14 Pengertian Observasi : Jenis Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Menurut Para Ahli

Posted on
14 Pengertian Observasi : Jenis Beserta Kelebihan dan Kekurangannya Menurut Para Ahli
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, jenis Kelebihan dan Kekurangan Observasi Menurut Para Ahli

Pengertian observasi menurut para ahli – pengamatan atau dikenal sebagai observasi ini merupakan aktivitas pada suatu proses maupun objek yang mana merasakan lalu memahami penetahuan di sebuah fenomena menurut pengetahuan serta gagasan yang telah diketahui sebelumnya, untuk memperoleh sejumlah informasi yang diperlukan guna melanjutkan suatu penelitian. Lebih jelasnya simak pengertian observasi menurut para ahli dibawah ini.

Dalam penelitian, observasi bisa dijalankan dengan sebuah tes, kuesionaer, rekama suara maupun rekaman gambar. Cara observasi ini yang sangat efektif ialah dengan melengkapinya menggunakan pedoman observasi maupun pedoman pengamatan misalnya seperti pengamatan format maupun blanko.

Format yang disusun ini isinya item item mengenai peristiwa maupun tingkah laku yang diilustrasikan akan terjadi. Sesudah itu, penelitian yang menjadi seorang pengamat tinggal memberikan sebuah tanda di kolom yang dikehendaki di format itu, adapun orang yang menjalankan pengamatan ini dikenal sebagai pengamat.

Pengertian Observasi

Secara etimologinya, observasi asalnya dari bahasa latin yang mempunyai arti “melihat serta memperhatikan”.
Sedangkan menurut KBBI, ialah sebagai berikut :
• Observasi adalah peninjauan dengan cermat
• Mengobservasi adalah mengawasi secara teliti dan mengamati

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Selain dari pengertian diatas, sejumlah para ahli juga berpendapat tentang observasiu, antara lain :

1. Prof. heru

Di sebuah pengamatan menunjukkan bahwa studi pembelajaran yang dijalankan secara sengaja, terarah, lalu berurutan serta sesuai dengan yang akan dicapai di suatu pengamatan yang dicatata semua kejadiannya serta fenomenannya dikenal sebagai hasil dari observasi.

2. Nawawi dan martini

Observasi merupakan pengamatan yang sekaligus dilaukan pencatatan dengan terurut pada unsur unsur yang bermunculan di suatu fenomena-fenomena objek penelitian.

3. Sutrisno hadi

Pengertian observasi ialah sebuah proses yang paling kompleks yang terdiri atas beragam macam proses baik biologis ataupun psikologis dengan lebih mementingkan sebuah proses ingatan serta pengamatan.

4. Hanna djumhana

Observasi ialah suatu metode ilmiah yang sampai saat ini masih sebagai tempat utama pada ilmu pengetahuan empiris dan masih memperoleh pengakuan dari dunia penelitian dari karya ilmiah menjadi metode yang paling sering dipakai dalam menjalankan pengumpulan data.

Baca Juga :   Etika Bisnis: Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Contohnya Terlengkap

5. Patton

Observasi ialah sebuah metode akurat dan spesifik dalam menjalankan pengumpulan data dan mempunyai tujuan untuk mencari informasi tentang segala peristiwa yang telah berlangsung guna dipakai objek kajian pada sebuah penelitian.

6. Sudjana

Observasi ialah metode penelitian yang kerap dipakai untuk mengukur sebuah proses dan juga tindakan individu pada sebuah peristiwa yang telah diamati.

7. Suharsimi arikunto

Observasi ialah sebuah pengamatan langsung pada suatu objek yang ada di lingkungan baik yang telah berlangsung ketika masih berjalan di berbagai peristiwa perhatian pada suatu kajian objek melalui pengindraan.

8. Arifin (2011)

Observasi ialah sebuah proses penamatan serta pencatatan dengan sistematis, logis, rasional dan objektif tentang beragam fenomena baik pada situasi yang sebenarnya ataupun dalam situasi buatan gunamencapai tujuan tertentu.

9. Basrowi (2012)

Observasi ialah sebuah teknik yang dijalankan dengan cara melalukan pengamtan dengan teliti dan pencatatatn dengan sistematis.

10. Sevilla (1993)

Observasi ialah istilah sederhana yang mana peneliti maupun pengamat akan melihat sebuah situasi dari penelitian. Metode tersebut paling sesuai dalam penelitian yang mencakup pengamatan kondisi belajar mengajar, tingkah laku bermain anak serta interaksi kelompok.

11. Nurkancana (1986)

Observasi ialah sebuah cara guna mengadakan penelitian melalui sebuah pengamatan dengan langsung dan sistematis. data data yang di dapatkan ini dicatat pada suatu catatan observasi.

12. Burhan

Pengertian observasi ialah kemampuan dari seseorang saat menjalankan kegiatan pengamatan dari hasl kerja salah satu panca indera yakni mata dan di bantu panca indera yang lain.

13. Nasution

Observasi ialah dasar dari selurh ilmu pengetahuan. Para imuan ini hanya bisa bekerja menurut data,yakni tentang fakta dunia melalui observasi.

14. Syaodih

Observasi ialah teknik yang dipakai mauounncara untuk engumpulkan data melalui jalan pengamatan pada keiatan yang berlangsung.

Jenis Jenis Observasi

Ada sejumlah macam serta jenis observasi lainnya seperti yang telah dijelaskan marie jahoda berikut :

  1. Observasi pastisipasi
  2. Observasi sistematik
  3. Observasi eksperimental

Kelebihan Dan Kekurangan Observasi

Kelebihan observasi

  • Bisa mencatat hal hal, perilaku pertumbuhan serta lainnya di waktu peristiwa tersebut berlangsung maupun sewaktu perilkau tersebut terjadi.
  • Bisa mendapatkan data pada subek dengan langsung, baik yang bisa berkomunikasi dengan verbal maupun tidak.

Kelemahan observasi

  • Dibutuhkan waktu yang lebih lama guna mendapatkan hasil dari sebuah kejadian, seperti adat penguburan di suku taroja pada kejadian ritual kematian, sehingga seorang peneliti ini perlu menunggu dari adanya upacara adat berlangsung.
  • Pengamatan pada suatu fenomena yang sedang berlangsung lama ini tidak bisa dijalankan dengan lansgung.
  • Terdapat peristiwa peristiwa yang tanpa diamati, misalnya seperti peristiwa peristiwa yang berhubungan dengan sejumlah hal yang bversifat probadi, misalnya kita yang ingin mengetahui sebuah perilaku anak ketika orang tua telah bertengkar, kita tidak mungkin akan melakukan penagamatan secara lansgung dari konflik keluarga ini sebab kurang jelas.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian observasi menurut para ahli terlengkap. Beberapa para ahli mempunyai pendapat yang berbeda beda, namun pada intinya observasi ini adalah sebuah proses pengamatan dan pencatatan dengan sistematis tentang gejala yang diteliti. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuannya, khususnya bagi mahasiswa yang pasti akan mendapatkan materi bab ini. Terima kasih.

Baca juga: