91 Media Sosial: Pengertian, Karakteristik dan Jenis Jenis Media Sosial

91 Media Sosial: Pengertian, Karakteristik dan Jenis Jenis Media Sosial
Rate this post

Media Sosial: Pengertian, Karakteristik dan Jenisnya

Pengertian Media Sosial (Social Media) merupakan suatu sarana atau sebagai saluran pergaulan sosial interaksi secara Online dilakukan pada dunia maya “Internet”. Para pengguna atau disebut sebagai User Sosial media melakukan komunikasi, Interaksi, Kirim pesan serta dapat melakukan saling berbagi (Share), atau membangun jaringan (networking).

Saat ini hampir semua orang melakukan kegiatan bersosial media setiap harinya baik di gunakan untuk kebutuhan bisnis atau sekedar hiburan komunikasi saja. Biasanya orang-orang akan mencari mengenai definisi media sosial di Search Engine Google, yakni dengan mengetikan Keyword (Kata Kunci) “social media meaning”, maka yang di tampilkan oleh Google dari pengertian media sosial yakni “websites and applications used for social networking”, artinya media Sosial ini berupa Website atau Aplikasi yang di gunakan sebagai jejaring Sosial atau Social Networking.

Sedangkan mengutip sebagian dari laman Wikipedia, media sosial merupakan suatu media online yang mana para penggunanya “user” memungkinkan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti berbagi serta menciptakan Konten blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

Sebagai contoh Blog, Jejaring Sosial dan wiki adalah berupa media sosial yang popular dan sudah di kenal dan di gunakan oleh banyak orang di dunia.

Pengertian Media Sosial Menurut Para ahli yakni Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan bahwasanya media Sosial merupakan “suatu kelompok dari Aplikasi yang berjalan dengan menggunakan konsksi interne, dimana hal ini di bangun berdasarkan ideologi dan teknologi Web 2.0, yang juga memungkinkan pengguna melakukan penciptaan dan pertukaran user-generated content” (Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein [2010] “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media”. Business Horizons 53(1): 59–68).

Karakteristik/Ciri-ciri Media Sosial

Beberapa Ahli mengatakan yakni Gamble, Teri, dan Michael dalam kutipannya Communication Works, media Sosial memiliki beberapa cirri diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pesan yang dikirimkan bukan hanya ditujukan untuk /orang saja tetapi bisa ke banyak pengguna lain contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  2. Pesan yang di kirimkan bebas, tanpa perlu melewati suatu Gatekeeper
  3. Pesan yang di kirimkan lebih cenderung cepat sampai di bandingkan dengan media lainnya
  4. Bagi si Penerima pesan yang menentukan waktu interaksinya.

Jenis-Jenis Media Sosial

Ada banyak sekali Media sosial yang popular di dunia termasuk di gunakan juga di Indonesia, namun kami hanya mendapatkan sekitar 91 Sosial media di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Facebook. Facebook adalah jaringan sosial terbesar di dunia dengan anggota lebih
    dari
     1,4 milyar dan pendapatan tahunan melebihi $12 miliar. Ada aplikasi yang tersedia yang memungkinkan
    pengecer (atau bahkan konsumen) untuk menjual ke komunitas ini. Facebook juga tersedia di seluruh dunia.
  2. QQ. (Baru) QQ adalah jaringan sosial terutama berfokus pada pesan instan dan memiliki lebih
    dari
     800 juta anggota. Diluncurkan di Cinatetapi telah berkembang dan sekarang ditawarkan dalam enam
    bahasa: Inggris, Perancis, Jepang, Spanyol, Jerman dan
    Korea. QQ menawarkan beberapa fungsi perdagangan dengan menggunakan uang virtual yang disebut “Q koin.”
  3. WhatsApp. (Baru) WhatsApp adalah instan pesan-berfokus pada jaringan sosial lainnya dengan lebih
    dari
     700 juta anggota secara global. Ini diakuisisi oleh Facebook pada Februari tahun
    2014
    tetapi beroperasi sebagai entitas terpisah.
  4. QZone.QZone adalah jaringan sosial tersedia hanya di Cina dan memiliki lebih dari 600 juta
    anggota. Jaringan ini juga dimiliki oleh Tencent (seperti QQ) dan menjual aksesoris
    untuk memungkinkan para penggunanya untuk menyesuaikan tampilan halaman
    web
     mereka. QZone tidak banyak promosi di seluruh platform QQ untuk mendapatkan lebih banyak pengguna.
  5. WeChat.(Baru) WeChat adalah aplikasi mobile sosial dengan pesan teks dan suarahampir 500 juta anggota. Ini adalah
    situs sosial lain yang merupakan bagian dari Tencent. Pengguna dapat mendaftar menggunakan nomor telepon
    mereka atau bahkan account Facebook mereka. Nomor telepon dari sekitar 100 negara yang didukung.
    WeChat juga bekerja dengan QQ.
  6. LinkedIn.LinkedIn adalah jaringan sosial untuk profesional. Ini memiliki sekitar 350 juta anggota. LinkedIn
    tersedia secara global dalam 20 bahasa yang berbeda dan digunakan oleh para
    profesional
     merekrut untuk mempekerjakan kandidat yang tepat.
  7. Skype.
  8. Google+.(Baru) Google + adalah komunitas sosial Google dengan lebih
    dari
     300 juta anggota. Hotel ini menawarkan fitur populer video conference yang disebut Hangouts.
  9. Instagram. Instagram adalah jaringan sosial berbagi foto dan video-sharing dengan lebih
    dari
     300 juta anggota. Ini adalah bagian dari keluarga Facebook. Instagram memperoleh
    adopsi cepat karena kemampuannya untuk dengan
    mudah
     menerapkan beberapa penyaring untuk foto, yang dapat memposting ke jaringan sosial yang berbeda,
    seperti Facebook dan Twitter.
  10. Baidu Tieba. Baidu Tieba menggunakan pencarian untuk memungkinkan para penggunanya untuk menciptakan jaringan
    sosial yang baru untuk topik tertentu atau bergabungdengan jaringan sosial yang ada untuk topik itu.
    Memiliki lebih dari 8 juta jaringan sosial sepertiitu kecil yang juga disebut Bar.
    Total pengguna aktif adalah lebih dari 300 juta. Hal ini ditawarkan secara internasional di
    bawah
     nama merek Postbar.
  11. Twitter.Twitter memungkinkan hanya di
    bawah
     300 juta pengguna untuk mengirim dan menerima pesan 140-
    karakter
     yang disebut tweets. Twitter tersedia di seluruh
    dunia
     dan juga menawarkan fitur perdagangan untuk belanja secara langsung menggunakan tweets.
  12. Viber.(Baru) Viber adalah jaringan sosial yang terutama difokuskan pada teks dan suara pesan dengan hampir 250 ju
    ta
     anggota. Ini tersedia dalam lebih dari 30 bahasa dan juga memungkinkan panggilan bebas-
    Viber
     pengguna menggunakan fitur yang disebut Viber.
  13. Tumblr.Tumblr adalah jaringan sosial mikro-blogging dengan lebih dari 200 juta anggota. Hal
    ini
     memungkinkan pengguna untuk posting blog yang lain dapat mengikuti, menjadikannya pilihan yang baik
    untuk mengumumkan pengenalan produk baru dan promosi.
  14. Snapchat.(Baru) Snapchat adalah jaringan sosial pesan yang memungkinkan berbagi foto dan
    video untuk jangka waktu yang ditentukan oleh pengguna terbatas. Ini memiliki lebih
    dari
     200 juta pengguna. Layanan ini tersedia dalam lebih dari 15 bahasa.
  15. LINE.
  16. Sina Weibo.
  17. VK.
  18. Reddit.
  19. YY.
  20. Taringa!.(Baru) Taringa! menyediakan sarana untuk lebih
    dari
     75 juta anggota untuk mengekspresikan diri pada situs dengan berbagi konten, informasi, dan pengalaman
    . Ini adalah salah satu jaringan sosial terbesar di Amerika Latin.
  21. Telegram.
  22. Tagged.
  23. Myspace.
  24. Badoo.
  25. StumbleUpon.
  26. Foursquare.
  27. MeetMe.
  28. Meetup.
  29. Skyrock.
  30. Delicious.
  31. Kiwibox.

 

Photo Sharing Networks

Instagram dan Snapchat adalah yang terbesar jaringan berbagi foto. Tapi ada yang lain yang banyak digunakan.

  1. Snapfish.
  2. Flickr.
  3. Photobucket.
  4. DeviantArt.DeviantArt adalah foto berbagi situs yang menampilkan karya seni yang dibuat
    pengguna
    . Ini mendorong para anggotanya untuk memberikan umpan balik pada karya
    seni
     upload dan dianggap sebagai jaringan sosial terbesar semacam ini di dunia.
  5. Fotolog.
  6. Pinterest.
  7. Buzznet.
  8. We Heart It.
  9. Path.

Lifestyle Networks

  1. Last.fm. Last.FM adalah musik layanan penemuan yang memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan
    pengguna mendengarkan musik. Memiliki sistem yang melacak aktivitas pengguna untuk merekomendasikan
    lagu pengguna mungkin ingin.
  2. ReverbNation.
    ReverbNation adalah jaringan sosial untuk artis musik yang membantu mereka memulai karir mereka dan me
    mbantu
     menyediakan mereka dengan akses tepat industri untuk pertumbuhan dan keberhasilan mereka.
  3. Cross.tv.
  4. Flixster.
  5. Gaia Online.
  6. BlackPlanet.
  7. Care2.
  8. CaringBridge.
  9. VampireFreaks.
  10. CafeMom.
  11. Ravelry.
  12. ASmallWorld.
  13. Nextdoor.

Travel Networks

  1. Wayn.
  2. CouchSurfing.
  3. TravBuddy.

Mobile Networks

  1. Cellufun.
  2. MocoSpace.
  3. Itsmy.

Video Networks

  1. YouTube.
  2. Youku.
  3. FunnyorDie.
  4. Tout.
  5. Vine.

Reunion Networks

  1. Classmates.
  2. MyLife.
  3. MyHeritage.

Business Networks

LinkedIn adalah jaringan bisnis terbesar di dunia. Ada banyak jaringan bisnis lainnya, namun, dan di sini adalah beberapa yang menonjol.

  1. Viadeo.
  2. Ryze.
  3. Xing.

Pre-teen, Teen, and Young Adult Networks

  1. WeeWorld.
  2. Habbo.
  3. Tuenti.

Blogging Related

Tumblr dan Sina Weibo adalah dua jaringan sosial yang lebih besarterfokus di sekitar blogging. Berikut adalah beberapa yang menonjol lainnya.

  1. Xanga.
  2. Solaborate.
  3. Plurk.
  4. LiveJournal.

International Social Networks

  1. Mixi.
  2. Douban.
  3. Renren.
  4. Odnoklassniki.Odnoklassniki membantu masyarakat Rusia menemukan teman-teman sekelas dan teman-
    teman lama. Hal ini ditawarkan dalam sembilan bahasa yang berbeda.
  5. NK.NK adalah jaringan sosial Polandia dengan fokus pada menarik SMA dan mahasiswa.
  6. Netlog.
  7. StudiVZ.
  8. Friendster.
  9. Kaixin001.
  10. 51.com.
  11. Nexopia.
  12. Draugiem.
  13. Glocals.
  14. Cyworld. (Baru) Cyworld adalah jaringan sosial Korea Selatan dengan jutaan anggota. Maskapai ini juga beroperasi di
    Cina dan Vietnam. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat persahabatan dengan menggunakan avatar mereka.

Sosial Media memiliki fitur untuk melakukan komunikasi, sehingga bukan hanya di gunakan untuk berbagai Informasi dan Inspirasi saja namun juga sebagai ekspresi, ungkapan isi hati, pencitaraan. Namun sebenarnya sebagai pengguna yang bijak dalam memanfaatkan Media sosial adalah memberikan/membagikan pesan yang memiliki nilai informatif dan inspiratif. Sehingga dengan menyimak penjelasan mengenai Pengertian Media Sosial di atas  tentunya pembaca kini sudah mulai memahami.

Baca Juga :

91 Media Sosial: Pengertian, Karakteristik dan Jenis Jenis Media Sosial | saranailmu | 4.5
Shares