Pengertian Operasi Sistem Dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Pengertian Operasi Sistem Dan Jenisnya Lengkap

Jenis Sistem Operasi – Sistem operasi atau operating system (OS) adalah sekumpulan program pengendalian komputer, yang sudah dibuat oleh pabrik komputer dengan cara memerhatikan bentuk serta cara kerja daru hardware atau perangkat keras yang dimiliki. OS digunakan untuk mengatur seluruh program yang ada di dalam komputer, dan fungsinya untuk mengontrol penyimpanan data serta mengatur semua program kerja dari hardware. Tanpa adanya sistem operasi ini maka komputer tak akan bisa digunakan, karena OS adalah tempat untuk menyimpan program aplikasi.

Pengertian Operasi Sistem Dan Jenisnya Lengkap

Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer

Berikut ini beberapa jenis OS yang sering ditemukan di pasaran, diantaranya yaitu :

Sistem Operasi Microsoft Windows

Sistem operasi yang satu ini sudah sangat mendunia, dan hampir semua komputer mempunyai program aplikasi ini. Sistem operasi ini juga mempunyai sifat multitasking dan multiuser. Sehingga banyak digunakan serta digemari oleh para pengguna komputer.

Sistem Operasi MS-DOS

Sistem operasi ini dikembangkan di tahun 1981 oleh Bill Gates & Paul Allen. Tetapi sistem operasi ini memang kurang dikenal dan juga kurang populer. Tetapi masih dapat ditemukan di sistem operasi Microsoft Windows. MS-DOS ini memiliki sifat multi tasking. Untuk Microsoft Windows XP, MS-DOS menggunakan versi 5.1.2600.

Sistem Operasi UNIX

Sistem operasi UNIX pertama kali dikembangkan oleh perusahaan AT dan T Bell Laboratories. Sistem ini digunakan untuk menjalankan jaringan yang ada pada komputer. Awalnya UNIX adalah sistem operasi jenis Command line interface. Tetapi dalam kenyataannya menyulitkan setiap user yang baru. Untuk memudahkan user, UNIX juga menyediakan versi Graphical User Interface.

Baca Juga :   20 Pengertian Website Menurut Para Ahli Lengkap

Sistem Operasi LINUX

Sistem operasi yang satu ini adalah pengembangan dari UNIX. Awalnya sistem operasi ini dibuat oleh Linus Torvalds, yaitu seorang mahasiswa di Finlandia. LINUX dibuat di tahun 1991 lalu dikembangkan lagi oleh programmer yang ada di dunia.

Sistem Operasi Mac OS

Macintosh Operating System atau lebih singkatnya Mac OS adalah sistem operasi dengan basis GUI yang dirilis oleh perusahaan Apple Computer di tahun 1984. Saat itu teknologi Mac OS dianggap sebagai teknologi terdepan dan termaju. Tapi tak bisa dipertahankan sampai saat ini. Mac OS kalah saing dengan Microsoft Windows.

Itulah uraian tentang jenis sistem operasi dan pengertiannya secara lengkap. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda di bidang komputer khususnya sistem operasi.

Baca Juga :