinan lainnya seperti kompetitor yang siap menyalip produk anda, baik pendatang baru ataupun yang sudah lama. Daya tawar pembeli dan pemasok pun menjadi hal yang penting.

Karakteristik industri yang menarik memiliki beberapa faktor seperti 1) bisa tumbuh dan besar,  2) Dibutuhkan konsumen, 3) Industry masih muda 4) Margin yang besar dan 5) Pesaing masih sedikit.

Namun tak sedikit sebuah produk yang berhasil mengalahkan kompetitor karena mereka membuat inovasi yang cemerlang.

Kelayakan Organisasi

Di dalam hal ini anda juga harus memikirkan beberapa hal seperti keahlian menejemen, kompetensi organisasi Anda mulai dari karyawan hingga menejer dan juga apakah Anda punya sumberdaya manusia yang cukup.

Keuangan

Dalam menentukan peluang usaha yang pas, analisa keuangan tentu dibutuhkan. Seberapa banyak uang kas yang diperlukan? Kinerja keuangan yang seperti apa? Dan apakah ada kemungkinan bisnis ini dengan keuntungan yang bertambah?

Untuk pebisnis pemula, memahami bagaimana pengertian dari peluang usaha ini sangat penting. Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa anda lakukan. Tetapi pertanyaannya, apakah semuanya menguntungkan?

Ada banyak penjual nasi pecel, penjual sepatu, kerudung dan sebagainya. Tetapi dengan berjubelnya pedagang tentu penghasilan mereka berbeda-beda. Hal disebabkan oleh beberapa faktor.

Misalnya ketika melakukan analisa dengan cara yang mendalam sebelum membuka bisnis, sedang yang lainnya hanya sekadar memberi margin kemudian menjualnya saja. Intinya hanya asal untung saja.

Contoh Peluang Usaha Saat Ini

Ada banyak contoh peluang usaha yang dapat kita temukan, misalnya bisnis online yang sedang booming di Indonesia.

Beberapa peluang usaha online saat ini diantaranya:

  • Menjadi dropshipper dan reseller
  • Menjual jasa penulisan artikel
  • Menjadi blogger profesional
  • Menjual jasa desain grafis
  • Menjual jasa pembuatan website
  • Dan lain-lain

Itulah uraian mengenai pengertian peluang usaha serta cara membidiknya dengan benar yang lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda bagaimana cara memulai dan mempertahankan suatu bisnis/usaha. Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :