Pengertian Moral dan Etika Beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Moral dan Etika Beserta Contohnya Lengkap
Rate this post

Pengertian Moral dan Etika Beserta Perbedaan Antara Moral dan Etika

Pengertian Moral dan Etika – Di zaman teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini dimana melakukan komunikasi menjadi sangat mudah baik melakukan komunikasi dengan suara atau bertatap muka sehingga sangat perlunya Moral serta etika dalam membatasi perilaku bagi setiap orang dan sebenarnya Moral dan Etika memang sangat penting di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, namun apa sebenarnya yang di maksud dengan Moral dan Etika? Untuk menjawab pertanyaan tersebut agar pembaca dapat lebih memahami secara luas, maka di bawah ini akan di jelaskan mengenai Pengertian Moral dan Etika Beserta Contohnya

Pengertian Moral

Moral dapat di artikan suatu pengetahuan atau wawasan yang masih ada hubungannya dengan budi pekerti manusia beradab. Dengan kata lain Moral adalah sebuah ajaran yang baik serta buruknya perilaku seseorang. Sedangkan kata Moralisasi sendiri adalah suatu uraian berupa pandangan dan ajaran mengenai perbuatan dan kelakuan yang baik. Kemudian untuk Demoralisasi memiliki arti kerusakan moral.

Moral berasal dari kata “mores” dari bahasa latinnya, kemudian jika di artikan menjadi “aturan kesusilaan” atau dengan kata lain merupakan suatu istilah yang umumnya di gunakan dalam menentukan dari sebuah batas-batas terhadap sifat peran lain, kehendak, pendapat serta batasan dari perbuatan yang mana secara layak di katakana benar, salah, buruk ataupun baik.

Pengertian Etika

Etika jika di artikan adalah suatu pengetahuan yang masih terkait dengan suatu usaha dalam menentukan dari berbagai perilaku yang di lakukan oleh seseorang manusia untuk di katakana baik atau buruk, atau dengan arti lain berupa aturan atau pola dari tingkah laku yang di ciptakan dari akal manusia. Karena adanya etika pergaulan di tengah masyarakat akan terlihat dari segi baik dan juga buruknya.

Sifat dari etika itu sendiri adalalah relative yakni bisa saja berubah-ubah terhadap kemajuan zaman. Etika juga dapat di artikan suatu Ilmu yang mempelajari dari kebaikan dan keburukan dalam kehidupan manusia khususnya perbuatan manusia yang terdorong atas kehendaknya serta di dasari oleh pikiran yang jernih dengan pertimbangan sebuah perasaan manusia.

Etika adalah salah satu cabang dari filsafat. Jika di lihat secara sederhana merupakan etik yakni disiplin dengan mempelajari tentang baik atau buruknya sikap atas tindakan seorang manusia. Etika juga masih dalam bagian ilmu filosofis yang sangat erat kaitannya terhadap nilai manusia dalam menghargai suatu tindakan, apakah itu benar atau salah serta penyelesaiannya bik atau tidak.

Jika di artikan menurut Bahasa, etika dalam bahasa yunani áEthos, yakni suatu kebiasaan atau perilaku/tingkah laku, kemudian menurut bahasa inggris Ethis yang artinya berupa perilaku atau tingkah laku manusia yang baik? Tindakan yang perlu di lakukan manusia sesuai dengan moral pada umumnya.

Sedangkan Etika di artikan secara luas adalah sebuah Aplikasi dari proses dan juga suatu teori filsafat moral terhadap kenyataan yang sebenarnya. Hal tersebut pula masih terkait dengan berbagai prinsip dasar serta konsep yang menuntun manusia dalam hal berpikir atau bertindak serta menekankan dari nilai-nilai seseorang.

Macam dan Jenis-Jenis Etika

Karena Etika masih termasuk dalam Ilmu Pengetahuan maka ada beberapa macam serta jenis dari Etika itu sendiri di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Etika deskriptif

Menuangkan gambaran atau ilustrasi mengenai tingkah laku manusia di lihat dari berbagai nilai baik dan juga buruknya dan juga berbagai hal dimana itu yang boleh di lakukan sesuai dengan Norma etis, yang di anut oleh masyarakat.

2.  Etika normative

Menjelaskan, menerangkan atau mengkaji dari nilai ukuran baik atau buruknya perilaku manusia yang mana pada umumnya di kelompokan menjadi sebagai berikut :

  • Etika Umum

Yang membahas dari berbagai macam hubungan terhadap kondisi manusia dalam bertindak etis dan mengambil berbagai macam kebijakan berdasarkan teori serta prinsip-prinsip moral.

  • Etika khusus

Etika khusus terdiri dari beberapa etika lainnya di antaranya sosial, etika individu & etika terapan, untuk pengertian dari masing-masing etika tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Etika sosial merupakan penekanan mengenai tanggung jawab sosial serta hubungan antar sesama manusia dalam berbagai kegiatan yang dilakukannya.
  2. Etika individu adalah lebih mengerah terhadap beberapa kewajiban manusia sebagai pribadi.
  3. Etika terapan merupakan berbagai etika yang diterapkan dari sebuah profesi.

Perbedaan Antara Moral dan Etika

Banyak yang belum mengerti, mengenai perbedaan antara Moral dan Etika. Dimana memiliki tolak ukur yang di gunakan dengan moral dalam mengukur tingkah laku manusia di antaranya adat istiadat, kebiasaan, dll. Yang berlaku di tenhag masyarakat. Etika dan Miral memiliki arti yang sama akan tetapi untuk pemakaiannya di dalam kehidupan sehari-hari sedikit berbeda, Moral di gunakan untuk perilaku/perbuatan yang sedang di nilai. Sedangkan Etika di lakukan dengan system nilai yang ada.

Itulah beberapa penjelasan megenai Pengertian Moral dan Etika Beserta Contohnya, dimana agar pembaca dapat lebih memahami yang di maksud dengan Moral dan Etika di jelaskan Perbedaan Antara Moral dan Etika. Semoga bermanfaat

Baca Juga :

Pengertian Moral dan Etika Beserta Contohnya Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares