Nabi dan Rasul : Pengertian, Perbedaan dan Tugasnya

Posted on
Nabi dan Rasul : Pengertian, Perbedaan dan Tugasnya
5 (100%) 1 vote

Pengertian Nabi dan Rasul “Perbedaan Beserta Tugasnya” – Sebagai umat muslim yang taat sangatlah penting untuk tahu tentang nama nabi, rasul kemudian perbedaan serta apa saja tugas dari Nabi dan Rasul. Yang utama adalah Rasullullah SAW yang mana pada setiap doa, sholawat selalu di sebutkan.

Pengertian Nabi dan Rasul serta Tugasnya

Akan tetapi masih banyak di antara kita khususnya umat islam tidak mengerti apa yang membedakan antara nabi dan rasul? Untuk itu agar kita semakin tahu lebih dalam mengenai keduanya, izinkanlah saranailmu.com menjelaskan kembali dari makna sebenarnya tentang pengertian Nabi dan Rasul serta perbedaannya yang tidak lupa juga apa yang menjadi tugas keduanya.

Pengertian Nabi Dan Rasul

Nabi adalah seorang manusia Hamba Allah SWT yang di berikan kepercayaan berupa wahyu dari Allah SWT akan tetapi tidak di perintah dalam menyampaikan wahyu terhadap umatnya. Sehingga Wahyu yang di dapatnya tersebut untuk di amalkan oleh dirinya sendiri dan tidak ada kewajiban menyampaikan kepada umat atau kaumnya.

Sedangkan, Rasul adalah seseorang yang diberikan kepercayaan dan di beri Wahyu oleh Allah SWT yang kemudian di amalkan dan berkewajiban menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya.

Bagi para nabi dan juga Rasul mempunyai sifat wajib dan tidak akan memiliki sifat jaiz. Agar lebih jelas tentang pengertian Nabi dan Rasul, anda bisa melihat perbedaan dari keduanya sebagai berikut :

Perbedaan Nabi Dan Rasul

  1. Nabi mendapatkan wahyu yang hanya di amalkan untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul selain mengamalkan wahyu tersebut untuk dirinya sendiri tetapi juga di perintahkan oleh Allah menyampaikan ke umatnya.
  2. Seorang Rasul sudah pasti seorang Nabi sedangkan Nabi belum tentu Rasul.
  3. Jika di lihat dari jumlahnya Nabi bisa di bilang sangat banyak bahkan hingga mencapai ratusan ribu, sebaliknya Rasul jumlahnya sangatlah sedikit. Namun, kita sebagai umat Islam hanya wajib mengetahui bahwasanya jumlah nabi hanya 25. Seperti yang di terangkan dalam hadist diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, dari Abi Dzar bahwasanya SAW pernah bersabda yang mana artinya adalah “Pada Waktu di tanyakan mengenai jumlah nabi” Rasul Menjawab jumlah para nabi ada 124.000, kemudian untuk jumlah rasul beliau menjawab hanya berjumlah 312“.
  4. Untuk nabi yang pertama kali di utus oleh Allah SWT di bumi adalah Nabi Adam ‘alaihissalam, sedangkan Rasul yang pertama kali adalah Nuh ‘alaihissalam. Sedangkan sebagai Nabi dan rasul penutup (nabi rahmatal li’alamin) adalah baginda Rasullullah Muhamad SAW.
  5. Melihat dari jenjangnya rasul lebih tinggi jika di bandingkan dengan Kenabian. Rasul di utus setelah menjadi seorang nabi dan rasul keutamaannya lebih tinggi di bandingkan nabi.
Baca Juga :   Pengertian Puasa dan Macam macam Puasa Beserta Penjelasannya Lengkap

Dari keseluruhan rasul yang ada di muka bumi, nabi Muhamad SAW lah yang mendapatkan gelar Rasulullah yang artinya seorang nabi dan rasul yang memiliki kewajiban atau di perintahkan oleh Allah SWT meliputi seluruh umat di seluruh alam. Beliau pun adalah Nabi penutup.

Dengan melihat penjelasan di atas yang mana bahwasanya Rasulullah Muhammad SAW merupakan seorang nabi penutup yang artinya tidak ada lagi nabi selain beliau, maka kita jangan sampai terpengaruh jika ada yang mengaku dirinya seorang nabi, karena sudah jelas apa yang sudah di sampaikan bahwa tidak aka nada lagi nabi setelah Baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Kita sudah membahas Pengertian Nabi dan Rasul serta Perbedaannya, namun yang perlu anda katahui lainnya adalah apa yang menjadi tugas para Rasul. Untuk lebih jelasnya silahkan anda simak penjelasan dibawah ini:

Tugas-tugas Rasul

  • Di perintahkan dan di wajibkan menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada umatnya
  • Mengajak para umatnya untuk mengimani dan mentauhidkan Allah SWT, bahwasanya tiada tuhan selain Allah yang patut di sembah, Allah Maha Pencipta alam semesta dan seluruh isinya.
  • Sebagai seseorang yang mengajak umatnya dari kesesatan menuju jalan kebenaran.
  • Menyampaikan kabar gembira kepada umatnya yang beriman dan bertaqwa dan memberikan peringatan kepada seluruh umat manusia.

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian Nabi dan Rasul Serta Perbedaannya, jika kurang berkenan saya mohon maaf dan kepada Allah saya Mohon Ampun. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :